kitosan

Limbah dari hasil laut berupa cangkang kepiting, cangkang udang, cangkang kerang, dan cangkang rajungan sangat berlimpah di perairan Indonesia, karena Indonesia termasuk negara maritim yang sangat luas.

Wilayah perairan Indonesia merupakan sumber cangkang hewan invertebrata laut berkulit keras (Crustacea) yang mengandung kitin secara berlimpah.

Kepiting dan rajungan bahan baku untuk kitosan

Kitin mempunyai kegunaan yang sangat luas, tercatat sekitar 200 jenis penggunaannya, dari industri pangan, bioteknologi,, farmasi dan kedokteran serta lingkungan.

Setidaknya di Industri penjernihan air, kitin telah banyak dikenal sebagai pengurai limbah air kotor.

Dilansir dari Media-neliti.com

Nano Kitosan adalah nano partikel dari kitosan yang memiliki daya serap lebih baik dan kemampuan yang lebih baik sebagai anti-bakteri dan anti-jamur dari pada kitosan dengan ukuran biasa.

Manfaat Kitosan Untuk Kesehatan

Untuk kesehatan tubuh, kitosan dinilai memiliki beberapa manfaat, melansir dari inlifehealthcare.com beberapa manfaat kitosan untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Efektivitas Insulin

Kitosan diklaim dapat meningkatkan efektivitas insulin, kitosan dapat dipercaya dapat membantu mencegah diabetes pada seseorang, khususnya diabetes yang berhubungan obesitas.

Kitosan dapat menurunkan kadar gula darah, dan semakin gula darah dan semakin banyak kitosan yang dikonsumsi semakin banyak pula gula darah yang diturunkan. Manfaat kitosan juga dapat meyeimbangkan aktivitas sel yang memproduksi insulin, sehingga membuat insulin bekerja lebih efesien dalam menurunkan gula darah.

Menjaga Tingkat Kolesterol

Manfaat kitosan sangat baik untuk menyeimbangkan tingat kolesterol darah. Kolesterol didefinisikan sebagai senyawa seperti lilin dan lemak yang ditemukan disebagian besar jaringan tubuh termasuk darah dan saraf.

Kolesterol yang baik sangat membantu dalam membuat lapisan luar berbagai sel, membantu asam empedu yang secara terus menerus bertindak untuk mencerna makanan di usus, dan juga memungkinkan tubuh manusia untuk memproduksi vitamin D dan hormon.

Ada dua jenis kolesterol, yaitu LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Low density lipoprotein (LDL) umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat karena dapat mengangkut kandungan molekul lemak ke dalam dinding arteri jantung yang kemudian mengakibatkan penyumbatan arteri dan dapat meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular dan stroke.

Dalam hal ini, kitosan telah terbukti manfaatnya untuk membantu mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah (LDL). Kitosan sangat membantu dalam menjaga metabolisme kolesterol rendah yang sehat dan juga menyebarkan metabolisme lipid yang sehat.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Diet Sehat dengan olahraga dan supplement herbal. Foto diperagakan Model
Diet Sehat dengan olahraga dan supplement herbal. Foto diperagakan Model

Manfaat kitosan yang ketiga untuk menurunkan berat badan. Kitosan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung, stroke, diabetes, asam urat, batu empedu dan kanker.

Jika Anda memiliki berat badan, tubuh akan mudah merasa lelah, memgalami masalah pernapasan, mengalami iritasi kulit dan sering mengalami nyeri punggung bawah dan ketersediaan yang dapat mempengaruhi mobilitas.

Kitosan adalah sumber serat bagus yang membantu seseorang menurunkan berat badan karena konsentrasi serat tidak larutnya yang tinggi. Serat tidak larut akan bergabung dengan air untuk mengembang di perut dan membuat seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Mencegah Penyakit Crohn

Manfaat Chitosan yang keempat untuk mencegah penyakit chron. Penyakit Crohn adalah penyakit kronis yang terjadi pada usus kecil. Kitosan sendiri telah ditemukan dapat mencegah penyakit crohn dengan mengurangi kadar homositesin dalam tubuh.

Penyebab penyakit Crohn masih belum dapat diketahui. Penyakit Crohn dapat menyebabkan tukak parah di usus kecil, dan penurunan berat badan adalah gejala utama penyakit crohn.

Sudah umum ditemukan bahwa dengan setiap peningkatan pikomolar dalam tingkat kitosan aktif, risiko penyakit crohn berkurang tiga persen.

Mengurangi resiko Anemia

Manfaat kitosan lainnya adalah dapat mengurangi risiko anemia. kekurangan kitosan terkait dengan kondisi anemia. Anemia adalah kondisi medis dimana kitosan tidak diserap dengan baik oleh tubuh manusia, yang mengakibatkan efek buruk defisiensi secara keseluruhan.

Gejala umum anemia adalah tubuh yang terasa lemah dan lelah, mati rasa dan kesemutan ditangan dan kaki dan lidah berwarna merah cerah dan halus.

Konsumsi kitosan dinilai dapat mengurangi risiko anemia. Dengan supplement kitosan, dapat meningkatkan peluang bagi tubuh agar dapat terlindungi dari anemia.

Mengatasi Tekanan Darah tinggi.

Manfaat kitosan juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi medis kritis yang dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, penyakit jantung koroner, gagal jantung, gagal ginjal dan masalah kesehatan serius lainnya.

Dari faktor-faktor risiko yang dapat dikendalikan, hipertensi jelas membutuhkan perhatian khusus, terlebih penyakit ini sedah memengaruhi banyak orang. Manfaat signifikan ditemukan pada orang dengan tekanan darah tinggi yang secara teratur mengkonsumsi supplement.

Konsumsi kitosan secara teratur dinilai membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Saat jantung berdetak, ia berkontraksi dan mendorong darah melalui arteri jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh manusia. Gaya ini menciptakan tekanan pada arteri. Inilah yang disebut dengan tekanan darah sistolik.

Manfaat Kitosan Pada Bidang lainnya

Ternyata banyak juga manfaat dari kitosan ini untuk berbagai kebutuhan industri, seperti salah satunya adalah:

Bidang industri pertanian:

Kitosan menawarkan alternative alami dalam penggunaan bahan kimia yang terkadang berbahaya terhadap lingkungan dan manusia. Kitosan membuat mekanisme pertumbuhan pada tanaman dan tumbuhan (seperti vaksin pada manusia), menstimulasi pertumbuhan dan merangsang enzim tertentu (sintesa fitoaleksin, kitinase, petinnase, glucanase, dan lignin)

Bidang Industri Pengolahan Air

Kitosan dapat dimanfaatkan sebagai filtrasi bahan baku membran ultrafiltrasi.

Bidang Industri Makanan

Kitosan sudah banyak digunakan dalam komposisi makanan di Jepang, Amerika dan di Eropa. Sebagai perangkap lemak yang terobosan dalam bidang diet.

Selain itu kitosan juga kitosan dalam bidang makanan dapat juga sebagai bahan pengawet dalam daya tahan makanan. Karena kitosan sebagi bahan antimikroba dan antioksidan.

Hal yang lainnya juga kitosan sebagai pelindung makanan dari bakteri typus.

Kesimpulan Kitosan yang sudah berukuran Nano menjadi hal terbarukan yang luar biasa untuk dimanfaatkan diberbagai bidang.

Cangkang kepiting yang biasanya dijadikan limbah malah menjadi sebagai bahan terbarukan yang berkah. itu semuanya berkat banyak penelitian-penelitan yang sangat menitikberatkan pada keunggulan penelitian dari kitosan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.