Close up charcoal ash fire burning hot

Terkena Api besar atau kecil dapat menyebabkan luka bakar, bagaimana jika ada korban, terjadi akibat kebakaran?

Luka bakar adalah kerusakan pada kulit atau jaringan dalam yang disebabkan oleh sinar matahari, cairan panas, api, listrik, dan bahan kimia berbahaya.

Tingkat keparahan kebanyakan luka bakar ditentukan berdasarkan ukuran dan kedalam luka bakar. Namun demikian luka bakar akibat sengatan listrik lebih sulit untuk didiagnosis karena dapat menyebabkan cedera yang signifikan dibawah kulit tanpa menunjukan tanda-tanda kerusakan apapun di permukaan.

Gejala berkisar dari sedikit perasaan yang tidak nyaman hingga keadaan darurat yang merenggut korban jiwa, tergantung pada ukuran kedalaman (derajat) luka bakar.

Jika terjadi luka bakar berat segera bawa secepatnya berobat kerumah sakit, “Agar dokter langsung menindak lanjuti pengobatannya”.

Untuk Luka bakar Kecil bagaimana?

Sunburn (luka bakar akibat sinar matahari) atau terjadi luka bakar kecil ternyata bisa diobati dirumah dengan obat-obatan alami dan obat-obatan yang sudah beredar dipasaran.

Mari kita bahas obat-obatan luka bakar alami.

luka bakar pada wanita
Luka bakar pada tangan wanita

Berikut cara mudah mengobati dengan bahan alami untuk luka bakar

  1. Lidah buaya
  2. Madu
  3. Susu
  4. Teh Hitam
  5. Gandum

Lidah buaya: bahan alami yang satu ini bersifat antiradang-antibakteri yang mampu mendinginkan sensasi panas, meredam rasa sakit serta mencegah lecet dan terbentuknya jaringan parut.

Madu: bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh saja tetapi madu mampu dapat meringankan dan meningkatkan penyembuhan luka bakar dalam intesitas ringan, Selain itu, bahan alami dari madu dapat mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Susu: Susu memiliki kandungan lemak dan protein yang dapat membantu menenangkan luka bakar, bahan alami dari susu mampu dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit. Caranya dengan meredam luka bakar didalam susu selama 15 menit.

Teh Hitam: Bahan alalmi selanjutanya adalah teh hitam, didalam kandungan teh hitam terkandung asam tanat yang dapat menghilangkan sensasi panas dari luka bakar, sehingga mampu mengurangi rasa sakit. Caranya dengan meletakan 2-3 kantong teh hitam dalam keadaan basah dan dingin, kemudian lilit dengan kain kasa agar tidak jatuh.

Gandum: dapat mengobati luka bakar sebagai bahan alami, karena gandum bersifat antiradang yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka yang sangat baik. Bukan itu saja gandum memberikan efek mendinginkan dan melembabkan kulit kering dan gatal akibat luka bakar. Caranya dengan dengan mencampur gandum dan air hingga berbentuk bubur, oleskan pada luka dan diamkan selama 20 menit.

Manfaat Nano Chitosan

Dari hal tersebut, ada nih! yang benar benar sudah diteliti untuk pengobatan luka bakar dari bahan alami yaitu nano kitosan.

Nano Chitosan Teknologi penyembuhan luka bakar

Dikutip dari situs : http://situs.opi.lipi.go.id/

Nanoteknologi diyakini akan menjadi salah satu pilihan utama teknologi yang dapat mengakserasikan produk-produk industri dan peningkatan daya saing industri secara signifikan. Salah satu bidang nanoteknologi yang saat ini sedang ramai diteliti dan dikembangkan adalah nano kitosan. Kitosan merupakan polisakarida yang diperoleh dari hasil deasetilasi kitin, polimer kedua yang terbanyak dialam yang umumnya serbuk, pasta, film, serat dll.  Dengan sifat biokompatibilitasnya potensi kitosan untuk dikembangkan sebagai bahan aktif dan bahan pembantu dalam industri makanan dan farmasi sangatlah tinggi.

Sebagai bahan aktif kitosan bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka (wound healing) dengan sifatnya yang mampu meningkatkan proliferasi fibroblast sekaligus sebagai antibakteri .

Limbah kepiting untuk bahan nano kitosan
Limbah kepiting untuk bahan nano kitosan

Dewasa ini penggunaan kitosan sebagai bahan pembantu difokuskan pada pengembangan sistem penghantaran obat. Kitosan merupakan matrik yang efektif dalam mengendalikan laju pelepasan obat. Hal ini terutama bermanfaat untuk senyawa-senyawa anti kanker. Kitosan dalam bentuk mikro dan nano partikel telah digunakan dalam formulasi obat-obatan mukoadhesif , perbaikan laju disolusi untuk obat-obat dengan kelarutan yang rendah, penghantaran obat tertarget, serta peningkatan obsorsi senyawa obat dalam bentuk peptida.

Berdasarkan kepada hal tersebutlah dan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pengembangan aplikasi nanoteknologi khususnya penerapan nano kitosan dalam bidang farmasi, pangan, kosmetik dan kesehatan.

Kesimpulan

Nano Kitosan [Chitosan]ternyata bukan hanya dapat menjadi obat alami penyembuhan luka, tetapi juga bisa menjadi bahan baku industri kecantikan. Nano kitosan juga bisa menjadi bahan yang ampuh untuk menjaga limbah industri dari pencemaran logam berat.

Close Up Scientist using microscope in laboratory room while making medical testing and research nanotechnology
Close Up Scientist using microscope in laboratory room while making medical testing and research Nanotechnology

Manfaatkan Nano Kitosan menjadi formulasi dari produk-produk baru Anda. Apivent siap membantu menjadikan nano kitosan menjadi produk yang menguntungkan untuk industri kesehatan dan industri kecantikan.

Lingkungan air yang tercemar limbah berat juga dapat diatasi oleh nano kitosan, jadikan lingkungan air yang bersih sehat dan juga menjaga pelestarian alam yang bisa dinikmati oleh semua mahluk hidup dengan nano kitosan.

Dikutip dari beberapa sumber.

Terima Kasih atas Video Youtube mengenai manfaat nano kitosan: Dr Etik dari BPPT LIPI dan Scientink

Leave a Reply

Your email address will not be published.