Sick Asian boy being examined by male doctor over white background

Anak-anak sangat memiliki kecendrungan lebih sering jatuh sakit, bukan hanya anak-anak saja, bayi pun juga sangat gampang sekali terserang penyakit dan tanda-tandanya adalah bayi tersebut rewel terus menerus.

Jika hal tersebut orangtua harus benar-benar sabar untuk merawat bayinya. Bayi sangat rentan terhadap penyakit, jika sudah sakit dan rewel-rewel segera untuk berobat ke dokter.

Kenapa anak-anak sangat rentan sekali terkena penyakit ?

Anak-anak sering sakit karena imune system mereka belum sempurna seperti orang dewasa. Dengan begitu serangan “virus dan bakteri” sulit untuk dihalau oleh tubuh mereka.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi rentan terhadap serangan penyakit, mulai dari imunologis bawaan, perubahan cuaca yang extreme, hingga kondisi anak yang susah makan dan cacingan.

Oleh karena orangtua harus mengerti apa saja lazimnya penyakit yang menyerang anak-anak. Berikut penyakit yang sering menimpa pada anak-anak.

A mother takes care of her child who has a fever and fever. Disease and healthcare
A mother takes care of her child who has a fever and fever. Disease and healthcare

Diare

Penyakit diare pada anak seringkali ditandai oleh rasa sakit yang konstans pada bagian perut, serta frekuensi buang air besar dengan feces yang cenderung encer.

Penyebab penyakit diare ini yang sering ditemui adalah infeksi saluran pencernaan, keracunan atau alergi makanan, infeksi parasit hingga infeksi pada usus.

Berikut obat diare alami untuk anak-anak

Pisang:

Pisang akan membuat tekstur feses menjadi lebih padat dan tidak berair. Selain enak dan manis pisang juga dapat ditemui dipasar-pasar tradisional.

Air Kelapa:

Air kelapa sendiri bisa menjadi obat alami untuk anak-anak dikarenakan air kelapa banyak mengandung elektrolit yang mampu menggantikan cairan yang hilang akibat tubuh dikarenakan sering buang-buang air besar.

Oralit

Oralit juga merupakan pengobatan diare yang dilakukan secara alami, dengan oralit dapat mengurangi sakit perut akibat diare dan juga pengganti cairan tubuh yang hilang.

Demam

Penyakit demam juga salah satu penyakit yang sering menyerang pada anak-anak. Demam pada anak bisa diukur diatas 37 derajat, jika diukur pada ketiak. Deman pada akan disebabkan oleh virus penyebab influenzha.

Berikut Obat alami jika terjadi demam pada anak

Kompres dengan air

Jika panas tinggi pada anak, mengkompres dengan air sangatlah baik sekali, dinginnya air dapat membantu menurunkan dan meredam panas pada anak Anda. Jika panasnya terus-terus tinggi orangtua wajib membawa anaknya untuk berobat ke dokter.

Sup hangat

Semamkuk sup hangat adalah salah satu pengobatan alami, karena didalam sup hangat tersebut banyak mengandung rempah-rempah dan juga sari kaldu ayam yang baik untuk pengobatan demam yang disertai flu pada anak.

Teh Hangat dan Madu

Jika demam disertai flu biasanya mulut akan terasa pahit. Teh hangat yang dicampur madu juga akan membantu meredakan radang di tenggorokan dan meredakan demam.

Propolis

Propolis banyak mengandung antioksidan dan juga sangat baik untuk membunuh virus dan bakteri. Demam dan panas tinggi biasanya terjadi karena adanya inflamasi di dalam tubuh anak-anak dan menimbulkan demam.

Propolis juga dapat dicampur dengan segelas air minum, fungsinya agar anak-anak tidak terdehidrasi. Selain itu itu dengan dicampur segelas air dan diminumkan pada anak-anak dapat menurunkan demam yang tinggi.

Baca Juga: Ini nutrisi terpenting untuk pertumbuhan dan otak anak

Cacar

JIka ada bintik-bintik kemerahan pada Anak-anak Anda harus waspada kemungkinan itu cacar. Cacar air yang tadinya binitik-bintik merah menjadi benjolan-benjolan bening yang berisi air. Cacar air dapat menyebar diseluruh tubuh dan menyebabkan gatal.

Cacar air disebebkan oleh virus, dan sebenarnya dapat di cegah oleh vaksin.

Jika sudah terserang cacar air maka orangtua wajib memeriksakan anak Anda ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan salep tropikal dan juga bedak agar tidak gatel.

Nah..! bedak tersebut biasanya ada yang mengandung bahan alami yaitu daun mints.

Cacingan

Penyakit cacingan merupakan penyakit yang sering ditemui pada anak-anak. Jika banyak main yang kotor-kotor dan lupa untuk mencuci tangan saat makan, telur Cacing dapat masuk kedalam tubuh anak-anak karena lupa untuk membiasakan diri untuk mencuci tangan.

Berikut bahan alami untuk mengobati cacingan.

Air Kelapa

Air kelapa sangat baik membersihkan racun dari system pencernaan dan mengembalikannya ke sistem yang normal. Selain airnya minyak kelapa juga mengandung asam kaprilat yang memiliki sifat yang memiliki sifat antiparasit dan anti-bakteri.

Kelapa parut juga bahan alami yang aman dan dapat dikonsumsi jika terkena cacingan.

Obat herbal untuk anak-anak sebaiknya digunakan sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan.

Baca juga: Manfaat Asi booster bagi ibu dan juga bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *