kecerdasaan otak-herbaltama

Memiliki anak-anak yang cerdas tentunya merupakan dambaan setiap orang tua. Apalagi jika anak Anda cerdas, patuh terhadap orang tua dan si anak mempunyai “prestasi baik dalam sekolah, baik juga dalam agamanya.”

Pada dasarnya hubungan kecerdasaan si kecil sangat banyak dipengaruhi oleh hubungan orang tua dan anak. Baik dalam membagi pengalaman dan lingkungan tempat tinggal sikecil.

Apa itu cerdas ?

Menurut, Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001, salah satu arti kata “cerdas” adalah tajam pikiran. orang cerdas tidak terpaku pada teori namun lebih terhadap pemahaman konsep. Bagi orang cerdas senjata utamanya adalah logika, dan pengetahuan yang ia dapat dari teori hanyalah sebagai pendukung.

Ternyata dalam 75% nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sikecil sangat berguna untuk membantu perkembangan otak si anak, dan 80% perkembangan otak anak berkembang pesat dalam 2-3 tahun pertama kehidupan si anak.

Dengan kasih sayang, pelukan, ciuman, nutrisi yang mama berikan menjadi dukungan bagi tumbuh kembang otak si anak.

Berikut cara meningkatkan kecerdasan si anak, agar otaknya tumbuh dengan baik, dengan bisa merekam , mengamati, menganalisa dan mempraktekan apa yang sudah diajarkan.

Memenuhi Asupan Anak

Masa kanak-kanak merupakan masa dimana otak mengalami pertumbuhan yang pesat. Perkembangan otak ini sangat dipengaruhi oleh pola makan dan asupan nutrisi yang mama berikan.

Untuk mendukung meningkatkan kecerdasan otak si anak, mama dapat memberikan makanan sehat dan bergizi seperti telur, ikan, daging, susu, buah-buahan dan sayur-mayur.

Berikut ini makanan yang baik bagi tumbuh kembang otak si anak:

Telur

Menurut beberapa ahli, telur mengandung protein yang baik untuk meningkatkan konsentrasi si anak saat belajar hal hal baru. telur juga menjadi sumber protein yang baik.

Yoghurt

Lemak yang terkandung pada yoghurt dapat meningkatkan perkembangan otak dan membantu sistem informasi pada otak. Mama dapat memberikan perkembangan otak dan membantu sistem informasi pada otak. Mama dapat memberikan yoghurt yang dicampur dengan serat [potongan buah] dan dark cokelat yang dapat membantu memperlancar aliran darah ke otak.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan katuk memiliki kandungan vitamin dan asam folat yang baik. Selain itu kedua sayuran ini mengandung antioksidan yang baik yang dapat membantu perkembangan sel otak si anak.

Ikan Laut

Ikan mengandung sumber vitamin d yang baik dan oemga-3, yang berfungsi membantu pertumbuhan daya ingat si anak. Mama dapat memberikan berbagai jenis ikan bagi si kecil seperti ikan salmon, tuna dan sarden.

Kacang dan biji-bijian

kacang dan biji-bijian seperti gandum banyak mengandunga asam lemak, vitamin dan mineral yang mampu menjaga mood dan meningkatkan kemampuan sistem saraf si anak.

Oatmeal

Protein yang terkandung dalam oatmeal dapat membantu kesehatan pembuluh darah arteri jantung dan otak. Penelitian mengatakan bahwa anak yang mengkonsumsi oatmeal setiap sarapan terbukti daya konsentrasi dan daya ingat anak saat di sekolah lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsi oatmeal.

Mendengarkan Musik

Mengenalkan si anak dengan berbagai jenis alat musik sejak dini dapat merangsang di bidang penguasaan bahasa dan keterampilan membaca dan meningkatkan kecerdasaan otak. Bahkan belajar memainkan alat musik dapat meningkatkan kemampuan belajar dan meningkatkan nilai sekolah.

Anak Belajar Menjadi Ilmuan
Anak Belajar Menjadi Ilmuan

Mengenalkan Kebiasaan Membaca

Semakin si anak banyak membaca, maka semakin pinter si anak dikemudian hari, perkenalkan mereka pada buku-buku dari berbagai jenis sejak dini, kelilingi mereka dengan berbagai buku bacaan atau bacaan mereka dengan berbagai buku cerita untuk mengembangkan minat, meningkatkan kecerdasaan otak dan juga imajinasi mereka. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan perspektif dan keterampilan belajar si anak.

Mama dapat membacakan cerita kemudian mengajukan berbagai pertanyaan untuk melihat reaksi dan emosinya terhadap cerita tersebut.

Melukis

Melukis atau mewarnai dapat membantu meningkatkan kecerdasaan otak anak dengan cara melatih kemampuan koordinasi tangan dan mata serta ketangkasan si kecil. Menggambar akan melatih anak untuk menggunakan kedua tangan merka dan membantu melatih kemampuan sensorik si anak. aktivitas. Seni lainnya dapat membantu meningkatkan kecerdasaan, daya ingat dan rasa percaya diri si anak.

Mengajak Si Anak Bermain

Berinteraksi dengan si Anak nempaknya menjadi kunci untuk membantu tumbuh kembang otaknya dan meningkatkan kecerdasaan otaknya juga. Nilai sebenarnya dari waktu bermain dengan anak-anak adalah membantu mereka menguasai tugas pertama dan penting mereka seperti membangun kerja sama, membangun persahabatan, bekerja dalam tim dan bangun hubungan dikemudian hari saat mereka dewasa nanti.

Kegiatan bermain dengan anak merupakan hal yang mudah dan moment yang baik untuk hubungan anak dengan orang tua. Moment bermain ini memberikan kesempatan si anak untuk berlatih dan seiring waktu untuk menguasai keterampilan kognitif, komunikasi dan sosial emosional saat mereka sekolah.

Sarapan Sehat di Pagi Hari

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jerman, diketahui bahwa sarapan di pagi hari membuat anak dapat meningkatkan memori. Berikan anak sarapan sehat, seperti buah, gandum dan makanan tinggi protein serta kalsium.

Penuhi Asupan Omega-3 Anak

Asam lemak Omega-3 diyakini dapat meningkatkan aspek kognitif anak. Selain itu, omega-3 juga dapat mendukung daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

Ajak Anak Anda Berolahraga

Aktivitas fisik dapat membantu anak meningkatkan kualitas otak. Sebuah penelitian di Medical Collage of Georgia mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kelebihan berat badan dan kemudian berolahraga, mereka mengalami perbaikan fungsi kognitif.

Memberikan Asupan Vitamin untuk kecerdasaan otak Anak dengan Sayuran dan Buah Sehat

Selain kaya antioksidan, buah dan sayuran juga dapat melindungi perkembangan otak anak. Penelitian di Inggris menunjukan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi buah dan sayauran memiliki IQ yang cenderung tinggi.

Pastikan Anak Tidur Cukup

Tidur berpengaruh terhadap perkembangan aspek koqnitif, seperti daya ingat, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Karena itu, sebaiknya mampu memberikan batasan waktu supaya anak bisa tidur cukup.

Untuk itu, memberikan perhatian dari orang tua dan keluarga, merespon serta berinteraksi dengan anak akan membantu meningkatkan kecerdasan otak sikecil. itulah mengapa sangat penting untuk mengajak si anak berbicara, bernyanyi, membaca dan bermain sejak mereka lahir dengan tujuan untuk memberikan kesempatan mereka menjelajahi dunia, serta mengembangkan kemampuan serta mengasah keterampilan si anak.

Sumber: nutriclub.co.id

Berikan Supplement Herbal

Propolis telah banyak diteliti sangat kaya dengan kandungan antioksidan, selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh antioksidan juga sangat baik membantu kecerdasaan otak, apalagi propolis tersebut di kombinasikan dengan daun pegagan.

Nah! sebuah penelitian juga membuktikan bahwa daun pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan dipercaya efektif untuk mengembalikan daya ingat seseorang yang stroke.

Manfaat daun pegagan untuk otak selanjutnya yakni dapat meningkatkan IQ dan kesehatan mental, serta menanggulangi lemah mental pada anak. Sumber: hot.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.