Turmeric powder

Kunyit atau kunir adalah bumbu masak yang sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu yang sedang memasak untuk menambah sedapnya makanan. Bukan hanya makanan yang akan menjadi sedap, tetapi makanan tersebut akan menjadi tambah sehat karena mengandung vitamin yang terdapat dari kunyit tersebut.

Kandungan dan manfaat utama kunyit bagi kesehatan tubuh:

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan penyedap makanan dalam berbagai hidangan, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rempah-rempah asli Asia tenggara berwarna kuning pekat ini kaya akan antioksidan serta berbagai zat anti inflamasi. Oleh karena itu, kunyit sering digunakan untuk membantu mengatasi berbagai penyakit mulai dari kelelahan, rematik dan masih banyak lagi.

Kunyit juga banyak digunakan untuk melangsingkan tubuh. Karena kunyit mengandung antioksidan yang sangat tinggi serta mempunyai manfaat untuk mengecilkan perut buncit dengan cepat.

maklon suplement
Obat Tradisional kunyit, mint, kayu manis dan madu
Kunyit dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kunyit yang utama adalah kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh,” Hal ini karena kunyit mengandung zat kurkumin yang dapat bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Kemudian, kunyit juga mengandung kandungan penting lainnya, yakni anti kataral.

Kandungan ini mampu berfungsi untuk memerangi virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Mengatasi mual

Selain berperan sebagai antioksidan dalam tubuh zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga meresap ke aliran darah untuk mengurangi tekanan pada perut. Jika dikonsumsi secara rutin, Anda bisa merasakan salah satu manfaat kunyit bagi tubuh, yakni berkurangnya tekanan pada perut sehingga terasa lebih lega dan bebas mual.

Bantu mengatasi peradangan

Manfaat kunyit yang berikutnya adalah kemampuannya mampu mengatasi peradangan dalam tubuh. Hal ini juga dilakukan oleh zat kurkumin yang memiliki efek anti radang yang efektif. Zat aktif tersebut mampu membantu menghentikan kerja enzim dan juga sitokin yang bisa menyebabkan inflamasi pada tubuh. Selain itu, hormon kortison pun akan meningkat dan peradangan yang Anda alami akan segera membaik.

Bantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung

Menurunkan risiko penyakit jantung jika kita sering mengkonsumsi olahan kunyit. Zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit rupanya mampu melakukan hal ini dengan meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah (endotelium). Bahkan seperti yang dilansir HEALTHLINE, efek zat kurkumin pada kunyit ini sama efektifnya dengan berolah raga.

Mengurangi Gejala dan risiko penyakit Maag

Kegunaan kunyit untuk kesehatan adalah untuk mengurangi gejala dan penyakit maag. Saat gejala dan penyakit maag. Saat gejala maag Anda kambuh, cobalah untuk menyeduh kunyit hangat untuk meredakan nyeri pada bagian perut.

Systemik Review menyebutkan kurkumin pada kunyit dapat mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag karena dapat mengendalikan produksi asam lambung yang berlebih dan empedu yang berlebih.

Mengatasi Penyakit Psoriasis

Kualitas antioksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam kunyit dapat mengendalikan pemicu serta gejala lainnya.

Dengan adanya teknologi nano, partikel kunyit dapat diperkecil dan manfaatnya bisa 10x lipat bahkan bisa lebih dari hal itu. Nanoteknologi dapat merekayasa hal-hal yang baru pada bahan baku kunyit agar lebih bermanfaat bukan saja untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.