Close up of eye

Banyak yang belum kita ketahui ternyata sakit mata itu bukan hanya iritasi saja. Sebaiknya kita harus tahu penyebab dan jenis-jenis sakit mata.

Hampir semua orang pastilah mengalami namanya sakit mata, mungkin hanya sakit mata ringan saja dan bukan sakit mata yang sangat berat. Kondisi sakit mata biasanya diawali dengan adanya gejala seperti mata merah, terasa gatal dan perih serta banyak mengeluarkan airmata.

“Menangis tersedu-sedu” dan menyebabkan air mata keluar terus menerus, ternyata bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. tetapi hal tersebut bukanlah suatu penyakit mata.

“Berbagai Penyebab Sakit Mata”

Sakit mata bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari iritasi, alergi, inveksi virus dan bakteri, hingga cedera mata. Sebagian penyebab sakit mata terkadang juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang perlu diwaspadai, karena beresiko menyebabkan kerusakan dan gangguan mata permanen.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit mata yang penting untuk Anda ketahui:

Jenis-jenis sakit mata sumber IDM TIMES
IRITASI

Iritasi pada mata bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya paparan zat kimia tertentu asap, debu, asap rokok, alergi hingga infeksi.

Pada kasus tertentu, paparan sinar matahari yang terlalu lama pada mata juga bisa menyebabkan iritasi. Beberapa contoh penyakit mata yang disebabkan oleh iritasi adalah mata kering dan konjungtivis.

ALERGI

Alergi mata disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap zat atau benda pemicu alergi (alergen) yang masuk kemata. Faktor pemicu terjadinya alergi bisa bermacam-macam, misalnya asap, debu, makanan hingga penggunaan make up diarea mata.

Kondisi ini umumnya ditandai dengan mata yang terasa gatal, bengkak, merah dan berair.

INFEKSI

Infeksi mata adalah penyakit mata yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. penyebab sakit mata ini dapat menyerang salah satu atau mata keduanya dan cenderung mudah menular.

Ketika mengalami sakit mata yang disebabkan oleh infeksi, Anda dapat merasakan gejala nyeri atau tidak nyaman pada mata, pandangan terganggu, hingga mata terasa gatal, merah dan berair.

Beberapa contoh penyakit mata yang disebakan infeksi, yaitu konjungtivitis virus dan bakteri, bintitan, keratitis, trakoma dan endoftalmitis.

CEDERA

Cedera mata ringan umumnya hanya menimbulkan rasa nyeri, kemerahan dan berair. Kondisi ini biasanya dapat mereda dengan sendirinya.

Lain halnya jika cedera mata yang terjadi cukup berat. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya hifema atau pendarahan pada kornea mata, robekan lensa mata, hingga kerusakan saraf mata kondisi ini perlu segera ditangan oleh dokter karena bisa menyebabkan kebutaan.

PERADANGAN

Salah satu penyebab sakit mata yang cukup sering terjadi adalah peradangan pada mata. Penyebab sakit mata ini bisa menimbulkan peradangan diberbagai bagian mata, misalnya sklera atau bagian putih mata, konjungtiva atau bagian dalam kelopak mata, hingga kornea mata.

Beberapa contoh penyakit mata yang disebabkan oleh peradangan adalah uveitis, konjungtivis, skleritis, episkleritis dan keratitis. Pradangan pada mata bisa menyebabkan mata terasa nyeri atau gatal, bengkak, berair, kemerahan hingga pandangan buram.

PENINGKATAN TEKANAN BOLA MATA

Peningkatan bola mata bisa terjadi ketika cairan di dalam mata terhambat. Tingginya tekanan pada bola mata lama-kelamaan akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada syaraf mata dan retina. Kondisi ini bisa menimbulkan penyakit yang disebut glaukoma.

Penderita glaukoma dapat merasakan gejala sakit mata yang intens, mata merah, sakit kepala dan pandangan berkabut. Jenis sakit mata ini bisa dialami oleh semua kalangan namun lebih sering terjadi pada lansia.

PENUAAN

Penuaan bisa membuat berbagai fungsi organ tubuh menurun, termasuk mata. penyebab sakit mata akibat faktor usia sering kali menimbulkan ganguan penglihatan, seperti katarak, presbiopi dan degenerasi makula.

Presbiopi adalah kondisi ketika mata sudah kehilangan fokus dalam menatap objek tertentu. Penderita presbiopo biasanya perlu menggunakan kacamata untuk bisa melihat dengan jelas.

Sementara itu, degenerasi makula adalah penyakit yang terjadi ketika fungsi retina pada mata berkurang sehingga menyebabkan penderita sulit melihat dengan jelas.

Beberapa Langkah Pengobatan Sakit Mata

Sakit mata ada yang bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada juga yang perlu ditangani dokter. Anda perlu memeriksakan diri kedokter mata jika mengalami sakit mata yang berat. Sakit mata yang tidak kunjung sembuh, atau menyebabkan ganguan penglihatan.

Untuk mengobati keluhan sakit mata yang Anda alami, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab sakit mata tersebut.

Selain pengobatan medis dari dokter, Anda juga dapat meringankan keluhan sakit mata dengan beberapa cara berikut ini:

  • Istirahatkan mata untuk beberapa saat setelah lama beraktivitas di depan komputer atau saat menonton tv dan melihat lama-lam hp yang sangat terang.
  • Gunakan kacamata untuk melindungi mata dari debu atau kotoran yang masuk kemata.
  • Berikan kompres dingin untuk meredakan gejala mata merah dan gatal akibat iritasi atau alergi, sedangkan untuk meredakan mata bengkak akibat bintitan, Anda bisa menggunakan kompres hangat.
  • Gunakan obat tetes mata untuk menghilangkan iritasi atau mata kering. Salah satu obat tetes mata yang bisa digunakan adalah air mata buatan.

Didalam banyak penelitian “Propolis banyak mengandung bahan bioaktif seperti polifenol dan plavanoid ” dengan konsentrasi yang tinggi sehingga cairan ekstrak propolis cukup pekat. Mata merupakan organ vital yang banyak mengandung pembuluh darah.

Propolis yang berukuran nano akan mudah terserap oleh tubuh dan diedarkan lewat pembuluh darah, propolis diharapkan diminum secara rutin untuk mengobati sakit mata.

Berikut Tanaman Herbal untuk sakit mata

Dikutip dari : health.detik

Tanaman eyebright untuk mengobati sakit mata
  1. Air Mawar: Bunga mawar, bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit mata Caranya dengan memasukkan bunga mawar kedalam air. lalu teteskan di mata. Pengobatan untuk mata yang merah dan belekan, ini bisa dilakukan dengan air mawar sehari tiga kali.
  2. Mentimun: yang biasanya digunakan untuk makanan, ternyata bisa juga untuk pengobatan mata secara alami dikarenakan mentimun mengandung anti bakteri yang dapat mengurangi sakit mata. Caranya iris tipis mentimun dan letakan pada mata selama 10 menit, sebaiknya dimasukan dalam lemari pendingin agar lebih segar, baru digunakan.
  3. Daun sirih: menjadi obat alami untuk sakit mata, caranya sangat mudah sekali cukup rebus daun sirih dengan garam sampai mendidih dan bersihkan mata 3 kali sehari. Lakukan secara rutin agar mata Anda sembuh.
  4. Tanaman Eyebright: tanaman yang tumbuh di eropa ini dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati sakit mata. Tanaman ini mengandung banyak khasiat, pembersih yang mengurangi rasa gatal dimata dan mengurangi bengkak mata pada anak.
  5. Bunga Melati: Bunga ini juga bisa mengobati sakit mata pada anak, caranya dengan merendam bunga melati semalaman dengan air. lalu gunakan pipet dan bersihkan mata untuk anak-anak

Baca juga: Cara mengajarkan anak-anak minum jamu

Sumber: alodokter

Sunproofficial

Orami

Leave a Reply

Your email address will not be published.