ramadhan kareem 1444H

Bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan suci yang selalu saja ditunggu-tunggu, karena dibulan ini banyak sekali Allah SWT menyebarkan pahala yang banyak dan juga pahala berlipat ganda.

Banyak sekali rangkaian ayat-ayat “Al-Quran” berbicara tentang keistimewaan untuk bulan Ramadhan terutama hal-hal sejarah Islam.

Allah SWT, menjelaskan Al-Quran di turunkan didalam bulan Ramadhan. “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) dimalam Lailatul Qodar. Ini berarti pada bulan Ramadahan terdapat malam Qodar itu, yang menurut Al-Quran lebih baik dari seribu bulan.

Para malaikat termasuk malaikat Jibril atas izin Allah SWT juga ikut turun ke bumi dan membuat damai isi dunia hingga terbitnya fajar.

Disisi lain dalam ayat-ayat bulan puasa Ramadhan, adanya ayat yang mengandung pesan bahwa Allah sangat dekat dengan hamba-hambanya serta janjinya mengabulkan doa-doa siapapun yang berdoa dengan tulus.

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan banyak sekali keutamaan yang dijumpai didalamnya.

1. Bulan yang diberkahi oleh Allah.

Dibukakan pintu-pintu surga, pintu-pintu neraka ditutup. setan-setan dibelenggu. Sabda Rasulullah SAW :

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَ غُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ

“Apabila datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka,dan setan-setan diikat (dibelenggu).” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Waktu yang Mustajab untuk Berdoa.

لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ يَدْعُوْ بِهَا فِيْ رَمَضَانَ

“Setiap muslim memiliki doa yang mustajab (terkabulkan) yang ia berdoa dengannya pada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad)

ثَلاَثٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ : الصَّائِمُ حِيْنَ يُفْطِرُ وَ اْلإِمَامُ الْعَادِلُ وَ دَعْوَةُ المَظْلُوْمِ

“Tiga hal yang tidak tertolak doa mereka : orang yang puasa ketika berbuka, imam (pemimpin) yang adil, doa orang yang terdzolimi.” (HR. Ahmad)

3. Ramadhan Bulan Turunnya Al-Qur’an.

Al Qur’an diturunkan di bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi umat manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan batil)”.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْ أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَ الْفُرْقَان

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan (permulaan)Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)” (QS. Al Baqoroh : 185)

4. Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Firman Allah SWT: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagai mana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” QS. Al-Baqoroh 183.

Sabda Nabi Muhammad SAW: Islam didirikan di atas lima rukun Islam yaitu:

  1. Mengucapkan dua kalimat sahadat
  2. Mendirikan Shalat
  3. Membayar Zakat
  4. Menjalankan Puasa Ramdhan
  5. Mengerjakan Haji

Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab kita mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Pelipat gandaan pahala kebaikan, dan pengangkatan derajat. Allah SWT telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya.

Firman Allah SWT dalam hadist yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW: “Puasa itu untuk Ku dan Aku langsung membalasnya.”

Orang-orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari aroma kasturi.

Dan Sabda Nabi SAW: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan berharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

5. Disunahkan pada bulan Ramadhan untuk sholat tarawih.

Sholat tarawih adalah sholat malam yang biasanya dilaksanakan pada saat setelah selesai sholat Isya. Identik dengan bulan puasa adalah dengan sholat tarawihnya. Sholat tarawih adalah sholat yang di akhiri dengan witir, (ganjil) untuk jumlah sholat tarawih ada yang mengerjakan 11 rakaat dan ada yang mengerjakan 21 rokaat tergantung dari niat sholat malam masing-masing.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (متفق عليه)

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosa yang telah lampau.” (HR. Bukhari, Muslim).

Dari rangkaian ibadah pada bulan Ramdhan tersebut jangan lupa untuk terus membaca AlQuran dan menghatamkannya. Pada bulan Ramadhan juga diwajibkan untuk membayar zakat sebelum sholat Idul Fitri. Banyak-banyaklah beramal kebajikan dengan memberi makan orang miskin dan yatim piatu.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan 1444 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia