teripang emas dan manfaatnya unutk bahan baku produk kosmetik dan produk kesehatan

Berkat kandungan protein yang tinggi teripang emas sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga bermanfaat bagi kecantikan kulit tubuh karena mengandung saponin, glukosamin, omega 3 dan mineral lainnya.

Teripang emas atau bahasa latin disebut Holothuroidea merupakan sumber gizi yang sangat baik. Menurut US Department Of Algaculture (USDA), 4 ons atau 112 teripang mengandung ragam gizi sebagai berikut.

  • Kalori: 60
  • Protein: 14 grams
  • Lemak dibawah 1 gram
  • Vitamin A: 8 persen dari kebutuhan harian
  • B2 (Riboflavin): 81 persen dari kebutuhan harian
  • B3 (Niacin): 22 persen dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 3 persen dari kebutuhan harian
  • Mangnesium 4 persen dari kebutuhan harian
Menggunakan kosmetik dari teripang emas, foto contoh diperagakan oleh model
Menggunakan kosmetik dari teripang emas, foto contoh diperagakan oleh model

Teripang juga mengandung senyawa yang dapat membantu mewujudkan kulit sehat dan terawat. Berikut manfaat teripang emas untuk kecantikan.

  1. Memperbaiki kulit yang rusak: “Ekstrak emas teripang mengandung peptides. Peptides ini mengandung kolagen yang fungsinya untuk menjaga dan memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu gamat emas juga mempunyai kandungan senyawa linoleic acid yang berperan sebagai antioksidan.
  2. Mencegah penuaan dini: Kulit manusia mengandung 75%-85% kolagen. Kadar kolagen dapat menurun seiring bertambahnya usia, kolagen sangat penting sekali dan dibutuhkan untuk menjaga elastisitas, hidrasi dan keremajaan kulit. Salah satu pemenuhan kebutuhan kolagen tubuh dapat dipasok oleh gamat emas ini, pasalnya sekitar 70% tubuh hewan laut ini mengandung senyawa tersebut. Faktanya, kolagen dari teripang memiliki ketahan mekanis yang lebih optimal. Hal tersebut membuatnya tidak mudah rusak apabila ditambahkan kedalam produk kosmetik.
  3. Cocok untuk kulit sensitif: Kandungan kolagen dalam teripang juga cocok bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif. hal ini khususnya pada kulit wajah.
  4. Kulit Nampak lebih cerah dan bersinar: Kandungn kolagen ini dapat mempertahankan kulit yang b=lebig cerah dan bersinar
  5. Gamat Emas dapat mengatasi kerutan di sudut mata: Sudut mata yang banyak kerutan menandakan seorang wanita yang teramat lelah dan cepat sekali penuaan terjadi di wajahnya. Dengan adanya gamat emas kerutan tersebut daoat dihilangkan.
  6. Menyamarkan flek-flek kehitaman di kulit wajah: Gamat emas yang memiliki kandungan protein, saponin, glukosamin, omega 3 dan mineral lainnya.

Baca Juga : Mengenal Teripang Emas [Gamat] dan manfaat-manfaatnya

Dari macam manfaat yang bisa diterapkan dari gamat emas ini, dikarenakan hal ini teripang emas mengandung kolagen, gamapeptide, mukopolisakarida, dan cell growth factor dimana kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat pada kulit, yaitu: membantu regenerasi dan mengaktifkan sel.

Hal itu menjadi unsur utama dalam membentuk lapisan dasar kulit. dan menjaga elastisitas kulit.

Dilansir: alodokter

Teripang emas memiliki mengandung triterpenoid yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit. Selain itu juga teripang mengandung cerebrosides yang dapat melindungi usus dari peradangan dan tumor.

Sumber: alodokter

Wikipedia dan sumber lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia