wanita muda menggunakan serum wajah

Siapa nih yang mempunyai wajah yang sensitif ?

Banyak wanita bukan hanya di Indonesia kulit wajahnya sangat sensitif, bahkan saking sensitifnya jika menggunakan kosmetik yang salah, kulit wajah mereka cepat merah dan malah timbul jerawat. Dari hal tersebut mereka lebih cocoknya menggunakan kosmetik yang diprioritaskan untuk bayi, kosmetik yang sangat lembut.

Jadi apa nih kosmetik yang sangat cocok dan direkomendasikan untuk kulit wajah yang sensitif..?

Mari Kita Cari Tahu..!

Anda sudah rajin cuci muka, scrubbing beberapa kali seminggu dan tidak melupakan pelembab pagi dan malam serta tabir surya?

Ternyata itu saja masih belum cukup untuk kulit, Anda perlu menambahkan satu produk skincare lagi yaitu serum. Bagi sebagian wanita modern, serum sudah bukan barang asing lagi, bisa jadi malah sudah masuk ritual kecantikan sehari-hari.

Untuk serum bagi wanita modern harganya yang mahal pun mereka tetap saja membelinya.

Mau tahu harganya serum tersebut dari luar negeri?

Harga serum dari luar negeri harganya berkisar antara Rp 1,500,000 sampai Rp 10,000,000 cukup mahal bukan. Setelah familiar dengan harganya, Kita akan bahas dahulu serum kecantikan, agar lebih seru dan lebih menyakinkan Anda.

Serum for help to prevent the formation of dark spots.
Serum for help to prevent the formation of dark spots.

Apa itu serum

Serum adalah cairan yang diperkaya bahan aktif seperti antioksidan, bahan pemutih alami dan bahan anti jerawat yang mampu menembus kedalam kulit untuk memelihara dan meremajakan penggunanya. Tekstur yang ringan menjadikan serum sangat efesien diserap kulit. Tingkat resapannya jelas lebih baik daripada produk perawatan kulit dengan konsistensi pekat seperti krim pelembab.

Kualitas serum juga menjadikannya produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini.

Jenis serum

Serum wajah adalah sebotol kecil larutan gel berwarna jernih, bertekstur ringan dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung bahan aktif, dari mulai berbagai vitamin dan asam, retinol untuk kulit hingga antioksidan.

Serum tidak hanya mengandung bahan aktif yang diperlukan untuk kulit, tetapi juga meningkatkan efisiensi produk produk perawatan kulit lainnya setelah mengaplikasikan serum.

Bisa dibilang, produk ini adalah pelembab dengan tekstur yang lebih ringan. Namun, bahan-bahannya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi sehingga dapat menembus ke bagian dalam kulit dengan lebih cepat, mudah dan merata daripada pelembab biasa.

Berikut beberapa manfaat utama serum:
  1. Melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan
  2. Membersihkan pori-pori kulit
  3. Menambah cahaya dan kulit lebih bersinar
  4. Membantu menjaga kulit tetap terhidrasi
  5. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
  6. Meremajakan kulit
Berdasarkan fungsi, serum wajah dibagi menjadi beberapa jenis:
  • Serum sebagai produk antiaging
  • Serum pencerah wajah
  • Serum pelembab wajah
  • Serum penangkal radikal bebas
  • Serum untuk kulit sensitif dan rentan berjerawat
  • Serum untuk memperbaiki tekstur wajah
Cara Tetap Menggunakan Serum

Ingin kulit tanpa noda hitam dengan cepat..! rajin cuci muka dan pakai krim wajah saja belum cukup.

Serum adalah langkah kelima dalam rutinitas perawatan kulit setelah pembersihan, toner, eksfoliasi dan essence. Saat menggunakan produk perawatan kulit, yang harus diingat adalah bahwa dimulai dari formula yang paling ringan ke yang yang palin tebal.

