minyak zaitun

Minyak Zaitun kaya dengan antioksidan dan sudah dikenal lama sebagai minyak yang menyehatkan, minyak zaitun dapat juga dimanfaatkan untuk memasak, dimanfaatkan untuk kecantikan maupun dijadikan obat-obatan.

Proses penyulingan minyak zaitun terbilang sangat sederhana, hanya dengan penekanan pada ekstraksi minyaknya. tetapi perlu kamu ketahui, bahwa minyak zaitun ini juga berbeda-beda jenisnya.

Di lansir: liputan6.com

Penasarankan! jenis-jenis minyak zaitun tersebut, ada 6 jenis minyak zaitun yang perlu kamu ketahui loh!.

Minyak zaitun dan jenis-jenisnya

EXTRA VIRGIN OLIVE OIL

“Extra virgin olive oil berupa jenis minyak zaitun yang paling sehat.” Minyak ini dibuat dengan teknik cold press. Proses membuat minyak zaitun atau minyak yang dihasilkan. Minyak ini diekstraksi menggunakan metode alami dan distandarisasi untuk kemurnian dan kualitas sensorik tertentu seperti rasa dan bau.

Minyak ini aman diminum langsung dan menawarkan sejumlah manfaat. Minyak zaitun yang benar-benar ekstra virgin memiliki rasa yang berbeda dan kaya akan antioksidan fenolik. Beberapa senyawa fenolik ini telah memiliki efek antioksidan pada manusia, khususnya mengurangi resiko aterosklerosis dan kanker, serta memberikan manfaat anti-inflamasi dan anti mikroba.

Minyak zaitun ekstrak virgin, biasanya digunakan sebagai dressing salad atau untuk perawatan tubuh, seperti kulit dan rambut. Minyak zaitun ekstra virgin tidak boleh digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi karena dapat merusak nutrisi yang dikandungnya.

VIRGIN OLIVE OIL

Sama seperti ekstra virgin olive oil, minyak zaitun yang tergolong virgin tak mengalami proses pemurnian [unrefined], minyak ini juga tidak mengalami pemanasan atau menggunakan bahan kimia, secara kualitas, virgin olive oil cocok untuk keperluan memasak dengan api kecil. Sama seperti ekstra virgin olive oil minyak ini juga cocok untuk perawatan kulit.

REVINE OlIVE OIL

Zenis minyak zaitun ini di ekstrak dari buah zaitun hitam dan matang. Diantara jenis-jenis lainnya, ia memiliki jumlah paling sedikit minyak zaitun murni karena telah melalui serangkaian proses penyulingan.

Jika minyak zaitun tidak memiliki syarat untuk dijadikan virgin olive oil atau extra virgin olive oil seperti yang ditentukan oleh tingkat keasamannya dan faktor lainnya, minyak tersebut dimurnikan untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak dimurnikan.

Hasilnya adalah minyak hambar, hampir tidak berwarna yang dicampur dengan sejumlah kecil minyak zaitun untuk memberinya beberapa karakter zaitun. Minyak ini lebih cocok untuk memasak seperti menggoreng atau memanggang.

PURE OLIVE OIL

Pure olive oil bukanlah benar-benar minyak zaitun murni. Minyak zaitun berlabel “Pure oilve Oil” atau hanya minyak zaitun biasanya adalah minyak zaitun olahan. Minyak ini biasanya adalah minyak zaitu olahan atau refined olive oil yang dicampur dengan minyak zaitun bertype ekstra virgin atau virgin. Minyak ini memiliki rasa yang lebih ringan dan warna yang lebih terang.

Metode pengolahan ini sering digunakan ketika kualitas ekstraksi tidak sebagus yang diharapkan. Untuk meningkatkan kualitas minyak sulingan harus dicampur dengan yang lebih berkualitas, baik jenis minyak zaitun ekstra virgin atau virgin. minyak yang ditambahkan akan memberikan jumlah vitamin E yang lebih tinggi dan rasa yang lebih baik. Minyak ini cocok digunakan untuk memasak makanan dalam suhu panas seperti deep fry.

