Mother checking body temprature on thremoeter

Demam merupakan salah satu kondisi yang biasa terjadi pada anak-anak. Demam terjadi ketika suhu tubuh anak berada dia atas normal atau lebih dari 37 derajat Celcius, dan diikuti oleh beberapa gejala , seperti panas, sakit kepala, berkeringat dingin dan mengigil.

Orangtua dapat memberikan obat ibuprofen pada anak untuk menurunkan demam namun sebelum menggunakan obat tersebut, Anda dapat menggunakan obat penurun panas alami. Obat tradisional juga bisa meredakan panas dan demam yang terjadi pada anak Anda.

Obat tradisional digunakan sejak nenek moyang kita untuk menyembuhkan demam dan panas pada anak-anak. Berikut obat penurun panas alami yang bisa digunakan untuk anak Anda.

obat tradisional penurun panas pada anak
Indoor shot of little girl with fair hair lying in her bed, hugging favorite toy, having unknown hand on forehead, checking temperature, having scarf around neck, being on sick leave. Health concept.
  1. Jahe Jahe telah populer digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Sifat antibakteri pada jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk dan gejala umum lainnya. Anda dapat memberi anak minuman jahe hangat yang didalamnya ada irisan jahe atau jahe yang telah digeprek dan dibakar lalu direbus. Minuman Jahe hangat bisa membuat anak berkeringat, serta membantu menghilangkan panas dan racun pada tubuh. Tak hanya menyehatkan, obat demam anak ini juga enak untuk dikonsumsi apalagi jika ditambah dengan madu.
  2. Echinacea Meski mungkin terdengan asing, namun echinacea ternyata telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat penurunan panas alami. Ketika anak mengalami demam, Anda dapat memberi teh yang mengandung echinacea. Teh Echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Selain itu teh ini juga membantu melawan infeksi dan menghilangkan demam secara lebih cepat.
  3. Bawang Merah Bawang merah bukan hanya menjadi bumbu utama dalam memasak, namun juga dapat digunakan sebagai obat demam anak yang ampuh. Bawang merah dapat membuat suhu tubuh yang panas menurun, dan mengurangi rasa sakit pada tubuh selama demam. Untuk menurunkan panas akibat demam pada anak, Anda dapat mengiris bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Lalu, balurkan pada tubuh anak sebanyak dua kali sehari. Jika rutin dilakukan, panas anak akan segera turun dan cepat pulih kembali. Cara menurunkan panas ini juga bisa membuat tubuh anak terasa nyaman.
  4. Chamomile Teh Chamomile merupakan obat penurun panas alami yang baik digunakan saat demam. Teh chamomile bisa digunakan di toko herbal. Cara penggunaannya bisa dengan merebus dan rendam daun teh chamomile selama satu menit. Lalu tambahkan madu kedalamnya. Setelah jadi secangkir teh tersebut bisa digunakan sehari dua kali. Biasanya tidak ada perubahan rasa yang yang terjadi pada keduanya sehingga anak dapat menikmati rasanya teh tersebut. Teh herbal ini sangat dapat mengurangi demam anak sehingga bisa cepat pulih.
  5. Lemon dan Madu Lemon yang biasanya dikombinasikan dengan madu efektif untuk menyembuhkan demam karena dapat memperkuat kekebalan tubuh. Campurkan madu dan perasan jeruk lemon masing-masing satu sendok makan dan berikan pada anak Anda. Campuran ini dapat menurunkan demam anak, bukan hanya itu saja, campuran lemon dan madu juga bisa dinikmati siapa saja dikarenakan rasanya enak dan bisa membuat rasa dan tubuh menjadi segar. Lemon dan madu dikenal sebagai obat tradisional yang sangat manjur. Anak diatas umur 2 tahun bisa diberikan jika terkena panas dan demam.
  6. Air Kelapa Selain air putih, minuman air kelapa merupakan cara yang baik untuk menyegarkan tubuh. Vitamin, mineral, dan electrolit dalam air kelapa menjadikannya sebagai cara yang efektif untuk tetap terhidrasi ketika demam hingga tubuh segera pulih.
  7. Pepermint Obat penurun panas selanjutnya yang disebut obat tradisional adalah pepermint. Pepermint dikenal sifatnya yang dingin dan dapat mendinginkan karena mempunyai kandungan mentol yang tinggi, Pepermint dapat dijadikan teh yang hangat. Dengan mengkonsumsinya badan anak menjadi berkeringat dikarenakan rasa rebusan hangat pepermint didalam tubuh dapat membuat tubuh menjadi berkeringat.
  8. Lidah Buaya Lidah buaya adalah tanaman obat tradisional untuk penyembuhan. Tanaman ini juga dapat membantu menurunkan panas demam. Anak dapat memberi anak minuman olahan gel lidah buaya, atau bisa juga mengoleskan lidah buaya ke tubuh anak agar dapat menurunkan demamnya. Kulit yang dioleskan dengan lidah buaya dapat menjadi dingin.
  9. Sayur dan Buah Dalam menurunkan panas, Anda dapat memberikan sayuran dan buah yang mengandung air seperti semangka, melon, pepaya, jeruk dan lain sebagainya, berikan sayur dan buah-buahan yang banyak dari biasanya.
  10. Mandi Air hangat Siapkan air hangat untuk anak agar bisa mandi dan badannya menjadi segar kembali. Tubuh yang relaksasi juga dapat meredam panas pada tubuh. Maka hal tersebut dapat menurunkan suhu tubuhnya. Jangan gunakan air dingin karena dapat membuat anak membuat anak mengigil dan menyebabkan suhu badan anak naik.
  11. Propolis Minum propolis dapat menjadikan obat tradisional alami untuk menurunkan panas dan demam. Banyak sudah hasil penelitian propolis untuk menyembuhkan panas dan demam pada anak, dikarenakan propolis dikenal sebagai anti inflamasi dan antibakteri serta mempunyai antioksidan yang sangat tinggi.
  12. Air dingin Air dingin bisa digunakan untuk mengkompres tubuh anak, demam tinggi bisa dijaga dengan meminum air putih dan juga mengkompres atau mengelap tubuh yang sangat panas. Dengan menjaga panas tinggi pada anak dengan mengkompressnya bisa menghindari dari terkena kejang atau step pada anak. Tubuh anak yang terkena tinggi kompresslah dengan air jangan mengkompres dengan air es.

Penurun panas bisa Anda lakukan hal tersebut dirumah dan sangat mudah sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.