Berikut cara mengaplikasikan serum dengan benar untuk hasil yang maksimal:
  • Ambil sedikit serum ditelapak tangan dan aplikasikan keseluruh wajah.
  • Gosokkan serum ke kulit dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari dengan lembut.
  • Kemudian tepuk-tepuk lembut kulit wajah agar serum meresap lebih cepat. Lalu lanjutkan dengan produk perawatan kulit lainnya.
Night cosmetic series for face skin care. Cream jar and serum, tube with eye gel. Cosmetics on purple shining background with light flashes. Premium Mock Up for luxury serum organic and natural
Night cosmetic series for face skin care. Cream jar and serum, tube with eye gel. Cosmetics on purple shining background with light flashes. Premium Mock Up for luxury serum organic and natural

Perbedaan Serum dan Essence

Essence kurang terkonsentrasi dan lebih ringan dalam bertekstur dibandingkan dengan serum. Sementara essence pada dasarnya berfungsi untuk melembabkan kulit, sementara serum mengatasi masalah kulit seperti garis-garis halus dan kerutan untuk memberikan kulit yang kenyal dan kulit yang segar. Kamu bisa memilih salah satunya, namun dengan menggunakannnya keduanya akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa perpedaan serum dengan pelembab biasa ?

Anda mungkin menyadari sebotol serum berukuran jauh lebih kecil dari sebuah pelembab wajah biasa. Zat-zat aktif didalamnya berperan besar dalam menentukan perbedaan ukuran sebuah serum wajah dengan pelembab wajah pada umumnya.

Bahan-bahan aktif yang terkandung dalam sebotol kecil serum lebih kaya dan sangat terkonsentrasi dibandingkan kandungan bahan aktif dalam pelembab. Ini karena serum tidak ditambahkan bahan-bahan berat yang sering ditambahkan ke dalam pelembab.

Serum wajah yang bagus hanya berisikan bahan-bahan inti yang diperlukan [serum dengan bahan propolis, serum dengan bahan organik, serum dengan water oxidasi]. Produk ini tidak mengandung bahan-bahan pelembab oklusif alias kedap udara, misalnya petrolatum atau minyak mineral yang melindungi kandungan air dari penguapan.

Sebotol serum juga mengandung lebih sedikit agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian . Oleh karena konsentrasinya lebih tinggi, ini juga alasan mengapa harga sebotol serum tergolong diatas rata-rata sebuah pelembab wajah.

Dibandingkan dengan pelembab, sebagian besar produk serum wajah juga berbahan dasar air. Hal ini menghilangkan unsur minyak sama sekali yang dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab jerawat pada sejumlah orang.

Seberapa sering seharusnya menggunakan serum ?

Serum dapat digunakan dua kali sehari, satu kali dalam rutinitas perawatan kulit pagi dan yang kedua dalam rutinitas malam harimu. Namun, jika kamu melakukan rutinitas skincare dimalam hari, penggunaan pada pagi saja juga akan memperlihatkan hasil yang baik.

Tips memilih serum wajah terbaik

Serum dan pelembab membantu kulit dengan cara yang berbeda. Ada yang cukup dengan menggunakannya serum saja untuk menyediakan suplai nutrisi, sedangkan yang lainnya membutuhkan pertolongan serum serta pelembab sekaligus.

Berikut kebutuhan serum untuk masing-masing tipe kulit wajah:

Kulit Berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak.serum wajah dapat menyediakan segala kebaikannya demi kulit sehat tanpa campur tangan minyak yang umum ditemukan pada pelembab tanpa harus menambahkan pelembab lagi.

Dengan menggunakan serum, Anda juga bisa memfokuskan perawatan spesifik untuk area yang bermasalah akibat noda hitam, melakukan eksfoliasi pada wajah, serta mengatasi isu-isu kulit umum lain tanpa harus mencemaskan kelebihan minyak.

Serum terbaik untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung setidaknya satu di antara bahan-bahan aktif umum, seperti vitamin C, hyaluronic, salicylic acid, gleserin, niacinamide dan asam laktat.

Kulit kering dan sensitif

Serum memiliki fungsi penting dalam melembabkan kulit sehingga pemakainannya pun diperlukan bagi orang dengan kulit wajah yang kering dan sensitif. Akan tetapi, pemilik jenis ini sebaiknya menunggu 15 menit setelah mencuci muka memakai serum.

Hal ini bertujuan agar serum tidak terlalu cepat masuk kedalam kulit sehingga tidak terjadi iritasi. Orang-orang dengan kondisi kulit seperti eksim dan rosacea pun perlu berdiskusi dengan dokter sebelum memakai produk ini karena konsentrasi zat aktif yang tinggi mungkin dapat memperparah kondisi kulit.

Pemilik kulit kering dan sensitif perlu hati-hati dalam memilih kandungan serum. Secara umum, berikut bahan-bahan aktif yang disarankan adalah hyalluronic acid gliserin, panthenol, niacinamide danminyak atau ekstrak tumbuhan.

Kulit Normal dan kombinasi

Jika kulit Anda baik-baik saja dengan memakai pelembab biasa Anda tak perlu memaksakan diri untuk menggunakan serum. Meski begitu, bukan berarti Anda yang berkulit normal atau kombinasi tidak bisa atau tidak boleh menggunakan serum.

Bagi pemilik kulit kombinasi, pemakian serum dapat memberikan kelembapan pada area wajah yang paling berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu. Serum juga dapat mengatasi masalah kulit pada pemilik kulit normal sekalipun.

Serum wajah yang bagus untuk kulit normal dan kombinasi sebenarnya mirip dengan serum untuk kulit berminyak. Akan tetapi, Anda mungkin mencoba beberapa produk sebelumnya menemukan yang paling cocok untuk kulit Anda.

Kulit yang mengalami penuaan

Hampir setiap orang dapat menuai manfaat dari serum, termasuk mereka yang mengalami “penuaan kulit.” Anda hanya butuh mencari jenis serum yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

jika Anda memiliki masalah kulit yang benar-benar ingin diperbaiki, seperti noda hitam akibat penuaaan dini, atau keriput dan garis halus, menambahkan serum pada ritual kecantikan Anda dapat membantu meningkatkan penempilan kulit Anda.

Carilah serum yang memberikan manfaat dari kandungan ceramide, kaloagen, retinol dan niacinamide. Anda juga bisa mencari serum yang kaya akan kandungan asam berupa asam glikonat, asam laktat dan hyaluronic acid.

Kesalah penggunaan Serum Yang Menyalahi Fungsi

Kesalahan dalam memilih serta mengikuti langkah-langkah penggunaan serum bisa mengurangi fungsi pada kulit. Maka dari itu, pastikan Anda menghindari kesalahan berikut saat menggunakan serum.

Serum menggunakan pelembab

Serum memang mengandunga bahan-bahan aktif yang melembabkan kulit wajah, tetapi bukan berarti Anda boleh meninggalkan pelembab sama sekali. Pasalnya, produk pelembab membantu penyerapan skincare berikutnya, termasuk serum.

Menggunakan pelembab sebelum serum

Jika Anda menggunakan pelembab sebelum serum, akan lebih sulit bagi bahan aktif serum untuk menembus kulit Anda. jadi, ikutlah urutan pemakaian produk skincare dengan serum terlebih dahulu. Selalu gunakan pelembab pada akhir perawatan.

Hanya menggunakan serum yang mahal

Serum yang mahal belum tentu yang terbaik bagi Anda. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa serum yang mahal mengandung bahan yang berkualitas tinggi. Daripada melihat harga, ada baiknya Anda fokus dengan bahan aktif yang diperlukan.

Menggunakan pada kulit yang terdampak penyakit

Pemakaian serum pada kulit yang terdampak eksim, rosacea dan sebagainya dapat memperparah gejala. Anda mungkin harus berdiskusi dahulu dengan dokter atau tidak menggunakan serum sama sekali.

Menggunakan terlalu banyak

Serum memang mempunyai fungsi penting bagi kulit, tapi bukan berarti Anda harus menggunakan dalam jumalah banyak. Cukup gunakan beberapa tetes pada malam hari dan pijat secara merata keseluruh bagian wajah.

Terlepas dari beberapa banyak langkah skincare yang hendak Anda terapkan, serum wajah adalah salah satu produk dasar yang sebaiknya tidak dilewatkan. Penggunaan serum untuk tipe kulit dan masalahnya yang tepat bisa memberikan hasil yang optimal.

Ingin mempunyai serum wajah yang berbahan herbal dengan bahan dasar nano propolis yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, Kami dari team Apivent siap membantu ide Anda sampai sukses dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia