prostat

Prostat adalah suatu kelenjar saluran reproduksi, hanya pada pria yang terletak di buli-buli dan uretra. Kondisi ini bisa terjadi karena kelenjar prostat mengalami pembesaran. Prostat berfungsi memproduksi cairan yang ikut bercampur pada semen [air mani].

“Kelenjar prostat hanya terdapat pada anatomi tubuh pria.” Wanita tidak memiliki kelenjar prostat karena sistem reproduksi yang berbeda.

Ciri-ciri sakit prostat

Secara umum, ciri ciri sakit prostat adalah mengalami gejala awal yang dapat dirasakannya adalah:

  • Sering buang air kencing
  • Kencing tidak tuntas [ada sisa]
  • Tidur terbangun terasa ingin kencing
Prostat terjadi karena apa.

Penyebab penyakit prostat karena adanya infeksi pada bakteri saluran kemih ataupun dari penyakit sensual menular lainnya. Bakteri yang bisa menjadi penyebab dari penyakit peradangan prostat ini ialah escherichia coli, klebsiella, entrobakteri, streptokokkus, pseudomonas serta stafilokokkus.

Cara mengatasi ganguan prostat
  1. Konsumsi Makanan dengan kandungan Zinc
  2. Tingkatan Asupan Omega-3
  3. Perbanyaklah konsumsi sayuran
  4. Tambahan makanan tinggi likopen kedalam menu harian
  5. Konsumsi Beta-sitosterol
  6. Hindari minum alkohol
  7. Lakukan Olahraga secara rutin
  8. Usahakan tidak minum banyak dimalam hari
  9. Konsumsi bawang merah dan bawang putih

Obat herbal alami untuk prostat

Sejumlah bahan alami dipercaya dapat menjadi obat herbal prostat yang cukup efektif guna mengatasi permasalahan pada organ reproduksi pria tersebut?, apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud dan benarkah terbukti ampuh?

Pilihan Obat Herbal untuk Prostat

Banyak pria dengan penyakit prostat memilih pengobatan tradisional untuk mengatasi ganguan medis yang tengah dideritanya tersebut. Salah satu cara mengobati prostat tersebut adalah dengan mengkonsumsi bahan-bahan herbal.

Biji Labu

Bahan Alami pertama yang diklaim dapat menjadi obat prostat alami adalah biji labu. hal ini karena kandungan zat beta-stosterol yang terkandunga dalam biji labu. Zat ini memiliki element yang mirip dengan kolesterol dan terdapat disejumlah jenis makanan.

Menurut study tahun 2013, beta-sitosterol dapat memperlancar aliran urine dan membantu mengosongkan kandung kemih. Seperti yang diketahui, masalah prostat seperti pembesaran prostat jinak, menyebabkan aliran urine tidak lancar dan kandung kemih yang tidak bisa kosong sepenuhnya.

itu sebabnya, biji labu ini diklaim mampu menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi ganguan prostat.

Teh Hijau

Kanker prostat menjadi salah satu ganguan yang juga rentan terjadi. Penyakit kanker prostat tentu harus segera ditangani karena jika tidak, akibatnya bisa fatal.

Sebuah penelitian tahun 2019 mengungkapkan bahwa daun teh hijau merupakan salah satu “obat tradisional” yang bisa dijadikan obat prostat alami. Pasalnya pada teh hijau terkandung polifenol, yakni senyawa antioksidan.

Polifenol sendiri diketahui dapat berperan sebagai zat antikanker yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker pada prostat.

Tomat

Tomat diklaim, dapat menjadi obat herbal, karena mengandung likopen didalamnya. likopen sendiri merupakan zat yang memberi wqrna pada merah pada buah yang memiliki nama ilmiah solanum lycopersicum tersebut.

Berdasarkan penelitaian, likopen terbukti dapat menghambat pembengkakan prostat pada kasus pembesaran prostat jinak.

Selain tomat, tanaman lainnya yang mengandung likopen berpotensi menjadi obat alami prostat adalah:

  • Pepaya
  • Semangka
  • Wortel
  • Jambu
  • Kubis Merah

Jahe

Potensi jahe sebagai tanaman obat tradisional terungkap dalam sebuah studi yang dirilis oleh British Journal of Nutrition pada tahun 2011.

Dalam study tersebut, disebutkan bahwa jahe memiliki sifat antioksidan sehingga mampu menghancurkan sel-sel kanker pada kelenjar prostat.

kunyit asam
Turmeric powder

Kunyit

Selain Jahe, bahan alami lainnya yang dapat dijadikan obat herbal untuk prostat bermasalah adalah kunyit.

Menurut sejumlah peneliti, kurkumin yang ada di dalam kunyit memiliki potensi untuk membantu mencegah ataupun mengatasi penyakit prostat, khususnya kanker prostat.

Senyawa ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel kanker didalam prostat.

Buah Delima

Tidak hanya rasanya yang enak, buah delima ternyata juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh, salah satunya sebagai obat herbal prostat.

Menurut sejumlah penelitian, kandungan zat antioksidan pada buah delima diketahui dapat memperlambat perkembangan kanker prostat.

Orang dengan kanker prostat umumnya memiliki kadar PSA yang tinggi pula. Hal tersebut dapat menandakan perkembangan sel kanker di dalam prostat yang cepat.

Nah!, buah delima dengan kandungan antioksidannya diklaim mampu menghambat peningkatan PSA.

Daun Sirsak

Salah satu manfaat daun sirsak yang diamini banyak orang adalah untuk penyembuhan kanker, salah satunya kanker prostat. Penelitian menyebutkan bahwa dau sirsak lebih ampuh untuk menghambat perkembangan sel kanker daripada pengobatan herbal potensial lainnya.

Tentunya ganguan prostat yang terus berlangsung tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter.

Sumber: Dikutip dari beberapa sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.