obat mahkota dewa

Dalam dunia pengobatan obat tradisional, daun dewa dan mahkota dewa apakah sama?, mereka dikenal sejak turun temurun sebagai obat tradisional yang mujarab dan kaya akan manfaatnya.

Daun Dewa

Daun dewa di Indonesia dikenal dengan nama latin Gynura procumbens atau Sambung Nyawa dalam bahasa Melayu. Daun dewa ini berasal dari negeri Cina. Sedangkan mahkota dewa yang tanaman asli Indonesia berasal dari Papua mempunyai nama latin Phaleria macrocarpa.

Orang awam menyimpulkan daun dewa dan mahkota dewa, adalah sama, padahal perbedaanya sangat jelas sekali. Jika daun dewa adalah tumbuhan yang banyak daunnya dan mahkota dewa dari buahnya.

YUk! kita bahas daun dewa terlebih dalulu:

Daun dewa termasuk keluarga compositae, ia tumbuh di ketinggian 200-800 mdpl. Sebagai tanaman herbal ia banyak mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh seperti flavonoid, steroid, polivenol dan vitamin K.

Pengolahan daun dewa segar dapat diolah disajikan langsung bisa sebagai lalapan, dan daun dewa ada yang direbus terlebih dahulu dan diambil air rebusannya untuk di minum.

Senyawa aktif yang terkandung di dalam daun dewa ini adalah:

  • Flavonoid
  • Sterol tak Jebuh
  • Triperpenoid
  • Polifenol
  • Saponin
  • Steroid
  • Asam klorogenat
  • Asam Kafeat
  • Asam Vanilat
  • Asam para kumarat
  • Asam para hidroksi benzoat
  • Minyak Atsiri

Sedangkan manfaat dari daun dewa ini adalah untuk:

Mengobati Stroke

Stroke merupakan masalah kesehatan karena adanya kerusakan otak yang disebabkan kerusakan jaringan otak akibat pembuluh darah ateri yang bertanggung jawab atas aliran darah keotak. Daun dewa dapat mengobati penderita yang mengalami stroke.

Mengobati Diabetes

Journal Frontiers Of Pharmacology, menyebutkan manfaat daun dewa berasal dari kandungan penyembuhan yang serba ada yaitu mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antikanker, antihiperglikemik, antibakteri, antioksidan serta anti peradangan. Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah didalam tubuh. Efek daun dewa dipercaya dapat mengobati sekaligus dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Mengatasi Rematik

Rematik merupakan ganguan kesehatan dengan merasakan sendi dan tulang yang disebabkannya oleh adanya peradangan dan persendian.

Daun dewa adalah cara alternative pengobatan untuk penyakit rematik.

Obat Hipertensi

Manfaat daun dewa sangat baik untuk hipertensi, salah satu Journal Of Acupuncture and Meridien Studies (JAMS) 2013 menyebutkan etanol dalam daun dewa dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Herbal Anti-kanker

Daun dewa dapat membantu pengobatan kanker karena, karena berkaitan erat dengan senyawa aktif seperti flavoid, sekuiter, lakton, dan monoterpene yang diketahui sangat berperan penting dalam menghambat dan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Journal Plus ONE menyebutkan protein dalam daun dewa yang disebut peroksidase dapat bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu peneliti mempercayai daun dewa berpotensi menjadi pilihan untuk pengobatan kanker payudara.

Mengobati Luka Memar

Daun dewa memiliki senyawa aktif yaitu flavoid, senyawa ini terbukti dapat mencegah pengumpalan atau pembekuan darah, sehingga apabila seseorang mengalami luka memar, senyawa flavoid dapat membantu meleburkan gumpalan darah yang terbentuk untuk mengurangi pembengkaan.

Mengatasi Peradangan

Manfaat anti peradangan dikarenakan adanya senyawa saponin yang dimiliki oleh daun dewa dapat membantu mengobati peradangan, untuk peradangan pada kulit daun dewa juga dapat menyembuhkannya.

Tanaman Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa yang berasal dari tanah Papua, ternyata tidak kalah banyak manfaatnya dari daun dewa itu sendiri. Mahkota dewa biasanya yang digunakan sebagai obat adalah buahnya yang sudah berwarna merah. Buah mahkota dewa ini dikenal juga buah simalakama. Buah mahkota dewa ini tidak boleh langsung dikonsumsi seperti buah cery.

Mahkota dewa hanya bisa dikonsumsi jika sudah diolah dengan benar. Menurut sumber Dr Health Benefit, buah mahkota dewa mengandung senyawa alkaloid, polifenol, saponin dan flavanoid. 

Buah ini memiliki sifat antibakteri dan anti virus yang bisa mencegah tubuh dari serangan virus. Buah mahkota dewa juga dapat menangkal radikal bebas.

Manfaat Mahkota dewa untuk kesehatan

obat mahkota dewa
Buah Mahkota dewa

Manfaat buah mahkota dewa juga bisa didapat dengan cara minum air rebusan, ekstrak dalam bentuk kapsul, dan olahan lainnya. Manfaat mahkota dewa adalah untuk:

  1. Meredakan flu dan batuk
  2. Menangkal radikal bebas
  3. Meredakan sakit kepala
  4. Menurunkan resiko terkena kanker dan tumor
  5. Bersifat antivirus dan antibakteri
  6. Meningkatkan vitalitas pada pria
  7. Detoks racun dalam tubuh
  8. Menurunkan kolesterol
  9. Meredakan hipertensi
  10. Mencegah penyakit jantung
  11. Mengobati stroke
  12. Menurunkan gejala alergi
  13. Mengobati gejala asam urat
  14. Mengatasi gatal-gatal di kulit
  15. Mengobati gejala asam urat
  16. Mengontrol gula darah untuk penderita diabetes
  17. Meningkatkan metabolisme tubuh
  18. Meningkatkan sistem imunitas
  19. Mencegah bisul,eksim dan jerawat
  20. Mencega penyakit liver

Walaupun banyak manfaat yang didapat dari buah mahkota dewa ini, tetapi perlu banyak penelitian yang harus dilakukan agar buah mahkota dewa ini menjadi obat tradisional yang bagus.

Mahkota dewa menurut  laporan phcogrev.com, biji dari mahkota dewa ini sangatlah beracun. Racun dalam tanaman ini dapat menyebabkan mabuk, kejang, mulut bengkak, sariawan, dan bahkan sampai pingsan.

Orang haid tidak boleh mengkonsumsi olahan dari buah mahkota dewa ini, karena sangat berbahaya.

Buah ini akan memperhebat pendarahan dan menggerus dinding rahim.

Buah mahkota dewa juga memiliki efek samping lainnya yang perlu diperhatikan lantaran bisa memicu mabuk. Air rebusan daun mahkota dewa dapat menyebabkan kantuk dan bisa membuat mual jika terlalu banyak dikonsumsi.

Sumber: Dr Health Benefits, Phcogrev

Leave a Reply

Your email address will not be published.