young-woman-feel-sick-cought-couch-home_231208-1255

Minuman Jamu ini sekarang lagi tenar-tenarnya di karenakan Bapak Presiden Indonesia Ir Joko Widodo memperkenalkan jamu ini sebagai minuman asli Indonesia yang dapat mempertahankan daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri berbahaya.

Terutama penyakit flu yang menyerang pernapasan dan batuk pilek sedangkan penyakit yang belum ada obatnya sekarang ini yaitu Covid 19 juga menyerang Anda terutama paru-paru.

Bahan baku jamu yang sangat terkenal adalah Jahe merah, serai, kunyit, kencur dan temulawak.

Bahan baku jamu tersebut sangatlah banyak khasiatnya jika diminum secara rutin.

Masyarakat Indonesia juga mempercayai bahwa jamu dapat menjadi obat batuk yang ampuh. Apa saja jamu yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan batuk?.

Jamu Tradisional yang dipercaya jadi obat batuk yang ampuh.

Batuk ada yang mengalami batuk kering ada juga yang mengalami batuk yang berdahak. Jika Anda meramu minuman jamu ini ternyata dapat meringankan tenggorokan, sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh kamu loh.

Madu dan lada hitam

Kamu bisa mencampurkan madu dan lada hitam jika mengalami batuk kering, Campurkan satu sendok madu dengan sejumput lada hitam dan minum 3 kali dalam sehari. Sekali lagi ramuan ini sangat cocok untuk kamu yang penderita batuk kering.

Beras kencur

Dapat dipercaya sebagai obat sakit perut dan juga sebagai obat batuk, beras kencur hangat juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk. Minuman tradisional ini juga menambah napsu makan dan dapat menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. Biasanya, masyarakat Indonesia minum sari dari kencur untuk meredakan batuk. Kencur mengandung senyawa flavanoid, polifenol, minyak atsiri dan saponin yang dipercaya bermanfaat sebagai anti-bakteri.

Lemon, jeruk nipis dan madu

Lemon, kunyit dan, madu

Bahan alami lainnya yang bisa kamu ramu menjadi minuman pencegah batuk berdahak adalah lemon, jeruk nipis dan madu. Kamu bebas memilih lemon atau jeruk nipis sebagai vitamin. Kedua buah ini kaya akan vitamin C yang dapat membasmi bakteri yang masuk kedalam tubuh. Cukup ambil perasan lemon atau jeruk nipis, lalu campurkan dengan 1 sendok madu, dan air hangat.

jahe merah Hangat

jahe merah
Jahe merah

Hangatnya jahe merah juga mampu merdakan sakit tenggorokan, batuk kering dan batuk berdahak. Jahe mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu mencegah ganguan pencernaan serta rasa mual. Sebaiknya jangan campur jahe dengan gula merah, kamu bisa mengganti madu sebagai alternatif rasa manis pada minuman kamu. Selain dapat meredakan batuk, jahe juga dapat mengobati radang sendi, perut kembung dan rasa nyeri saat menstruasi. Jika kamu tidak mendapat jahe merah, kamu bisa mengganti dengan jahe biasa kok.

Kunyit Asam

Covid 19 merupakan virus yang menyerang sytem imune kita. Oleh karena itu, selain mencuci tangan, menjaga kekebalan tubuh sangatlah perlu. Cara yang paling mudah ialah dengan menjaga asupan makanan kita. Vitamin C menjadi senyawa organic yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh yang terkandung dalam kunyit asam. Kunyit asam Kunyit yang sudah dicampur dengan asam dapat menjadi penawar dan menetralisir racun yang mengendap dalam tubuh.

Temulawak

Jamu temulawak juga dapat bermanfaat sebagai anti-bakteri karena memliki kandungan xanthorrhizol yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Karena batuk disebabkan oleh virus atau bakteri, kamu bisa memanfaatkan minumn temulawak sebagai anti-bakteri sekaligus minuman sehari-hari.

Jamu Brotowali

Brotowali adalah inuman yang terbuat dari akar akar ali-ali, putrawali,antawali,andawali atau daun gadel yang populer dengan rasa pahitnya. Meski tidak enak, jamu ini banyak manfaatnya. Kandungan alkaloid dan columbina dapat membunuh bakteri peneyebab batuk. Selian itu kandungan zat palmatin, kolulin, harsa, glikosida dan zat pati juga bisa merangsang sistem pernapasan agar bisa bekerja dengan baik.

Daun sirih

Daun sirih

Sangat bermanfaat untuk obat batuk dengan cara ambil 4 lebar daun sirih dan direbusnya dengan dua gelas air lalu diminum air rebusan daun sirih tersebut pagi dan sore.

Jeruk nipis

Jeruk nipis ini bisa Anda langsung potong dan perasakan disendok atau peraskan didalam setengah gelas air putih hangat. Ada juga jeruk nipis ini dicampur kecap didalam sendok dan lalu langsung dikonsumsi.

Bawang Putih

Bawang putih dipercaya dapat menjadi antibiotik, dengan antibiotik alami yang terdapat didalam bawang putih ini dapat membunuh kuman ditengorokan Anda. Batuk terjadi juga biasanya karena rasa gatal dari tengorokan.

Baiknya penggunaan obat herbal ini untuk mengobati batuk Anda haruslah dilakukan dengan cara yang sudah ditentukan jangan asal dan jangan juga berlebihan dalam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *