Cosmetology and spa

Propolis yang dihasilkan oleh lebah adalah sebagai tempat perlindungan dari bakteri, kuman, virus dan serangga penyerang, ternyata dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Pola yang sangat alami yang dibangun oleh lebah untuk membangun pertahanan telah diterjemahkan oleh banyak penelitian, bahwa propolis menjadi sumber utama untuk meningkatkan immunitas tubuh memperkuat pertahanan tubuh manusia..

Bahkan sudah banyak artikel, yang membahas dan mengulas sejak zaman dulu propolis tersebut sudah dijadikan ramuan obat tradisional.

Sejak tahun 350 SM, propolis sudah digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sejak itu propolis mulailah diteliti lebih lanjut, dan ditemukan propolis mengandung 300 senyawa kimia. Kandungan terbanyak adalah senyawa polifenol yang bertugas sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan dan penyakit dalam tubuh.

Salah satu senyawa polifenol adalah flavanoid yang sangat bagus untuk antioksidan.

https://medlineplus.gov/druginfo/natural/390.html
Macro photo of working bees on honeycombs. Beekeeping and honey production image.

Antioksidan sangat ampuh untuk penuaan dini dikarenakan radikal bebas. Antioksidan juga sangat bagus dan menjadi protektor dari serangan virus, bakteri dan kuman. Sama fungsinya ketika lebah itu mempertahankan koloninya.

Ketersedian propolis alami di dunia semakain lama semakin berkurang, dikarenakan banyaknya hutan yang berubah menjadi tanaman produksi seperti kelapa sawit, karet, kopi, tebu dan lain sebagainya dan banyak lahan-lahan yang berubah menjadi perumahan dan kota kota besar.

Lebah sangat suka dengan tanaman yang yang ada bunga dan ada bahan obat untuk dikonsumsi oleh lebah tersebut.

Lebah diibaratkan sebagai hewan yang mengerti tentang tanaman obat herbal. Karena yang dikonsumsinya sangat baik, untuk tanaman tersebut dan selalu menjaga kualitas makanan dan pertahanan yang baik untuk koloni lebah.

Ketersedian sumber propolis sekarang ini lebih banyak dari para petani-petani lebah. Dan ada juga yang dipasok oleh para pemanen lebah alam yang didapat di hutan-hutan, gua gua, bukit bukit dan dipohon-pohon.

Propolis yang di dapatkan dari para petani-petani tersebut lalu dikumpulkan dan diolah oleh pabrik dan diproses untuk dijadikan propolis dalam bentuk bubuk dan cair. propolis yang sudah diproses dapat digunakan dan dimanfaatkan langsung untuk kepentingan manusia.

Propolis yang sudah diproses dalam bentuk cairan dan bubuk. Banyak dimanfaatkan untuk, keperluan pengobatan herbal yang lebih dikenal dengan JAMU.

maklon suplement
propolis, jamu kunyit, daun mint dan kayumanis

Produk herbal propolis ini bisa dibentuk dalam bentuk jamu-jamuan. Dan jamu-jamu tersebut juga berbahan herbal semuanya. Apakah bahan propolis herbal ini dapat di campur dengan berbahan kimia. Propolis dapat dimix atau dicampur dengan bahan kimiawi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selalu digunakan sebagai supplement, sebagai obat dan sebagai produk kecantikan.

Propolis ternyata menjadi sumber utama bahan pembuatan jamu, agar manfaatnya langsung dirasakan.

One Comment

  1. […] kedekatan dengan kearifan budaya lokal bangsa Indonesia. Dan sebagai upaya menjaga kesehatan, Minum jamu kaya manfaat lebih tepat sebagai upaya pencegahan. Jika diminum setiap hari dari ramuan jamu-jamu tersebut juga […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *