jahe merah plus madu

Coba Yuk !, kita manfaatkan jahe merah untuk membuat minuman segar. Dengan membuat minuman segar dari jahe merah ini, kita dapat meminumnya jahe merah tersebut loh, yang telah diracik oleh kita untuk minuman segar pagi dan sore hari.

Minuman segar tersebut bisa dihidangkan saat panas dan juga bisa dihidangkan saat dingin, tergantung selera saja sih.

Minuman segar Jahe merah, selain mudah dibuatnya juga sangat murah.

Berikut resep minuman jahe merah,

  • Wedang jahe Merah: 2 rimpang jahe merah, bisa digeprek, di blender atau dibakar. 2 Batang serai Kencur secukupnya. gula aren atau gula jawa secukupnya 1 Liter air Madu secukupnya Kayu Manis

Jika sudah selesai direbus dengan air matang, bisa kok, dihidangkan dan diminum saat sudah hangat, dan ditemani dengan makanan cemilan yang ringan.

Manfaat dari racikan minuman jahe merah tersebut adalah:

Pemanfaatan jahe merah di Indonesia sebagai upaya pengobatan tradisional, sudah umum dilakukan pada masyarakatnya, dalam beberapa penelitian berikut manfaat dari jahe merah tersebut.

  • Menurut Shimoda et el (2010), ektrak jahe merah memiliki aktivitas anti-inflamasi pada peradangan akut dan kronis. inflamasi atau peradangan merupakan respin sistem imun tubuh terhadap suatu iritasi (bakteri, virus, jamur, atau mikroorganisme asing).
  • Poeloengan (2011) menyatakan bahwa kandungan shogoal dan gingerol jahe merah memiliki sifat anti-bakteri dan dapat mengobati mastitis. Mastitis adalah merupakan peradangan pada jaringan payudara yang disebebkan oleh bakteri dan umumnya dialami oleh ibu yang sedang menyusui.
  • Menurut Oboh et el (2012) ekstrak jahe merah dapat menurunkan kandungan MDA (malondialdehid) yang merupakan senyawa organic yang reaktif sebagai penanda stress oksidatif.
  • Hanif et al (2021) menyatakan bahwa nano elmusi ekstrak jahe merah dapat menurunkan tekanan darah dengan meregulasi angiotensin converting enzyme [ACE] yang memiliki peranan penting dalam pengendalian tekanan darah dan juga terdapat 70% aktivitas antioksidan dari ekstrak jahe merah.
  • Kandungan atsiri pada jahe merah yaitu gingerol memiliki potensi sebagai substansi imonusupresan yang dapat menekan atau menurunkan sistem kekebalan tubuh. Gingerol pada jahe merah juga dapat dapat mengurangi sekreasi sitokin pada tubuh.
  • Sitokin merupakan protein yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh sistem imun berkordinasi dengan membantu sistem.
Minum jahe merah, bisa membuat tampil cantik.
Minum jahe merah, bisa membuat tampil cantik.

Minuman segar jahe merah, khasiatnya dapat langsung terasa ditubuh kita. Rutin mengkonsumsi jahe merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Berikut Manfaat Jahe Merah untuk wanita:

dilansir dari : theasianparent.com

  1. Pereda sakit sebelum menstruasi
  2. Memperkuat kekebalan tubuh
  3. Meningkatkan kesuburan
  4. Mengurangi kolesterol jahat
  5. Anti-aging alami
  6. Mencegah kanker
  7. Mencegah inflamasi usus

Tetapi ada juga larangan bagi wanita untuk meminum jahe merah tersebut, seperti:

  • Menyebabkan kontraksi pada rahim
  • Mengkonsumsi berlebihan menyebabkan sakit perut, kembung dan diare.
  • Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Penggunaan jahe merah untuk dijadikan minuman segar, diharapkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia