Asian kid girl wake up in the night and got coughs

Anak-anak sangat sering mengalami sakit flu, demam dan juga batuk. Keadaan ini terjadi bilamana buah hati kita terserang oleh virus influenza. Musim pancaroba juga dapat mempengaruhi seorang anak terjangkit penyakit batuk dan pilek. Sebagai ibu tentunya sangat khawatir jika anaknya terserang batuk, apalagi jika batuknya sering timbul dimalam hari.

Batuk disertai flu bisa menyerang siapa saja, virusnya tidak mengenal besar kecilnya seseorang, virus tersebut dengan mudah masuk jika pertahanan tubuh kita sangatlah lemah.

Bahkan jika pertahanan tubuh kita kuat, berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit batukpun anak Anda dapat terinfeksi batuk, jika kita tidak menggunakan masker. Walaupun batuk-batuk pada anak bisa disembuhkan, tetapi ibu-ibu harus waspada untuk pemberian obatnya.

Berikut pengobatan obat tradisional anak, untuk batuk-batuk di malam hari.

Cukupi Cairan Tubuh Anak

Cara mengatasi batuk pada anak adalah cukupi kebutuhan cairan tubuhnya dengan air putih hangat, Dengan mencukupi kebutuhan cairan ini anak Anda terjaga dari dehidrasi sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Berikan Madu

Memberikan madu pada anak, madu terkenal dengan antibakterinya dalam membunuh virus dan kuman, sehingga mampu melawan infeksi penyebab batuk. Berikan satu sendok makan saja kepada anak diatas satu tahun, jika terlalu banyak diberikan madu pada anak nantinya dapat mempengaruhi kadar gula yang melonjak. Madu juga dapat dicampur dengan segelas air hangat dan dapat diminum oleh anak Anda.

madu
Madu

Berikan Propolis

Memberikan propolis juga sangat dianjurkan, karena propolis terkenal dengan antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri yang sangat bagus. Propolis cair juga dapat dicampur dengan segelas air hangat dan diminumkan pada anak Anda saat malam hari. Pemberian propolis pada anak untuk mengobati batuk dapat Anda tambahkan dosisnya dengan 5 tetes dan dicampurkan air di dalam gelas dan banyaknya dosis propolis tidak merusak sistem tubuh anak Anda.

propolis
Propolis dalam sarang lebah madu

Baca Juga: Propolis dengan nanoteknologi dapat mengupgrade manfaat antioksidan

Berikan Teh Hangat

Memberikan air teh hangat juga dapat meredakan sakit ditenggorokan dan batuk pada anak Anda. Teh hangat dapat membuat tubuhnya terjaga dari rasa dingin dan gatal.

Manfaatkan Uap Air Panas

Uap air panas dapat membuat anak Anda menjadi rileksasi dan menghindari pernapasan yang terganggu karena pilek. Batuk dan pilek biasanya terjadi bersamaan saat malam menjelang mau tidur.

Minum Air Jahe

Air jahe dapat bermanfaat untuk mengobati batuk dan gatal-gatal ditenggorokan, jahe juga menjadi salah satu obat tradisional yang sudah dikenal sejak lama.Minuman air jahe dapat mengendurkan otot-otot saluran napas, hal ini bisa bermanfaat untuk asma dan batuk.

jahe obat batuk tradisional
Honey Lemon Ginger Juice Food and beverage products from ginger extract Food nutrition concept.

Minum Air Kencur

Obat tradisional yang satu ini juga dikenal untuk mengobati batuk pada anak. Saluran pernapasan yang terganggu serta gatal didada dan ditenggorokan dapat diobati dengan meminum air kencur hangat. Kencur juga menjadi obat tradisional turun temurun yang dapat mengobati batuk pada anak dan pada orang dewasa.

Kencur obat tradisional untuk mengobati batuk
Kencur obat tradisional untuk mengobati batuk

Dengan mengobati penyakit batuk pada anak Anda dengan obat tradisional yang secara rutin dapat membantu proses penyembuhan batuk pada anak untuk 1-2 minggu lamanya.

Hal yang terpenting adalah, jika batuk-batuk terjadi pada anak sang bunda agar tidak panik dan segera menanganinya terlebih dahulu dengan baik dan benar.

Baca Juga: Obat Herbal Flu dan Batuk Kering dan Berdahak

Dari Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *