Young woman with handkerchief having cold

Jika daya tahan tubuh berkurang hal yang paling sering terjadi adalah badan Anda akan mulai terasa greges (mudah masuk angin dan mulai bersin-bersin).Jika hal itu terjadi dipastikan Anda sudai mulai flu.

Kan,! kalau terkena flu berat bikin aktifitas kamu jadi tidak nyaman.

Ada juga yang terserang flu, ditandai dengan gatalnya tenggorokan atau biasa disebut “radang pada tenggorokan”.

Apa itu flu ?

Flu atau influenzas adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, menggigil, nyeri otot dan pilek.

Biasanya yang terserang flu akan menjadi pilek dan batuk-batuk.

Batuk merupakan respon alami tubuh yang berfungsi untuk menjaga paru-paru dan saluran pernapasan agar tetap dalam kondisi yang baik. Meski batuk dapat memberikan manfaat, batuk yang terjadi terus-menerus dan berlangsung lama dapat mengindikasikan adanya ganguan pernapasan atau penyakit.

batuk ringan, batuk berdahak dan batuk kering
sick woman with cough and throat infection at home self isolating and social distancing in quarantine lockdown during virus epidemic, sitting up in bed covering his face while coughing

Ada beberapa jenis batuk ringan dan batuk berat yang wajib kamu ketahui:

  1. Batuk Berdahak: Batuk yang biasanya ditandai dengan adanya gatal-gatal ditenggorokan dan adanya dahak, lendir [ingus].
  2. Batuk Kering: Batuk yang gatal dan ditenggorokan tetapi tidak adanya dahak atau lendir.
  3. Batuk Berdarah: Hemoptisis adalah batuk yang mengeluarkan darah dari paru-paru, tenggorokan atau saluran pernapasan disekitarnya.
  4. Batuk rejan : atau biasanya disebut batuk pertusis biasanya menyerang anak-anak dan orang dewasa, batuk ini seringnya menular. Batuk ini disebabkan infeksi bakteri “Bordetella pertussis” pada saluran pernapasan. Batuk rejan umumnya berlangsung selama 4-8 minggu sehingga dikenal juag dengan batuk 100 hari.
  5. Batuk Kronis: adalah sebagai “ALARM” terjadinya penyakit lain yang berpotensi memiliki bahaya kesehatan yang lebih serius, kasus penyebabnya bisa menjadi adanya penyakit: Asma, post-nasal drip, GERD, Tuberkolosis, pneumonia, Bronkieataksis, Kanker paru, penyakit jantung dan efek obat-obatan.

Jika sudah tahu begini, berarti jangan pernah mengangap sepele flu, pilek dan batuk, walaupun dianggap sebagai penyakit biasa saja yang tidak segera diobati.

Obat herbal flu, pilek, batuk dan batuk berdahak.

Hal yang paling mudah jika sudah ada gejala flu ringan dan batuk ringan segeralah mengambil tindakan, caranya dengan hal mudah dahulu untuk diambil tindakan.

Tindakan hal yang paling mudah adalah dengan meramu obat tradisional di dapur. Berikut yang paling mudah ditemukan di dapur.

JAHE

Jahe terkenal sebagai obat tradisional sudah dari jaman nenek moyang. Jahe memiliki banyak manfaat akan khasiatnya dan memang sudah terbukti secara alami yang paling diketahui adalah menyembuhkan penyakit flu.

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang mampu untuk melawan virus penyebab flu. Menurut penelitian madu sangat bagus sebagai obat batuk alami yang berbarengan adanya flu ringan.

Bawang Putih

Bawang putih juga dipercaya sebagai obat herbal alami untuk penyakit flu, karena kandungan senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba. Menurut beberapa penelitian bawang putih bahkan dapat membantu penyembuhan penyakit sejak awal.

Cara yang paling mudah dan efektif adalah dengan memakan bawang putih langsung, tetapi jika kamu tidak suka maka bisa dicampur dengan makanan.

Daun Mints

Daun mints dipercaya sebagai obat flu tradisional, yang bisa kamu lakukan didalam rumah. Ekstrak daun mints sangat bagus sebagai obat alami flu.

Daun mints bisa mengencerkan dahak dikarenakan daun mints mengandung efek dekongestan. Efeknya bisa mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Bunga Echinacea

echinacea

Bunga echinacea merupakan bunga yang terkenal di dengan sebutan “coneflower” di Amerika. Penduduk asli disana telah menggunakan ramuan dari akar dari bunga ini untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi selama lebih dari 400 tahun.

Bunga echinacea mengandung flavanoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan mengurangi peradangan. Menurut penelitian, mengkonsumsi echinacea dapat menurunkan resiko terkena flu hingga lebih dari 50%.

Bagi orang dewasa, konsumsi 1 hingga 2 gram ramuan echinacea dalam bentuk teh hingga tiga kali sehari. Bunga ini juga dapat mengatasi penyakit pilek.

Lemon

Lemon sumber freepik

Vitamin C sangat berpengaruh dalam penyembuhan penyakit flu dan batuk, vitamin C sangat berperan dalam membantu kesehatan tubuh. Ternyata Lemon sangat baik untuk mengatasi flu dan batuk ringan

Baiknya Lemon dapat dicampur dengan teh hangat dan dicampur dengan maju. Ramuan ini dapat mengurangi dahak. Badan yang dingin dan gampang masuk angin juga bisa diatasi dengan lemon ini.

Sup Ayam dan rempah-rempah.

Sup Ayam sumber Unplash

Sup ayam hangat yang banyak rempah-rempahnya juga dikenal sangat membantu meredakan flu dan batuk ringan. Hal ini biasanya sang Ibu memasakan sup ayam ini jika ada keluarganya yang mulai ada tanda-tanda mulai bersin-bersin.

Mengkonsumsi sup ayam dengan rempah-rempahnya saat sakit flu, juga bisa mengencerkan lendir dihidung, tenggorokan, dan paru-paru agar kamu bernapas lega.

Sup ayam hangat juga dikenal sebagai obat flu dan demam sejak lama.

Teh Hijau

Teh Hijau Sumber Freepik

Teh hijau memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami, yang dapat mengobati flu secara alami. Selain itu, Teh Hijau juga dapat menenangkan tenggorokan dan dahak.

Caranya yang paling mudah dengan menyeduh teh hijau dan dicampur dengan madu, minumlah pas hangat-hangat teh tersebut.

Propolis

Propolis sumber: freepik

Propolis produk turunan lebah ini sangat baik sekali digunakan untuk mengobati penyakit flu dan batuk.

Dalam banyak penelitian propolis mempunyai sifat antibakteri, antiinflamasi dan antibakteri. Propolis juga sudah digunakan sebagai obat tradisional berabad-abad tahun lamanya.

Mengkonsumsi propolis dicampur air hangat dapat menyembuhkan flu dan batuk. Gunakan pengobatan dengan propolis secara rutin sebagai obat herbal alami yang wajib dirumah Anda.

Jika Batuk masih terus berlanjut segera berobat kedokter.

Sumber dari berbagi artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.