LIGHT OLIVE OIL

Light olive oil tidak merujuk pada minyak zaitun yang rendah kalori, sebaiknya ini ada istilah pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan rasa minyak yang lebih ringan. Jenis tersebut diolah dengan pelarut dan panas tinggi untuk menghilangkan bau yang tak diinginkan.

Light olive oil adalah refined olive oil yang memiliki rasa netral dan dan titik asap yang lebih tinggi. Minyak ini dapat digunakan untuk memanggang menumis dan menggoreng.

POMACE OLIVE OIL

Jenis pomace adalah minyak zaitun kualitas rendah. Minyak ini diekstraksi dari residu yang tersisa setelah buah ditekan, setelah buah zaitun di pres, mereka meningkalkan residu yang mengandung minyak dan air. Setelah air dan minyak dihilangkan, residu masih mengandung sejumlah minyak dan dapat diekstraksi.

Karena diekstraksi hanya dari residu, virgin olive oil dicampur untuk membantu meningkatkan kualitas. karena proses ini, Pomace olive oil adalah jenis yang paling murah di pasaran dan hanya cocok untuk memasak panas tinggi. Minyak ini juga kerap dijadikan campuran produk perawatan tubuh seperti krim, losion atau kosmetik.

Bottle of Olive oil pouring in a glass bowl with olives and branch

Manfaat minyak zaitun

Dilansir alodokter.com

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Minyak alami ini tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, tetapi juga menurunkan tekanan darah. Tak heran bila minyak zaitun kerap digunakan untuk mengolah makanan atau sebagai campuran bahan makanan.

Kandungan nutrisi di dalam minyak Zaitun

Di dalam satu sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun, terdapat 120 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 13,5-14 gram lemak
  • 0,1 milligram kalsium
  • 0,1 milligram kalium
  • 0,3 milligram natrium
  • 1,9 milligram vitamin E
  • 8 microgram vitamin K

Meski banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis minyak lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3 dan omega 6. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan seperti flavanoid dan polivenol.

10 Manfaat minyak zaitun yaitu:

  1. Mengontrol tekanan darah: salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset menyebutkan bahwa bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun murni disekitar 50-60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan perhari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rilek dan mengurangi peradangan dipembuluh darah.
  2. Mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung: kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk dipembuluh darah.
  3. Menurunkan kadar kolesterol: mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat [LDL] pada penderita kolesterol tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik [HDL] sehingga baik untuk kesehatan jantung, selain minyak zaitun, minyak sehat lain seperti minyak kanola dan minyak kelapa murni, juga memiliki manfaat serupa.
  4. Mencegah pertumbuhan sel kanker: pola makan sehat dengan menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
  5. Memelihara fungsi otak: salah satu fungsi minyak zaitun yang juga sangat penting adalah untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Sebuah riset menyebutkan bahwa kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke dan demensia.
  6. Menjaga berat badan: minyak zaitun juga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet, termasuk diet paleo dan diet menjaga berat badan tetap ideal. Minyak alami juga baik dikonsumsi baik untuk mencegah obesitas. Tetapi baiknya Anda juga berolahraga secara rutin.
  7. Mengatasi sembelit: Sembelit umumnya terjadi karena pola makan kurang sehat, misalnya jarang makanan yang berserat dan minum. minyak zaitun dapat mengurangi sembelit akibat susah BAB.
  8. Mengendalikan kadar gula darah: Sebuah riset menunjukan bahwa orang yang menjalani pola makan sehat secara rutin, termasuk dengan mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol. Hal ini menjadikan minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes.
  9. Melembabkan kulit kering: minyak zaitun mampu mengunci kelembaban kulit, sehingga sering digunakan untuk perawatan kulit kering. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah, tangan atau kaki yang kering.
  10. Menjaga kesehatan mulut: minyak zaitun mengandung antioksidan yang mempunyai sifat anti radang dan antibakteri. Efek ini menjadikan minyak zaitun bermanfaat menjaga kesehatan tubuh serta kebersihan gigi dan mulut.

Jadikan minyak zaitun ini sebagai obat tradisional alami, untuk menjaga kesehatan, kecantikan dan mengobati beberapa penyakit terutama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan diabetes. Anda bisa maklon obat tradisional minyak zaitun di kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.