ginjal

Meniran hijau atau (Phyllanthus niruri linn) adalah obat herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Herbal ini juga dipercaya dapat membantu mengatasi batu ginjal

Meniran hijau memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Oleh sebab itu, suplement ini dipercaya bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kesrusakan akibat radikal bebas, mencegah peradangan, serta membantu meredakan nyeri dan mengatasi infeksi.

Meniran mengandung senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk pengobatan, seperti:

Flavanoid, Alkoloid, Steroid, Saponin, Tannin, Minyak atsiri, Filantin, Hipofilantin, Damar, Kalium, Triterpenoid.

Flavanoid dari meniran bekerja pada sel-sel tubuh yang menjadi bagian dari sistem imun dengan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel, sehingga sel bekerja lebih optimal. Filantin dan hipofilantin merupakan komponen utama yang berkhasiat. Melindungi hati dari zat toksik, baik berupa parasit, virus maupun bakteri. Terpenoid mampu menghambat bakteri yang terdapat di dalam usus yaitu escherichia coli dan Stapghylococcus aureus

Penelitian tentang herbal meniran

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mempelajari manfaat kesehatan dari herbal meniran (Phyllanthus niruri L.). Berikut adalah beberapa contoh penelitian tersebut:

Manfaat untuk kesehatan ginjal:

  • Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa meniran efektif dalam meningkatkan fungsi ginjal pada orang dengan penyakit ginjal. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28483637/
  • Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa meniran dapat membantu mengurangi proteinuria (protein dalam urin) pada orang dengan penyakit ginjal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK574721/

Manfaat untuk tekanan darah:

Manfaat untuk diabetes:

Manfaat untuk kesehatan hati:

Manfaat lainnya:

  • Meniran memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh.
  • Meniran dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.
  • Meniran memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meniran masih terus dikembangakan untuk dimaksimalkan kemampuannya, jadi masih banyak penelitian di dunia membahas tentang obat herbal yang satu ini.

Sebelum mengonsumsi meniran, penting untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, atau mengonsumsi obat lain. Meniran dapat berinteraksi dengan obat lain dan memiliki efek samping pada beberapa orang.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang penggunaan herbal meniran:

  • Dosis: Dosis meniran yang direkomendasikan dapat bervariasi tergantung pada kondisi yang diobati. Penting untuk mengikuti petunjuk pada label produk atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.
  • Efek samping: Meniran umumnya aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut.
  • Interaksi obat: Meniran dapat berinteraksi dengan obat lain. Penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda konsumsi sebelum mengonsumsi meniran.
  • Kehamilan dan menyusui: Meniran tidak direkomendasikan untuk wanita hamil atau menyusui.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia