Close up of man is heart attack

Kabar baiknya sampai saat ini pun propolis masih terus diteliti, apa saja senyawa yang ada didalam kandungan propolis tersebut. Hingga kini, peneliti telah mengindentifikasi 300 senyawa dalam propolis. Mayoritas senyawa ini merupakan polifenol yaitu “Antioksidan” yang berguna melawan penyakit dan kerusakan dalam tubuh.

Secara spesifik, polifenol yang disebut flavonoid. Flavanoid diproduksi oleh tumbuhan untuk bentuk pertahanan atau perlindungan.

"Belajar secara sederhana saja", bagaimana lebah madu bisa mempertahankan koloni dan saranganya dari predator-predator di hutan belantara [terutama semut]. Dan Madunya yang kita rasakan juga bebas dari bakteri, jamur dan virus didalamnya. Rasanya madu pun sangat lezat.

Lebah-lebah madu yang menghasilkan propolis digunakan juga untuk pertahanan sarang mereka dari serangan virus, bakteri dan pemangsa.

Kita ketahui propolis juga dapat dimanfaatkan dan diolah dengan bahan herbal lainnya untuk difungsikan sebagai obat tetes, obat mata hingga sabun untuk mandi dan juga bahan baku kecantikan seperti serum propolis. Pentingnya mengenal khasiat propolis apa saja yang sudah banyak diteliti.

Propolis juga dapat dibedakan kandungannnya dari mana propolis tersebut berasal dan dipanen. Propolis terbaik selama ini masih dipegang oleh “Propolis Brasil” dikarenakan propolis dari Brasil yang berasal dari hutan Amazon yang banyak mengandung pohon obat didalamnya. Pohon Obat yang terkenal adalah Baccharis dracunculifolia.

Propolis yang berasal dari daerah manapun juga sangat banyak manfaatnya, tidak serta merta propolis yang berasal dari Brasil saja.

Propolis Brazil

Propolis Brazil mempunyai dua type propolis yang berbeda. Dari type yang berbeda tersebut, wilayah geografisnya dan tumbuh-tumbuhannya juga sangat berbeda. Berikut perpedaan propolis dari Brasil yang sangat mencolok.

  1. Propolis Hijau: Propolis Brasil yang hijau terkenal karena warnanya dan diproduksi oleh lebah madu Apis Mellifera yang memanfaatkan Baccharis dracunculiforia DC (Asteraceae), species umum yang ditemukan di Cerrado, Brasil. Sebagai sumber tanaman utama. Beberapa penelitian telah melaporkan propolis hijau memiliki sifat antiulcerogonic, anti-inflamasi, antimutagenik, antimutagenik, antijamur, imunomodulator, angiogenesis dan antioksidan. Hasil analisa yang sangat khas dari propolis hijau Brasil adalah asam caffeoylquinic dan turunan terpelinasi dari asam sinamat seperti artepilin C dan baccarin. Manfaat propolis hijau Brasil: Antibiotik Alami : Propolis hijau Brasil memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Ini sangat bagus untuk membantu penyembuhan batuk, flu, dan sakit tenggorokan berdasarkan penelitian di Jepang, propolsi hijau Brasil dapat menyembuhkan influenzha. Terapy Kanker : Artepilin-C tingkat tinggi yang ditemukan secara eksklusive di propolis hijau Brasil terkenal kemampuannya menekan pertumbuhan tumor. Melindungi ganguan pada sel syaraf : Penelitian telah menunjukan bahwa propolis hijau Brasil dapat meningkatkan fungsi kognitif pasien yang menderita gangguan kognitif ringan. Berkat sifat antioksidannya, propolis hijau Brasil melindungi terhadap kerusakan neurodegeneratif pada neuron dan membantu mencegah cedera otak. Mendukung kesehatan jantung dan peredaran darah: Propolis hijau Brasil kaya akan flavanoid. Flavanoid memberikan manfaat antioksidan yang secara efektif menurunkan kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik, mendukung kesehatan lipid darah dan tingkat tekanan darah. Mencegah Komplikasi diabetes : propolis hijau Brasil membantu mengatur gula darah ketingkat yang sehat dengan memperbaiki dan menghidupkan kembali sel-sel pankreas untuk meningkatkan kadar insulin. Memberikan manfaat anti-inflamasi dan Anti-maag : propolis hijau Brasil telah terbukti menurunkan terjadinya ulserasi, dan mengurangi gatal-gatal dan alergi.
  2. Propolis Merah: Propolis merah Brasil ditemukan disepanjang pantai, pohon bakau diwilayah timur laut Brasil, mengandung zat anti kanker. Didalam test laboratorium tersebut propolis merah Brasil diketahui dapat mengurangi sel pertumbuhan sel kanker ovarium, sel kanker payudara dan sel kanker otak. Menurut Berlinck, polifenol yang ditemukan dari propolsi merah Brasil adalah kelas baru senyawa anti kanker yang menghambat pertumbuhan tumor dan menginduksi kematian sel tumor. “Dalam salah satu tes kami, mereka mengungguli obat kemoterapi yang terkenal [dexorubicin],” katanya. Produk Alami yang berasal dari alam adalah salah satu sumber utama obat kanker baru. Oleh karena itu pentingnya study bioprospeksi seperti ini, menunjukan efek yang sangat menguntungkan dari zat tersebut. Penelitian sebelumnya menggambarkan sifat bakterisida, antijamur, antiinfalmasi, dan imunomodulator dari sifat propolis merah Brasil.

Bees produce propolis to protect the hive, so it’s no accident that the resin is bactericidal and anti-fungal. This had been reported previously by researchers who analyzed raw red propolis. In our study, we proved the anti-cancer effects of specific substances isolated from red propolis.”

