vitamin dan mineral

Tubuh sangat memerlukan kedua bahan-bahan ini, baik itu vitamin dan mineral keduanya sangat penting. Dengan adanya vitamin dan mineral normalnya tubuh dalam berkembang membentuk sel-sel baru menjadi terjaga.

Tubuh membutuhkan bukan hanya vitamin dan mineral tetapi masih banyak lagi senyawa-senyawa lain seperti nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apa yang dibutuhkan tubuh dalam keadaan normal sebetulnya dapat diberikan oleh apa yang dikonsumsi.

Apa itu vitamin ?

Vitamin merupakan nutrien organic yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimia dan yang umumnya tidak disentesis oleh tubuh sehingga harus dipasok dalam makanan.

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit krosnis (seperti penyakit jantung, dan kanker) dan untuk memelihara napsu makan, kesehatan mental, dan kekebalan tubuh.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang denga baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A,C, D, E K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12 dan folat.

Sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Kandungan vitamin dan mineral umumnya dapat Anda temukan didalam aneka makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur, ikan, kacang serta biji-bijian. Selain itu vitamin dan mineral juga banyak tergantung pada susu.

Apa itu mineral ?

Mineral merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh mahluk hidup dan dikenal sebagai zat anorganic. Berdasarkan kegunaannya dalam aktivitas kehidupan, mineral terbagi menjadi dua golongan, yaitu mineral essensial dan non esensial (Suzuki et al. 1992).

Fungsi mineral

Mineral adalah salah satu asupan nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik. Nah sebenarnya, mineral adalah zat anarganik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit. Meski demikian, fungsi mineral cukup beragam sehingga mampu mendorong sitem metabolisme tubuh secara maksimal.

Berikut contoh-contoh mineral

Mineral makro: Kalsium, kalium, magnesium, fosfor, natrium dan klorida.

Mineral mikro: Zat besi, zat tembaga, zinc, yodium, selenium, mangan, fluor, kronium, molibdenum dan sulfur.

Kurangnya asupan mineral dapat menyebabkan berbagai gejala seperti badan lesu, menurunnya daya tahan tubuh sehingga gangguan fungsi otot. Dan kurangnya vitamin dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti sakit pencernaan, sakit kulit, pertumbuhan tidak normal, hingga demensia (kehilangan memory).

Gambar ilustrasi: Orangtua yang sedang sakit karena demensia di kursi roda dan anak perempuannya.

Vitamin dan mineral jadi sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Diperlukannya vitamin dan mineral agar tubuh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk menjaga hal tersebut cukuplah menjaga dengan asupan makanan yang sehat yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

Propolis sumber nutrisi vitamin dan mineral.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral Anda dapat memberikan supplement kesehatan berupa supplement dari bahan organik yang baik untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia