Man suffering from back pain at workplace. Bad posture problem

Ada banyak metode pengobatan untuk mengobati syaraf kejepit. Metode pertama dengan penyembuhan bersama dokter syaraf Anda dan metode kedua adalah Anda bisa mengobatai secara alami.

Apa itu syaraf kejepit ?

Syaraf kejepit adalah di mana terjadi tekanan berlebih pada syaraf oleh jaringan-jaringan di sekitarnya, seperti jaringan tulang dan otot. Gangguan saraf ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh termasuk tulang belakang, pergelangan tangan, dan lainnya. Seperti:

  • Kesemutan
  • Kebas
  • Mati Rasa
  • Kelemahan otot
  • Kejang otot
  • Reflek yang berkurang

Penyebab syaraf kejepit dapat bermacam-macam, antara lain:

  • Hernia diskus, yaitu kondisi di mana bantalan tulang belakang (diskus) robek dan menekan saraf.
  • Stenis tulang belakang, yaitu penyempitan kanal tulang belakang yang dapat menekan saraf.
  • Cedera tulang belakang, seperti patah tulang atau dislokasi.
  • Infeksi tulang belakang, seperti osteomielitis
  • Tumor tulang belakang

Pengobatan saraf kejepit tergantung pada tingkat keparahannya. Pada kasus yang ringan, saraf kejepit bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, pada kasus yang lenih parah, mungkin diperlukan pengobatan medis, seperti:

Obat-Obatan

Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati saraf kejepit, obat-obatan itu juga harus dari resep dokter, terutama dokter ahli saraf.

Fisioterapi

Fisoterapi dapat membantu meningkatkan fleksibilits dan kekuatan otot, serta mengurangi nyeri dan peradangan. Fisioterapis akan mengajarkan latihan-latihan yang dapat dilakukan dirumah.

Imobilisasi

Imobilisasi dapat dilakukan dengan menggunakan penyangga atau korset untuk menopang tulang belakang dan mengurangi pergerakan.

Operasi

Operasi hanya dilkaukan pada kasus-kasus yang parah, dimana pengobatan lain tidak berhasil, operasi bertujuan untuk menghilangkan tekanan pada saraf.

gambar ilustrasi seorang laki-laki sedang sakit pinggang akibat saraf kejepit
gambar ilustrasi seorang laki-laki sedang sakit pinggang akibat saraf kejepit

Adakah Cara Mengobati Saraf Kejepit secara Alami?

Mengatasi saraf kejepit secara alami, guna mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman yang kamu alami, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut ini:

  1. Melakukan pemanasan
    • Melakukan latihan atau pemanasan dapat membantu mengurangi tekanan berlebih pada bagian saraf yang mengalami ganguan, akan tetapi, sebaiknya kamu tidak melakukukan pemanasan atau gerakan secara berlebihan, nanti bukannya sembuh malah, gejala saraf kejepit yang kamu rasakan justru semakin memburuk.
  2. Kompres dengan air hangat
    • Memberikan kompres hangat pada area yang terindikasi dapat membantu merileksikan otot, sehingga tekanan pada saraf bisa berkurang. Selain itu suhu panas dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus mengotimalkan proses penyembuhan.
  3. Beri pijatan
    • Cara meringankan saraf kejepit secara alami juga bisa dilakukan dengan memberikan pijatan secara perlahan. Pijat dapat membantu mengurangi rasa nyeri maupun tekanan yang kamu rasakan. Memberikan tekanan sedikit pada area yang mengalami nyeri bisa mengurangi otot tegang dan membuatnya menjadi rileks
  4. Ubah postur tubuh
    • Ketika mengalami saraf terjepit, ada baiknya kamu menubah postur tubuh ketika duduk atau berdiri untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Kamu bisa memakai bantal, menyetel kursi duduk, atau memakai sandaran leher untuk mengurangi tekanan pada saraf.
  5. Berolahraga secara teratur
    • Berolahraga secara teratur memang sangat dianjurkan, baik itu untuk menjaga tubuh tetap sehat, dan baik juga untuk seseorang yang sedang menjalani terapi saraf terjepit.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya saraf terjepit

  1. Menjaga berat badan ideal
  2. Menghindari mengangkat beban yang berat diatas kemampuan Anda
  3. Lakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga
  4. Rajin-rajinlah berolahraga ringan.

Perawatan sakit punggung dengan obat gosok

Sakit punggung ringan dapat diberikan obat gosok yang memang diperuntukan untuk gosok dan urut. Minyak tersebut dapat membantu meleraksasi masa otot yang bermasalah. Dengan kandungan yang khas dan juga mengandung bahan-bahan herbal jadi produk tersebut terbukti aman, untuk digunakan jangka panjang.

anmo peter cung
Minyak gosok Anmo Peter Cung dari ahli totok aliran darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia