Tinospora crispa

Jika kita mengenal obat tradisonal “Brotowali”, pasti akan mengenal rasa pahit dari obat tersebut. Herbal tradisional yang punya rasa pahit, namun memberi khasiat ‘manis’ bagi tubuh. Brotowali dengan nama ilmiah Tinospora Cordifolia adalah salah satu tanaman yang terkenal akan khasiatnya dan kerap diolah sebagai obat herbal.

Tumbuhan ini berbentuk semak berkayu,berdaun mirip hati, dan memiliki tinggi sekitar 15 meter. Brotowali dapat dengan mudah kamu temukan didaerah tropis, termasuk salah satunya negara Indonesia. Di Indonesia sendiri, tanaman ini tumbuh di perkarangan ataupun tumbuh liar di hutan. Meskipun rasanya pahit, tapi brotowali memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Brotowali daun dan batang

Khasiat brotowali untuk menyembuhkan berbagai penyakit sendiri terletak pada seluruh bagian tanamannya, mulai dari akar, batang, hingga daun. Beberapa kandungan dan manfaat dari tanaman obat Brotowali ini meliputi.

Beberapa zat dan senyawa kandungan dari Brotowali ini:

  • Alkolid
  • Barberin [antimikroba]
  • Damar lunak
  • Fosfor
  • Glikosida
  • Harsa
  • Kalium
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Kolumbin [2.2%]
  • Mangan
  • Pati
  • Protein
  • Palmatin
  • Pikroretin [zat pahit]
  • Pikroretosid
  • Tanin
  • Tembaga
  • Vitamin C
  • Zinc

Fungsi dan manfaat Brotowali ini telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat atau yang dikenal Food and Drug Administration [FDA]

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk dimiliki dalam rangka mencegah kamu dari berbagai kuman penyebab infeksi. Begitupun sebaiknya, jika kekebalan tubuhmu rendah, maka kamu akan rentan terjangkit berbagai penyakit.

Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan zat antioksidan. Sehingga kamu dapat terlindungi dari berbagai radikal bebas yang dapat membahayakan imunitas tubuh. Brotowali sendiri mengandung antioksidan dan vitamin C.

2. Meredakan Gejala Alergi
alergi di badan

Pada dasarnya, alergi tidak dapat disembuhkan secara total. Sebab, mengubah sistem kerja imun tubuh sangatlah sulit untuk dilakukan. Satu-satunya cara adalah menghindari faktor pemicunya. Jika kamu merasakan gejala alergi, kamu bisa mengkonsumsi brotowali. Penelitian menunjukan bahwa brotowali dipercaya dapat meredakan gejala alergi, mulai dari pilek, gatal, hingga bentol ditubuh.

Bahkan dikatakan bahwa tanaman ini juga dapat meredam kumatnya penyakit alergi, seperti rhinithis dan eksim

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes adalah penyakit yang berbahaya di dunia, semua orang ingin mengindari penyakit yang satu ini karena sangat mematikan.

Ada berbagai obat dan makanan yang bisa dikonsumsi guna menurunkan kadar gula darah, termasuk salah satunya adalah brotowali. Sejak lama, brotowali sering dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal dalam menurunkan kadar gula darah.

Sebab tanaman ini diyakini dapat memperbaiki kinerja hormon insulin, yang berperan sebagai pengontrol kadar glukosa di tubuh. Tentunya, ini sangat bagus untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes type 2.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang juga menjadi konsern yang cukup tinggi untuk dijaga, tulang yang rapuh bisa dilihat dari seringnya kamu merasa nyeri dan pegal2, apalagi jika kamu sudah mulai merasa tua.

Tulang memegang peranan yang sangat penting untuk tubuh, mulai dari menggerakan tubuh, membentuk strutur tubuh, melindungi sistem saraf dan sebagainya.

Kalsium dan fosfor sendiri menjadi nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kekuatan sendi dan tulang. Brotowali mengandung kedua nutrisi tersebut sehingga baik untuk tulangmu.

Selain itu, ada zat antioksidan dalam tanaman ini yang dapat mencegah kamu dari penyakit osteoporosis dan osteooarthritis.

6. Memerangi Bakteri dan Jamur Penyebab Infeksi

Faktanya, bakteri dan jamur adalah pemicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting bagi tubuh untuk menghindari kedua hal tersebut.

khasiat brotowali lainnya adalah sifat antibakteri dan antijamur. Ada riset yang menemukan bahwa tanaman satu ini dipercaya dapat membasmi dan mencegah pertumbuhan penyebab infeksi.

7. Memelihara Kesehatan Hati

Organ hati memiliki berbagai fungsi yang sangat penting untuk tubuh, yakni membersihkan darah, metabolisme protein, menyimpan nutrisi dan masih banyak lagi. Untuk menjaga kesehatan hati sebaiknya kamu bisa mengkonsumsi brotowali.

Hal tersebut dikarenakan tanaman yang satu ini memliki zat antioksidan dan antiradang yang dapat menjaga fungsi dan kesehatan hatimu. Namun brotowali hanya cocok untuk yang tidak mempunyai kerusakan hati.

Kalau kamu mempunyai sakit kerusakan hati maka jangan untuk mengkonsumsinya, sebab akan memperparah penyakit tersebut.

8. Menahan Pertumbuhan Sel Kanker

Penyakit Kanker menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Terlebih lagi, hingga kini penyakit membahayakan satu ini sulit untuk disembuhkan.

Ekstrak Brotowali sendiri juga diklaim dapat menhambat pertumbuhan sel kanker oleh beberapa penelitian. Namun, disamping itu, masih belum ada study yang mengatakan bahwa tanaman satu ini ampuh dan aman untuk digunakan sebagai penawar antikanker.

9. Menunda Proses Penuaan

Mempunyai kulit yang sehat dan mulus tentunya menjadi impian bagi semua orang, apalagi wanita sangat mendambakannya. Apakah kamu ingin menadi cepat tua ?

Salah satu tanaman yangbisa kamu konsumsi untuk menunda proses penuaan ini adalah brotowali. Sifat anti penuaan diri yang dimiliki diyakini dapat membantu mengurangi jerawat, flek, garis halus hingga kerutan

10. Mencegah Stress

Adaptogen merupakan salah satu senyawa tanaman yang berguna untuk mengurangi rasa stress dan meningkatkan stabilitas mental.

Dengan mengkonsumsi browali ini maka stress akan hilang.

Walaupun banyak manfaat dari khasiat tanaman brotowali ini, tetap saja penggunaan dari tanaman ini haruslah jangan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia