Feeding sea cucumber

Salah satu binatang biota laut yang banyak manfaatnya adalah teripang, biota laut yang banyak ditemukan didasar laut terutama dipasir-pasir laut, hewan ini sangat mudah dikenali. Teripang juga sudah banyak diteliti oleh para peneliti dalam negeri dan para peneliti luar negeri.

Teripang adalah invertebrata laut yang hidup didasar laut. Mereka diberi nama bentuk lonjong yang tidak biasa yang menyerupai mentimun gemuk. Ada sekitar 1.250 species teripang, yang semuanya termasuk dalam kelas taksonomi Holothuroidea. Kelas ini termasuk dalam filum Echinodermata, yang juga mencakup banyak invertebrata laut terkenal lainnya seperti bintang laut, bulu babi, dan dolar pasir menurut Nasional Geographic

Dilansir dari sumber: kkp.go.id

Teripang (Holothuria) adalah sejenis biota laut yang merupakan salah satu sumber protein hewani, dan telah lama dikonsumsi oleh masyarakat didalam maupun di luar negeri.

Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substart pasir, lumpur pasiran, lamun [seagrass], alga maupun terumbu karang hidup/mati.

Di dunia ada 1.200 lebih jenis timun laut, dimana 30 jenis termasuk dalam kelompok teripang yang secara toksonomi dapat dilihat pada Marine Species Identifications. Dari sekitar 650 jenis teripang yang ada di dunia 10%nya ternyata berada di Indonesia.

manfaat Teripang Emas
Teripang Emas
5 jenis teripang yang ada di Indonesia yang tergolong mempunyai nilai jual yang tinggi.
  1. Teripang Hitam (Holothuria edulis)
  2. Teripang Koro (Holothuria nobilis)
  3. Teripang Nanas (Thelonota ananas) 
  4. Teripang Gamat (Stichopus noctivatus)
  5. Teripang Pasir (Holothuria scabra)

Manfaat Teripang

Teripang sendiri dikenal sebagai salah satu komoditi laut yang banyak dicari karena banyak manfaatnya dan khasiatnya yang dipercara dapat memelihara kesehatan. Hasil penelitian menunjukan di dalam tubuh teripang mengandung serat kolagen yang tinggi, yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, teripang juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati kerusakan pada sistem kerja ginjal, organ reproduksi dan saluran cerna.

Rasanya yang asin dan hangat di tubuh, menjadikan teripang juga kerap dikonsumsi untuk mengobati gejala lemah karena proses penyembuhan setelah sakit maupun lemah fisik karena usia yang menua.

Secara tradisional, konsumsi teripang oleh masyarakat China di seluruh dunia lebih untuk memanfaatkan khasiatnya sebagai obat daripada untuk cita rasa seafood nya. Karena julukan teripang oleh masyarakat China adalah “Haisen” yang artinya “Gingseng keras dari laut“.

Dilansir dari liputan6.com

11 manfaat teripang emas untuk kesehatan penuh nutrisi

Manfaat teripang emas untuk kesehatan sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di Asia. Menurut beberapa penelitian, teripang mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B1 [Tiamin], B2 [Riboflavin], dan vitamin B3 [Niacin]. Selain itu, teripang juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, seng, magnesium dan kalium.

Manfaat teripang emas untuk kesehatan dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi tersebut dalam. Dalam dinding tubuh teripang emas juga terdapat didalam protein seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin. Teripang emas dianggap bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Manfaat timun laut atau teripang emas untuk kesehatan diantaranya adalah:

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat teripang emas yang pertama adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan teripang mengandung komponen yang dianggap dapat melawan tumor dan kanker, misalnya desholothurin A dan lainnya. Bahan aktif antitumor ini bekerja untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

Hewan laut ini juga mengandung zat yang disebut sitotoksin, yang terbukti dapat melawan sel kanker. Zat ini memiliki efek perlawanan pada lima jenis sel kanker, yaitu kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teripang emas juga merupakan bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. kandungan asam amino yang terdapat dalam teripang ditenggerai mampu melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada dinding teripang terdapat berbagai protein, yaitu glisin, alanin, asam glutamat, dan arginin. Penelitian pada hewan menunjukan bahwa tingginya kadar dan kualitas protein teripang ini diduga dapat membantu mengurangi trigleserida dan kolesterol dalam darah. Jenis-jenis protein ini juga berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

Melawan HIV dan Herpes Simpleks

Manfaat teripang emas selanjutanya dipengaruhi oleh kandungan asam lemak. Teripang emas mengandung asam lemak yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain, seperti glikosida, triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak dan sitotoksin.

Zat-zat tersebut diduga juga berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jaringan saraf dan mengurangi rasa sakit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ekstrak teripang memiliki sifat antivirus yang dapat melawan HIV dan Herpes Simpleks.

Mempercepat penyembuhan luka

Teripang emas mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit serta asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka.

Hal ini tidak hanya dilakukan untuk luka luar tetapi juga bisa mengobati luka yang terdapat didalam tubuh seperti infeksi usus atau lambung. Bisa dikonsumsi dalam bentuk tablet atau dioleskan sebagai salep pada luka.

Memperbaiki Fungsi Ginjal

Dikutip dari Health Line: sebuah penelitian membuktikan bahwa teripang emas mampu mengontrol tingkat oksidasi yang bisa berpotensi menggangu kinerja ginjal. Hal ini bagus untuk penderita yang mengalami ganguan fungsi ginjal agar bekerja seperti normal kembali.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat teripang emas untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Teripang memiliki zat aktif yang bersifat antikoagulan, atau dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

Zat ini disebut Fucosylated Chondroitin Sulfate (FCS). Teripang juga memiliki dampak baik untuk memelihara kesehatan pembuluh darah jantung dan dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan jantung karena efek anti radang yang dimilikinya.

Menurunkan Kolesterol

Teripang emas merupakan bahan makanan yang mengandung lemak sehat, sehingga ditenggarai mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang berlebih didalam tubuh bisa menjadi sumber awal berbagai penyakit yang muncul.

Mengatasi Nyeri Sendi

Kandungan kondoritin sulfat berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi.

Mencegah Diabetes

Sekitar 86,8% teripang emas sarat akan kandungan protein. Hal ini tentunya menjadikan teripang emas bermanfaat bagi penderita diabetes karena kandungan protein tersebut dinilai mampu untuk mengontrol gula darah didalam tubuh.

Mencegah Keriput Kulit

Zat peptida yang terkandung di dalamnya sangat berguna untuk kesehatan kulit. Sebuah study di Inggris menemukan bahwa teripang memiliki manfaat untuk kulit. Teripang yang diekstrak dapat mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, kulit kering pada orang dewasa.

Teripang emas dapat menjadi produk andalan Anda dalam produk yang bisa di ekstrak menjadi ukuran nano. Dengan nanoteknologi teripang emas ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal dalam obat tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.