back piant-unsplash

Nyeri punggung atau sakit pinggang adalah suatu kondisi umum yang menyakitkan yang mempengaruhi bagian bawah tulang belakang.

Penyebab sakit pinggang yang paling sering disebabkan oleh cedera otot atau sendi diarea pinggang, bisa akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Nyeri punggung bisa juga disebabkan oleh keseleo karena cidera otot ligamen yang tegang dikarenakan mengangkat benda yang berat atau berolah raga tanpa pemanasan terlebih dahulu.

Sakit punggung bawah ini juga dapat disebabkan oleh gangguan organ ginjal, infeksi atau masalah tulang belakang.

Kebanyakan nyeri pinggang hilang bisa sembuh sendiri dalam 2-4 minggu, terapi fisik juga bisa dalam penyembuhannya dan ada juga yang melakukan operasi untuk penyembuhannya.

sakit pinggang
Nyeri Pinggang yang terjadi di kantor.foto diperagakan oleh model

Tanda jika ada nyeri pinggang sering muncul

Sakit pinggang belakang yang berada dibagian kanan bisa menjadi pertanda buruk bagi kesehatan, seperti tanda adanya penyakit usus buntu, penyakit ginjal, penyempitan tulang belakang, dan batu ginjal.

Jadi intinya penyebab sakit pinggang belakang bisa disebabkan oleh berbagai masalah otot, tulang, sistem syaraf hingga organ dalam tubuh. Jika mengalami nyeri sakit pinggang maka bisa melakukan terapi seperti tip-tips berikut ini:

  • Jangan terlalu lama berbaring ditempat tidur atau banyak rebahan
  • Aktif berolahraga yang ringan
  • Pertahankan postur yang baik
  • Melatih inti tubuh
  • Meningkatkan flexibilitas
  • Kompres dingin dan panas
  • Tidur dengan posisi yang benar
  • Berhenti merokok

Untuk yang menyukai obat tradisional alami, dalam terapi pengobatan sakit pinggang bisa dilakukan dengan mudah didalam rumah.

Jahe

Kandungan phytochemical didalam jahe disebut dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot. Phytochemical adalah senyawa yang membantu peradangan, sehingga dapat menjadikan obat sakit pinggang alami. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak dan rasa kaku.

Cara membuat ramuannya adalah siapkan jahe yang dicuci berish dan diiris tipis, tambahkan alkohol 75% dan cabe rawit yang telah dibersihkan dari tangkainya. Campurkan kedua bahan tersebut dan difermentasikan selama dua minggu . Setelah itu, oleskan bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri dengan menggunakan ramuan tersebut.

Bawang Merah

Sejak dahulu, masyarakat Indonesia menyakini bahwa bawang merah dapat mengurangi rasa nyeri, sekaligus dapat menyembuhkan sakit pinggang. Bawang merah mengandung komponen aktif yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoid, glikosida, alkoloid fenolik, steroid, dan zat tannin

Cara pembuatannya adalah, siapkan akar bawang merah jahe merah dan kurma cina. kemudian tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai mendidih dan menjadikan setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

Kunyit

maklon suplement
Kunyit Obat tradisional

Kunyit diambil secara spesifik, kunyit dijadikan obat sakit pinggang dan dapat bekerja secara baik sekali. Kandungan kurkumin dalam kunyit diyakini sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Penggunaan kunyit dalam dosis tinggi dapat menyebabkan pencernaan.

Baiknya konsultasikan ke ahli herbal atau dokter untuk penggunaan kunyit tersebut sebagai obat tradisional sakit pinggang. Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan beberapa bahan seperti kunyit akar jahe, dan tanaman jenggot yang telah disajikan terlebih dahulu kedalam sebuah panci terlabih dahulu kedalam panci untuk direbus. Lalu rebus hingga mendidih, kemudian diamkan hingga air menghangat. Setelah itu saring air rebusan tersebut, kemudian ramuan diminum secra rutin setiap pagi dan sore.

Daun Sirsak

Daun sirsak juga dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk pengobatan, daun yang digunakan untuk obat sakit pinggang alami dan tradisional adalah daun sirsak tua, dengan warna yang hijau tua. Daun sirsak mengandung serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, air, fosfor, kalsium dan lemak. Sebagai dipercaya sebagai salah satu. tanaman obat sakit pinggang.

Cara menbuatnya yakni, ambil daun sirsak sebanyak 20 lembar kemudian dicuci sampai bersih. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Konsumsilah air daun sirsak yang sudah direbus sebanyak 3/4 gelas setiap hari untuk mengobati sakit pinggang Anda.

Bawang Putih

Bawang Putih mengandung allicin sebagai salah satu komponen aktif yang memiliki banyak komponen manfaat kesehatan. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin, kalsium, dan mineral yang dipercaya bisa membantu meredakan sakit punggung.

Cara pembuataanya juga cukup mudah, yakni dengan mencampurkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah dan larutan alkohol 75%, lalu rendam selama 2 minggu, ramuan ini bisa digunakan sebagai obat oles, untuk pinggang yang terasa nyeri atau sakit.

Tanaman Kumis Kucing

Tanaman dengan nama latin “Orthosiphon aristatus” ini banyak ditemui di Indonesia. Tanaman kumis kucing ini dipercaya dapat memberikan khasiat bagi kesehatan. Kandungan zat kimianya seperti minyak atsisi, saponin, safoponin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Caranya dengan merebus akar dan daun kumis kucing yang setelah dicuci bersih. Tunggu hingga air hingga setengahnya kemudian diamkan selama satu hari lalu air tersebut bisa di minum dan disajikan unutk pengobatan sakit pinggang secara alami.

Sumber artikel detikHealth, “7 Obat Sakit Pinggang Alami, Terbaik dan Ampuh!” selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4751429/7-obat-sakit-pinggang-alami-terbaik-dan-ampuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published.