Various bee products – honey, honey with wax and propolis. Products of livelihoods of bees. Wax. Cells. Honey.Beekeeping.

Lebah madu merupakan mahluk yang sangat berguna bagi kehidupan manusia dan kehidupan tumbuhan. Lebah madu sangat berguna sekali untuk membantu proses persilangan atau proses perkawinan serbuk bunga yang nantinya akan berubah menjadi buah.

Sumber pakan lebah madu adalah tanaman yang meliputi tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman berbunga, tanaman obat dan tanaman hutan. Bunga dari tanaman-tanaman tersebut mengandung nektar dan polen yang sangat berpengaruh dalam produksi madu yang akan dihasilkan oleh lebah madu.

Pakan tersebut nantinya akan membantu pertumbuhan koloni dari pakan yang berhasil dikumpulkan oleh lebah madu tersebut.

Lebah memiliki keberadaan yang saling menguntungkan dengan tumbuhan berbunga, Tetapi tidak semua tumbuhan yang berbunga disukai oleh lebah madu. Lebah menyukai bunga berdasarkan warna, aroma dan penampilannya.

Apa saja yang dihasilkan oleh lebah

Dari berbagai makanan lebah yang dikumpulkan ternyata tidak semuanya yang dihasilkan oleh lebah madu adalah sama, Banyak produk turunan dari lebah madu tersebut yang fungsinya juga sangat baik dan bermanfaat. Produk dari lebah sendiri juga sangat aman dan tidak beracun. Tetapi produk dari lebah itu sendiri mempunyai kandungan dan zat yang berbeda-beda.

royal jelly ad with capsules and shining bubbles, golden background 3d illustration

Antara lain adalah:

  1. Madu: Produk yang satu ini adalah yang paling populer dihasilkan dari saripati bunga, dan mengandung glukosa, fruktosa. maltosa, sukrosa, karbohidrat, enzim diatase, dan enzim invertase. Kandungan dan warna madu kerap berubah tergantung dari tanaman dan nektar bunga. Madu berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan dan anti tumor dan anti inflamasi. Madu juga berperan sebagai penyedia energi, karena kandungan fruktosa didalamnya. Fruktosa sangat cepat di serap oleh tubuh sehingga cocok untuk mereka yang sedang sakit.
  2. Bee Pollen: Adalah serbuk sari yang dikumpulkan dan dibawa kesarang lebah madu. Produk berwarna kecoklatan atau emas ini mengandung vitamin A, C, D, E, K dan B komplek terutama niasin dan asam pantotenat B5. Bee polen juga mengandung asam amino 5-7 kali lebih banyak. dari pada makanan berprotein yang sering ditemui. Tingginya kadar B5 membantu kelenjar adrenal tidak terpacu bila sedang stress. Antioksidan yang dikandung meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, sehingga menjaga stamina dan konsentrasi sepanjang hari. Polen juga meningkatkan kesuburan, mengurangi ketidak nyamanan di usia tua dan menangani gejala monopouse.
  3. Royal Jelly: Berasal dari kelenjar hipofaring lebah perawat. Produk ini mengandung 12% protein, 12% gula, 6 % lemak, dan 15% asam 10 hidroksitrans 2 dekatonat (HDA). Produk ini juga kaya vitamin B, terutama asam pentatonat. Royal jelly berguna sebagai anti tumor, antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, anti alergi, antiaging dan antiHipertensi. Konsumsi royal jelly secar rutin akan meningkatkan metabolisme antiprotein, dan mengurangi low density lipoprotein (LDL) dalam darah.
  4. Propolis: Adalah produk yang dihasilkan oleh lebah yang dihasilkan dan dikumpulkan dari daun muda atau cairan yang berbau manis dari tumbuhan. Produk dari lemak madu ini kemudian dikunyah dan dicampur didalam tubuh lebah, hasilnya akan disimpan dalam keranjang serbuk sari yang terletak dikaki belakang lebah. Propolis mengandung semua vitamin kecuali vitamin K. Semua mineral kecuali sulfur. dan 16 asam amino untuk regenerasi sel dan ketahanan tubuh. Di dalam propolis juga terdapat bioflavonoid, yaitu gen antioksidan untuk regenerasi sel. Selain itu propolis juga bersifat disinfektan alami untuk membunuh bakteri dan kuman.
  5. Beeswax: biasa disebut lilin lebah adalah seksresi alami darai kelenjar lilin disisi tubuh lebah madu dan digunakan sebagai sarang berupa blog bangunan untuk sel sarang lebah. Dalam sarang lebah ini lebah muda dibesarkan. Tempat menyimpan serbuk sari dan dan madu pun ada di bangunan tersebut. Untuk merangsang produksi lilin lebah memberi makan diri mereka sendiri dengan madu dan dan meringkut bersama untuk menaikan suhu. Manfaat beeswax untuk produk perawatan kulit, lilin, semir furniture, pembuatan batik, Dll.
  6. Roti lebah: Adalah sumber utama makanan bagi kebanyakan larva. Roti lebah mempunyai asam amino essensial, kandungan tinggi vitamin terutama vitamin K enzim, dan flavanoid. Roti lebah terbuat dari serbuk sari yang dicampur denga sedikit madu, lilin lebah dan enzim pencernaan lebah. Manfaatnya dari roti lebah ini adalah mengatasi anemia, hepatitis, insomia, hepatitis, stress, gagal ingatan, kolesterol, dan ganguan saluran pencernaan.

Dari 6 turunan produk lebah tersebut semuanya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kecantikan.

Produk kesehatan adalah hal utama yang bisa dimanfaatkan dari produk lebah tersebut. Produk ini pun banyak digunakan sebagai produk supplement kesehatan dan juga produk kesehatan herbal dengan berbahan propolis ataupun madu.

Macro photo of working bees on honeycombs. Beekeeping and honey production image.

Produk lebah madu dan turunannya juga banyak digunakan untuk bahan baku produk kecantikan. Produk produk tersebut selain bermanfaat untuk perawatan kulit untuk kecantikan juga dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Cosmetic realistic vector ad background. Yellow jar with cream, tube and pipette serum with honey drips honeycomb, organic cosmetics natural formula for skincare. Mockup for glossy magazine or catalog

Beberapa design Mockup untuk produk kecantikan. Banyak produk ini juga telah beredar dipasaran dan mempunyai nama yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.