Roberto Berlinck, Professor, University of São Paulo’s São Carlos Institute of Chemistry
Hari kanker Anak sedunia
Apakah selain propolis Brazil ada lagi propolis yang bagus?

Tentunya semua propolis, sangatlah bagus, yang membedakan lagi kualitas adalah dari mana asal propolis tersebut. Karena konsumsi lebah tergantung dari makanan didaerah tersebut. Berikut manfaat propolis yang sudah diteliti agar kamu bisa lebih paham dan mau untuk mengkonsumsinya untuk mempertahankan daya tahan tubuh kamu.

  1. Menyembuhkan Luka: Propolis mempunyai manfaat sebagai penyembuhan luka. Senyawa yang bernama Pinocembirin, yaitu flavanoid yang berfungsi sebagi antijamur, sifat antimikroba dan antiinflamasi bisa mempercepat penyembuhan. Dalam study Propolis: a new frontier for wound healing ? menemukan bahwa propolis dapat membantu orang yang mengalami luka bakar traumatis sembuh lebih cepat dengan mempercepat pertumbuhan sel baru.
  2. Herpes genital: Penelitian yang dilakukan oleh Jose M Sforcin berjudul Biological Properties and Therapeutic Applications of Propolis menjelaskan bahwa ketika propolis topical tiga kali sehari. Para peneliti menemukan krim propolis tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes yang ada didalam tubuh seseorang, tetapi juga melindungi tubuh dari serangan herpes lainnya dimasa depan.
  3. Propolis juga direkomendasikan sebagai obat kanker, The immunomodulatory and anticancer properties of propolis beberapa efek anti-kanker: -Mencegah sel kanker berkembang biak. -Mengurangi kemungkinan sel kanker menjadi kanker -Memblokir dan mencegah jalannya sel kanker saat memberikan sinyak ke sel lainnya Dalam study lainnya berjudul  Antitumor Activity of Chinese Propolis in Human Breast Cancer MCF-7 and MDA-MB-231 Cells menemukan bahwa mengkonsumsi propolis dapat menjadi terapy pelengkap dan bermanfaat mengobati kanker payudara kerena efeknya sebagai antitumor pada sel kanker payudara.
  4. Diabetes: penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi propolis bagi penderita diabetes, efektif dalam mengontrol gula darah dan mempengaruhi kadar insulin atau meningkatkan resistensi insulin. Penelitian tentang Effects of bee propolis supplementation on glycemic control, lipid profile and insulin resistance indices in patients with type 2 diabetes: a randomized, double-blind clinical trial propolis memiliki aktivitas hipoglikemik dan memiliki beberapa efek positif pada komplikasi diabetes.
  5. Demam berdarah: Efek propolis yang diberikan oleh penderita demam berdarah dapat meningkatkan peningkatan jumlah trombosit dan penurunan demam berdarah.
  6. Ganguan Gastroinintestinal: Manfaat propolis bisa meredakan ganguan gastroinstestional, penelitian Herbal Medicines Useful to Treat Inflammatory and Ulcerative Gastrointestinal Disorders: Preclinical and Clinical Studies menunjukan propolis dapat membantu mengobati ganguan pencernaan, kolitis ulserativa, kanker saluran pencernaan dan bisul.
  7. Melawan gigi berlubang: Sebuah study dari Biological & Pharmaceutical Bulletin propolis dapat membantu melawan gigi berlubang. Dalam penelitian di laboratorium menunjukan propolis membantu menghambat pertumbuhan streptococus mutans, bakteri mulut yang dapat merusak gigi berlubang.
  8. Perawatan Jerawat: Penelitian berjudul Bee Products in Dermatology and Skin Care menunjukan propolsi bisa digunakan untuk melawan pertumbuhan jerawat. Propolis juga dapat dijadikan bahan baku kosmetik karena mengandung antioksidan yang tinggi.
  9. Kecantikan: Propolis disinyalir dapat juga menjadi antiaging alias anti penuan dini, yang artinya propolis dapat dikembangkan menjadi bahan baku kecantikan yang alami.
  10. Menurunkan tekanan darah: Manfaat lainnya propolsi dapat menurunkan tekanan darah Dalam sebuah studi yang berjudul The Role of Propolis in Oxidative Stress and Lipid Metabolism: A Randomized Controlled Trial, propolis terbukti bisa menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik.

Setelah tahu banyak tentang manfaat, kamu jangan ragu! untuk mengkonsumsi propolis atau menggunakan propolis. Ikuti anjuran yang berlaku dalam mengkonsumsi propolis.

Walaupun banyak manfaatnya propolis, jika digunakan dalam jumlah banyak tetap saja akan berbahaya dan ada efek sampingnya, apalagi Anda sangat alergi pada produk turunan lebah.

Teknologi Nano dapat membuat propolis menjadi ukuran nano dan Andapun jika mengkonsumsi propolis yang sudah berukuran nano tidak lagi merusak sistem ditubuh Anda, malahan dengan sedikit pemakaian yang ukurannya nano dapat langsung berkhasiat dan diserap di tubuh Anda.

Sumber:

https://www.news-medical.net/news/20200910/Brazilian-red-propolis-contains-substances-with-anti-cancer-properties.aspx#:~:text=Brazilian%20red%20propolis%20found%20in,breast%2C%20and%20brain%20cancer%20cells.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3541042/#:~:text=The%20typical%20constituents%20of%20Brazilian,of%20various%20diseases%20%5B16%5D.

One Comment

  1. […] Baca Juga : Manfaat yang pasti belum kamu ketahui […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.