black-tea-glass-cup-with-saucer-healthy-ginger-root-mint-lemon-

Sejak jaman dahulu, penggunaan obat tradisional sudah banyak dilakukan oleh para orang tua kita. Obat tradisional dan pengobatan tradisional juga telah diwariskan turun temurun dari nenek moyang kita serta turun ke buyut-buyut dan orang tua kita.

Jika waktu kita kecil dan sedang sakit panas dan demam pasti orang tua kita memberikan ramuan tradisional yaitu mengoleskan bawang merah yang telah diiris disertai dengan minyak goreng hangat ketubuh kita. Sedangkan jika kita terkena flu dan batuk maka orang tua kita membuat ramuan jamu, yaitu rebusan kencur, gula merah, jahe, sereh dan kayu manis.

Apakah Paradigma Obat tradisional yang terjadi saat ini?

Saat ini apakah kita masih menggunakan obat tradisonal jika sakit, atau memberikan ramuan obat tradisional untuk anak kita ?

Tentunya tidak. Karena bagaimanapun kita sudah terbiasa dengan obat-obatan. baik itu obat dari resep dokter maupun obat yang dapat dibeli di apotik, supermarket, toko swalayan, toko kelontong maupun membeli secara online.

Apakah obat-obatan tersebut aman?, Tentunya juga sangat aman jika dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dari dokter dan kertas petunjuk pemakaian dari obat tersebut.

lalu apa hubungannya dengan suatu paradigma obat tradisional. Paradigma adalah pola pikir manusia, dengan kata lain paradigma adalah suatu sudut pandang yang dipakai untuk memahami suatu fenomena secara lebih lengkap. Mungkin jaman yang semakin maju dan modern, jamu, ramuan tradisional dan pengobatan tradisional masih terlihat kuno dan tertinggal.

ginjal sehat dengan herbal
ginjal sehat dengan herbal

Hal ini yang masih terus dipahami dan dipelajari sampai ini juga, bahwa obat tradisional menjadi obat yang efek kerjanya sangat lama sekali. Apalagi obat-obatan tradisional menjadi salah satu pengobatan alternative. Ini yang sangat menyedihkan, padahal obat tradisional, jamu dan ramuan tradisional itu sama sekali tidak pernah bermasalah dengan efek samping terutama efek samping yang paling berbahaya adalah terjadinya GINJAL AKUT.

Dilansir dari CNN Indonesia

Kementerian Kesehatan mencatat jumlah kasus ganguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di Indonesia mencapai 323 orang per kamis (3/11) ratusan itu teridentifikasi di 28 provinsi Indonesia.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan dari ratusan kasus itu, sebanyak 190 orang telah meninggal dunia.

Gagal ginjal pada anak sebenarnya sama yang terjadi pada orang dewasa. Gagal ginjal akut terjadi secara tiba-tiba dan perburukannya dapat berlangsung dalam beberapa hari saja.

Fungsi ginjal yang utama adalah menyaring limbah sisa metabolisme dari dalam darah dan membuangnya melalui urine. Ketika ginjal kehilangan fungsi ini, limbah akan menumpuk didalam tubuh dan akan membahayakan kesehatan. kendati beresiko dapat membahayakan nyawa, gagal ginjal akut dapat disembuhkan dan diobati sejak dini.

Berikut bahan-bahan alami Untuk memperbaiki kesehatan fungsi ginjal, ginjal perlu kita bersihkan :

Jus Buah Bit

Salah satu obat alami untuk membersihkan ginjal yang tidak boleh kita lewatkan adalah jus buah bit. Buah bit kaya akan betanin yang merupakan zat fitokimia yang baik. Mengkonsumsi jus buah bit akan membantu Anda membersihkan akumulasi struvite dan kalsium frostat dalam ginjal Anda.

Penelitian menunjukan bahwa mengurangi jumlah akumulasi kalsium dalam ginjal tidak hanya akan membantu mengembalikan fungsi ginjal dengan baik, tetapi juga menurunkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Jus wortel dan Mentimun

Wortel dan mentimun merupakan sayuran sumber nutrisi, Jika Anda mengkombinasikan kedua bahan ini untuk dijadikan jus, ini akan membantu Anda menetralisir semua racun dan jenis limbah yang ada didalam aliran darah. Ginjal mengambil peranan penting dalam proses filtrasi darah. Oleh sebab itu, jika fungsi ginjal mengalami gangguan ini bisa menimbulkan beberapa bahaya kesehatan kulit seperti jerawat, eksim dan flex hitam.

Kunyit

Kunyit juga merupakan rempah rempah yang serba bisa dan sangat bagus dan kaya akan kandungan antiseptik. Oleh sebab itu kunyit menjadi obat tradisional yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, kunyit juga memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi alami sebagai pembantu menjaga ginjal Anda dari peradangan dan berbagai masalah kesehatan ginjal lainnya.

Jahe

Jahe juga telah banyak dikenal banyak manfaatnya untuk membersihkan ginjal karena kandungan senyawa antioksidan agar ginjal Anda berfungsi dengan baik.

Air Putih

Air putih juga menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah salah satu tugas yang tidak boleh diabaikan. Sebab, dehidari akan menyebabkan masalah kesehatan ginjal seperti batu ginjal.

Oleh sebab itu minum cukup air putih setiap hari akan membantu kesehatan fungsi ginjal serta organ lain tubuh Anda.

Melakukan Hal-hal tersebut, juga bisa Anda lakukan sebelum ginjal Anda terasa sakit. banyak mengkonsumsi ramuan herbal dan ramuan minuman herbal selain membantu tubuh Anda terjaga, ginjal Anda pun terbantukan setiap harinya jika hal ini dilakukan.

kunyit yang sudah diolah dan kering
Finely dry Turmeric (Curcuma longa Linn) powder in wooden bow with rhizome (root) sliced isolated on white background.

Jahe dan Kunyit dapat menjadi obat tradisional yang modern dan menambah nilai keefektifannya jika sudah menjadi ukuran nano. Nanoteknologi dalam rekayasa kunyit dan jahe dapat memperkaya dan memperkuat dari penyerapan kedua bahan tersebut kedalam tubuh.

Bahan baku jahe dan kunyit yang sudah berukuran nano, ini selain sangat baik sebagai bahan baku obat tradisional juga sangat baik untuk bahan baku kosmetik dan skincare herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia