Saffron spice herb in wooden spoon

Barang-barang mahal identik atau biasanya berasal dari perhiasan, electronik dan barang-barang otomotif. Koleksi barang-barang tersebut banyak dikoleksi oleh para Sultan, konglomerat dan orangkaya.

Untuk tanaman obat herbal dan rempah-rempah tahu ngak sih ! bahwa ada juga yang termasuk barang-barang mahal.

Barang mahal tersebut adalah:

Saffron

Bisa disebut rempah-rempah atau juga tanaman herbal, saffron dikenal sebagai bunga yang perkilo gram nya mencapai harganya jutaan rupiah. Harga bunga saffron ini bisa perkilonya mencapai $ 10.000 jika dirupiahkan sekitar Rp 140. juta rupiah.

Harga bunga ini harganya dikabarkan juga bisa melambung tinggi jika masa panen bunga ini sangat sulit sekali, dan permintaan bunga ini sangat tinggi.

Bunga saffron sudah digunakan sejak jaman mesir kuno, bisa sebagai obat, bumbu masak, pewarna makanan dan parfum.

Alasan bunga ini terkenal sangat mahal karena, untuk menghasilkan obat herbal 0,45 gram diperlukan 70-200 kepala putik dari 50.000 bunga crocus saffron ungu.

Bunga Saffron berasal dari negara Iran dan Spanyol, Mesir, Maroko, Turki dan Khasmir. Bunga Saffron dikenal sebagai tanaman obat herbal untuk menekan pertumbuhan kanker, serta sebagai imunemodulasi dan antioksidan, selain itu saffron dapat mengatasi penyakit depresi ringan dan mengurangi retinitis pigmentosa.

A closeup shot of white and purple spring crocus

15 Manfaat bunga saffron sebagai obat-obat herbal diantaranya:

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat bunga saffron yang utama adalah membantu mencegah penyakit kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa saffron dapat menekan laju pertumbuhan sel kanker pada usus. Antioksidan yang terdapat dalam saffron bernama crocin juga dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi.

Mencegah Diabetes

Penelitian yang telah dipublikasikan oleh Sciencedirect menyebutkan bahwa saffron dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

Mencegah Stress

Manfaat saffron berikutnya adalah dapat mencegah stress dan depresi. Berbagai supplement yang mengandung saffron diberikan sebagai pengobatan depresi ringan hingga sedang. Selain itu manfaat saffron juga sebagai neuroproteksi (perlindungan pada syaraf)

Menurunkan Berat Badan

Manfaat saffron berikutnya dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi sebagai supplement saffron. Saffron memberikan efek penurunan efek nafsu makan sehingga memberikan berat badan akan turun secara signifikan. Lebih dari itu, supplement saffron juga dapat memperkecil lingkar perut dan masa lemak total pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

Membantu pasien Alzheimer

Salah satu manfaat saffron adalah dapat membantu pasien penyakit alzheimer, sebuah study menjelaskan bahwa mengkonsumsi saffron secara rutin dapat meningkatkan daya kognitif secara signifikan.

Menurunkan Kadar Lemak darah

Konsumsi saffron cenderung dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan hal tersebut

Meringankan Nyeri haid dan gejala PMS

Saffron juga memiliki fungsi meredakan efek nyeri dan emosional akibat premenstrual syndrome (PMS) menjadi lebih ringan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal  obstetrics and gynaecology menerangkan bahwa perempuan rutin mengkonsumsi saffron lebih minim merasakan gejolak emosioanal dan nyeri fisik saat menstruasi.

Meningkatkan daya penglihatan

Saffron dapat meningkatkan penglihatan pada orang dewasa yang memiliki masalah penglihatan kabur dengan degenerasi makula terkait usia (AMD) .

Melembabkan kulit

Bunga saffron memiliki manfaat alami untuk melembabkan kulit dengan cara menjadikan toner atau face mist. Bila dicampur dengan air mawar, manfaat saffron bisa merubah membantu dan meratakan tekstur kulit wajah selain dari pada melembabkan alami pada kulit.

Mencerahkan Kulit

Manfaat saffron yang utama untuk kulit adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan saffron memiliki senyawa bernama crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu saffron juga dapat melancarkan peredaran darah dan menghidrasi kulit. Untuk hasil yang maksimal, kamu juga bisa mencampurkan bunga saffron, susu dan kayu cendana.

Mengatasi kulit kering

Bila dicampurkan dengan susu bubuk, bunga saffron memiliki fungsi mengatasi kulit kering dan kusam, sifatnya yang melembabkan bisa membuat kulit Anda yang semula kering dan kusam menjadi lebih lembab dan bercahaya. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan kedua bahan ini menjadi masker wajah.

Mengurangi kerutan dan garis halus

Dengan kandungan antioksidan didalamnya saffron dapat memperlambat hingga mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Radikal bebas terlalu banyak berada didalam kulit.

Menjegah Jerawat

Saffron dapat mencegah jerawat, Antibakteri dan anti peradangan sehingga baik jika untuk mencegah jerawat timbul didalam wajah.

Mengatasi linkar mata hitam

Lingkar mata yang hitam dapat diatasi dengan saffron dan masker wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.