equipment-researchers (1)

Kosmetik adalah sebuah alat untuk perawatan kecantikan, kosmetik yang berbahan herbal juga diperlukan formulasi yang tepat agar bahan herbal yang digunakan juga tidak berbahaya.

madu untuk kosmetik
Honey from dandelion and a Cup of tea. Selective focus.

Salah satunya bahan baku kosmetik adalah madu dan juga propolis. Kedua bahan baku tersebut sangat kaya akan antioksidan dan kandungan senyawa yang bermanfaat lainnya. Dalam sejarah bahan-bahan tersebut sudah digunakan menjadi bahan utama dalam hal bahan baku pengobatan tradisional dan bahan baku kecantikan, dan biasanya para putri dan ratu bangasawan yang selalu menggunakannya.

Madu yang untuk bahan baku kecantikan dan manfaatnya.

Madu untuk wajah berjerawat, psoriasis (peradangan kulit), dan eksim

Madu untuk kondisi kulit yang kronis dapat digunakan dengan menjadikannya masker wajah yang dibiarkan selama beberapa menit.

Hal terpenting dalam menggunakan madu untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan madu.

Sebab, madu yang Anda gunakan harus tetap mengandung bakteri sehat agar efektif. Ini akan mengaktifkan sistem kekebalan dan membantu peradangan dan kemerahan, serta menyembuhkan flek di wajah.

Salah satu cara menggunakan madu untuk wajah adalah dengan mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah.

Sebelum melakukan ini, pastikan untuk melakukan uji terlebih dahulu pada madu dan bahan lainnya untuk memastikan Anda tidak akan mengalami reaksi alergi.

Campuran madu mentah dan kayu manis merupakan kombinasi antioksidan dan antimikroba yang kuat.

Cosmetology. Sea salt with body oil and honey

Madu untuk mencerahkan kulit  

Selain itu, madu juga dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit. Madu memiliki khasiat pengelupasan, menggunakannya di wajah Anda bisa menghilangkan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam sehingga wajah menjadi lebih cerah. 

Madu menjadi Anti keriput dan menunda penuaan dini madu bisa melembabkan kulit

Kulit yang sehat dan tidak kering adalah dambaan setiap perempuan. Sebab, kulit yang kering dapat membuat keriput dan garis halus pada wajah.

Madu dapat melembabkan.

Madu yang dioleskan ke wajah bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit untuk menghindari keriput dan menunda penuaan dini. Mengangkat sel kulit mati, kulit tampak lebih bersih dan sehat

Manfaat madu sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati.

Sel kulit mati yang menempel pada kulit akan terangkat setelah madu digunakan pada wajah. Sehingga kulit tampak lebih bersih dan sehat.

Menghilangkan bekas luka bakar dengan madu

Manfaat madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Penggunaan yang rutin dan teratur akan memberikan hasil yang diinginkan.

Karena madu adalah bahan alami, tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada produk yang menggunakan bahan kimia.

Madu untuk mencerahkan kulit agar tampak lebih glowing

Manfaat madu juga dapat mencerahkan kulit agar terlihat lebih glowing. Inilah rahasia yang digunakan oleh perempuan pada masa kerajaan Mesir kuno.

Beautiful young asian woman with clean fresh skin on white background, Face care, Facial treatment, Cosmetology, beauty and spa, Asian women portrait

Kandungan antioksidannya dapat menangkal paparan radikal bebas. Inilah yang membuat madu dapat mencerahkan kulit.

Mengecilkan pori-pori wajah, kulit wajah jadi tampak mulus

Manfaat madu yang tak kalah pentingnya yaitu mampu mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori yang besar seringkali mengganggu karena kulit menjadi tampak kasar dan kusam. Dengan menggunakan madu, pori-pori dapat mengecil sehingga kulit wajah nampak lebih mulus.

Masker madu membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Tidak hanya untuk kulit dan bibir saja, manfaat madu berikutnya juga berguna untuk menjaga kondisi rambut. Menggunakan masker dari madu akan membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

Propolis digunakan untuk bahan baku kecantikan.

Selain digunakan untuk bahan baku kesehatan propolis juga sudah dikenal untuk bahan baku kecantikan. Bahan senyawa aktifnya dari propolis sudah tidak diragukan lagi.

lebah penghasil propolis
Bee in a yellow pollen, collects sunflower nectar background

Mengontrol Produksi Sebum

Kulit berminyak selalu dikaitkan dengan salah satu penyebab jerawat, akibat produksi minyak berlebih. Kelenjar sebaceous memproduksi sebum yang mampu menjebak polusi, sel-sel kulit mati dan segala macam kotoran di pori-pori. Inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, tidak ada salahnya mencoba produk perawatan kulit yang mengandung propolis, untuk mengatasi masalah minyak berlebih dan jerawat di wajah kamu.

Melawan Jerawat

Propolis dikenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Ini berkat sifat antibakteri, anti-jamur, anti-virus yang dimiliki propolis. Demikian pula dengan kandungan flavonoid yang tidak kalah efektif melawan bakteri. Manfaat propolis tidak hanya melawan jerawat namun juga mampu mengurangi peradangan pada kulit.

Melembapkan dan Menenangkan Kulit

Propolis memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik, sehingga mampu bekerja secara efektif untuk meregenerasi kulit, serta membuatnya lebih halus dan lembap. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, mungkin kamu bertanya-tanya, apakah aman menggunakan propolis untuk pelembap? Jawabannya: aman kok! Propolis dapat digunakan untuk melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Selain itu, propolis juga sangat bagus untuk menenangkan kulit yang sensitif, iritasi atau terbakar akibat sinar matahari (sunburn). Oleskan propolis pada area kulit yang bermasalah saat malam hari sebelum tidur. Pastikan area kulit tersebut sudah benar-benar bersih.

Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan di dalam propolis, dikenal dapat membantu melawan radikal bebas, seperti polusi maupun sinar UV yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Propolis juga kaya akan kandungan mineral yang sangat penting untuk membangun kembali sel-sel kulit rusak. Tak hanya itu, propolis juga mengandung flavonoid yang berperan untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam di wajahmu.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain yang sudah disebutkan di atas, manfaat lainnya dari propolis yaitu mampu mempercepat penyembuhan luka. Propolis dapat meningkatkan kolagen dan mempercepat penutupan luka.

Bahan madu dan propolis menjadi salah satu bahan baku yang penting untuk maklon kosmetik herbal. Para industri herbal dan industri kecantikan menggunakan bahan baku tersebut.

Industri kecantikan dan klinik-klinik kecantikan menjadi konsumen yang memanfaatkan madu dan propolis.

Untuk Maklon kosmetik herbal, Kami selalu menawarkan sebuah teknology nano untuk bahan-bahan madu dan propolis tersebut agar cepat terserap oleh kulit dan tubuh dan langsung bisa dimanfaatkan efeknya.

Sumber: cosmopolitan.co.id

popmama.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.