beauty-woman-asian-cute-girl-feel-happy-eating-diet-food-fresh-salad-good-health-pink-background

Idealnya berat badan yang baik adalah tidak terlalu berat dan tidak terlalu kurus. Jika terlalu kurus dibawah berat badan ideal Anda akan dikatakan kurang gizi.

Pada anak-anak, kurang gizi bisa menyebabkan mereka mengalami gangguan tumbuh kembang, berkurangnya tingkat kecerdasaan dan prestasi akademik, berat badan kurang serta stunting.

Cara membedakan anak yang kurang terpenuhi asupan gizinya

  • Berat badan dan tinggi badan anak dibawah rata-rata normal anak seumurannya.
  • Pertumbuhan anak terlambat
  • Menurunnya nafsu makan
  • Sering rewel
  • Anak mudah lelah dan terlihat lesu

Dampak yang mudah jika tidak menerapkan gizi seimbang?

Kurangnya asupan zat gizi akan menyebabkan seseorang mengalami defisit dalam memenuhi kebutuhan tubuhnya, dan salah satu konsekuensinya adalah menjadi rentan terhadap serangan penyakit infeksi, yang apabila yang terjadi akan memperburuk status gizinya.

Berikut solusi agar Anda dan anak mempunyai berat badan yang ideal.

body mass index
Man body mass index info chart. Male silhouette medical infographic from underweight to extremely obese.

Chamomile

Bunga yang satu ini terkenal dengan khasiatnya yang menenangkan, sehingga orang disarankan minum teh charmomile dan rupanya khasiatnya dari teh chamomile juga meningkatkan nafsu makan. Jika Anda merasa tubuh terlalu kurus, gunakan ekstrak chamomile dan perhatikan perubahannnya.

Jahe

Jahe telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengatasi masalah perut. Jahe baik dikonsumsi ketika perut sedang sakit, mual atau dispepsia. Nafsu makan yang rendah bisa diatasi dengan jahe.

Srikaya

Buah berbentuk unik ini sangat tepat dikonsusmsi guna meningkatkan kenaikan berat badan. Buah srikaya memperbesar kesempatan berat badan bertambah dan mengatasi anoreksi.

Beras Kencur

Menurut penelitian toxicology Report, jamu gemuk berbahan dasar kencur kaya kandungan zinc. Penelitian lain diterbitkan American Society for Nutritional Sciences menunjukan, saat kekurangan zinc, tubuh terlalu banyak menghasilkan asam amino yang membuat selera makan menurun.

Kencur mampu meningkatkatkan kandungan zinc sehingga napsu makan bisa kembali seperti semula.

Madu

Madu sangat efektif sekali sebagai penambah berat badan alami, dengan mengkonsusmsi madu diharapkan nasfu makan menjadi timbul kembali. Beran badan yang tidak ideal atau terlalu kurus dapat dibantu dengan mengkonsusmsi madu.

Propolis

Propolis juga menjadi sumber utama nutrisi dan vitamin, selain dapat membuat nafsu makan anak, pertumbuhan tumbuh anak juga menjadi normal dan dapat dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak mengkonsumsi propolis.

Buah-Buahan

Buah yang mengandung serat dan kaya akan akan mineral baik dan terdapat rasa manis alami adalah kurma dan kismis. Kedua buah tersebut kaya akan kalori, baik untuk menambah berat badan ideal.

Pisang, kelapa, mangga, nanas, anggur dan durian.

Buah-buahan tersebut juga mengandung bahan yang dapat menambah berat badan ideal.

Anak-anak yang mempunyai berat badan ideal sedang belajar bersama dengan laptop.
Anak-anak yang mempunyai berat badan ideal sedang belajar bersama dengan laptop.

Sayur-sayuran

Makan sayur-sayuran juga dapat menambah berat badan secara alami. Sayuran tersebut selain menyehatkan juga dapat menjaga pencernaan Anda. Berikut sayuran yang dapat menambah berat badan.

  • Kacang hijau
  • Daun pepaya
  • Jagung
  • Terong
  • Wortel
  • Kacang polong.

Dari pembahasan diatas banyak hal-hal alami agar tubuh Anda ideal dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat dan lancar buang air besar [BAB].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia