propolis lebah
A selective focus shot of a bee eating the nectar of the small pink aster flowers

Lebah adalah termasuk dari golongan seranga yang sangat banyak produk-produk turunannya. Lebah termasuk seranga kecil yang sangat bermanfaat bagi sekitarnya, dia selalu mencari makanan dari putik bunga dan bisa membantu untuk terjadinya proses pembuahan.

Lebah juga memakan pucuk-pucuk daun, dan yang sangat di banyak di kagumi oleh banyak peneliti adalah lebah itu sendiri sangat menyukai daun-daun yang bisa dijadikan obat.

Karena lebah biasa dengan mengkonsumsi daun-daun obat dan putik-putik bunga yang juga bisa dijadikan bahan baku obat herbal, maka produk turunan lebah banyak dimanfaatkan, untuk umat manusia maupun untuk kebutuhan pertanian dan peternakan.

Produk lebah dan turunannya antara lain adalah:

Madu

madu

Produk Lebah yang paling sangat populer dikenal oleh masyarakat dihasilkan dari sari bunga yang mengandung glukosa, fruktosa, maltosa, sukrosa, karbohidrat, enzim diatase, dan enzim invertase.

Madu dimanfaatkan dan juga telah diteliti oleh banyak ilmuan sebagai antibakteri, antialergi, antitumor, dan anti inflamasi. 

Madu sangat bagus untuk sebagi penyedia energi, karena kandungan fruktosa didalamnya. Fruktosa sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga sangat cocok untuk pengobatan orang yang sedang sakit.

 

 

Bee Pollen

bee polenBee polen adalah serbuk sari yang dikumpulkan dan dibawa kesarang lebah, Produk yang berwarna emas dan kecoklatan ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B komplek. 

Bee polen juga mengandung asam amino 5-7 lebih banyak dari pada makanan yang berprotein yang sering kita ketemui. 

Fungsi dari tingginya kadar B5 membantu kelenjar adrenal tidak ikut terpacu jika sedang stress, Antioksidan yang dikandung meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, sehinga menjaga stamina dan konsentrasi sepanjang hari.

Bee Polen juga membantu dan berguna meningkatkan kesuburan, mengurangi ketidak nyamanan masa tua sepanjang hari dan juga menangani masalah menopause.

Royal Jelly

royal jellyRoyal jelly berasal dari kelenjar hipofaring lebah perawat. Produk ini mengandung 12% protein, 12% gula, 6% lemak, dan 15% asam 10-hidroksi trans-2-dekanoat (HDA). Produk ini juga kaya vitamin B, terutama asam pantotenat.

Royal jelly berguna sebagai anti tumor, antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri, anti alergi, anti aging, dan anti hipertensi. Konsumsi royal jelly teratur akan meningkatkan metabolisme lipoprotein, dan mengurangi low density lipoprotein (LDL) dalam tubuh.

 

 

Propolis

propolis

Propolis adalah nama lain adalah cairan lebah yang dikumpulkan dari daun muda atau cairan berbau manis dari tumbuhan. Produk dari lemak madu ini kemudian dikunyah dan dicampur dalam tubuh lebah. Hasilnya disimpan dalam keranjang serbuk sari yang terletak dikaki belakang lebah. Propolis mengandung semua vitamin kecuali vitamin K, dan mengandung semua mineral kecuali sulfur, dan 16 asam amino untuk regenerasi sel dan ketahanan tubuh. Didalam propolis juga terdapat bioflavonoid, yaitu gen antioksidan untuk regenerasi sel, selain itu propolis juga bersifat disenfektan alami untuk membunuh berbagai kuman.

 

 

Lilin Lebah 

produk lebah

Lilin lebah termasuk merupakan sarang lebah yang terbentuk melalui proses sekresi alami dari kelenjar lilin alami dari kelenjar llilin ditubuh lebah madu, untuk menghasilkan lilin lebah meringkuk dalam sarang bersama madu sebagai bahan makannya guna menaikan suhu.

Dari lilin madu banyak dipergunakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik dan perawatan kecantikan yang alami.

Banyak sudah industri kosmetik telah menggunakan bahan baku tersebut, selain produk itu sangat aman bagi kesehatan dan tubuh manusia. Produk-produk yang dihasilkan oleh lebah ini sangat variatif dalam produk perawatan tubuh dan perawatan kecantikan manusia.

Sengatan Lebah

Lebah untuk pengobatan sengat lebah

Sengat lebah terdiri atas jaringan keras yang menyerupai tiga buah jarum yang menyatu berbentuk kanal untuk menyalurkan racun yang dihasilkan oleh kelenjar venom.

Lebah yang digunakan adalah Apis Mellifera produksi racunnya 3-4 ul perekor . Komposisi zat racun lebah terdiri atas 88% air dan 12% zat bisa kering. untuk mendapatkan 1 gram racun kering, diperlukan 1000 kali sengat lebah pekerja Apis Mellifera.

Kandungan racun sengat lebah: peptida, protein melitia, enzim, asam amino, karbohidrat, dan lemak. Juga mengandung bahan yang mudah menguap yaitu feromon.

Tidak diperkenalkan bagi hiper alergi atau yang menderita kompikasi penyakit jantung kronis, dan penderita penyakit lever, karena bisa berakibat fatal.

Dan yang terpenting sehabis terapi lebah yang diminum adalah minum madu bukan antibiotik. Perhatian, untuk yang merasa panas dingin karena sengatan lebah, dianjurkan untuk minum air kelapa hijau sebagai penawarnya.

Untuk yang melakukan Terapi lebah ini dibutuhkan orang yang sangat ahli.