Alternative herbal medicine, Mortar with healing botanical herbs

Tahukah kamu bahwa produk herbal “Nano Propolis, Nano Chitosan, Nano Curcumin, Nano Serum, Nano Golden Sea Cucumber” dan produk herbal lainnya sudah melalui proses yang panjang…?

Produk yang sudah diperkenalkan dimasyarakat dan diperjual/belikan ternyata sudah melalui banyak proses yang mendalam. Dalam produk herbal tersebut tidak serta merta langsung diperjualbelikan tetapi awal mulanya melalui proses riset dan penelitian terlebih dahulu. Setelah itu barulah masuk masa produksi jika sudah ada ijin legal yang berlaku.

Tidak mudah menentukan khasiat dari bahan aktif tersebut dari bahan yang mau dijadikan obat tradisional, untuk dijadikan suatu produk herbal masih perlu banyak riset dan pengujian, bahkan perlu dicari lagi jurnal penelitian dari bahan tersebut, penambahan baru dari produk herbal ternyata sangat perlu dilakukan apabila mempunyai khasiat yang sama dan bagus.

Dikutip dari wikipedia:

Penelitian atau riset sering diartikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterprestasi dan merevisi fakta-fakta.

Dilansir dari populix:

Untuk melakukan riset, diperlukan cara kerja yang sistematis. Tidak hanya pengumpulan data landasan dari penelitian harus bersifat empiris dan disampaikan dengan jelas.

lab cairan obat dalam

Pengertian Riset

Berasal dari kata research, riset adalah kata serapan dari bahasa Ingris yang berarti penelitian. Dalam hal ini, pelaksanaan riset dilakukan secara metodikal dengan menggunakan kaidah ilmiah untuk mendapatkan temuan atau penyelesaian dari suatu masalah.

Adapun kegiatan riset meliputi beberapa hal yaitu mengumpulkan, pengolahan, penyajian data secara sistematis. Untuk melakukannya seorang peneliti harus bersikap objectif dan menggunakan bukti empiris dalam mengemukakan analisis suatu data. Oleh karena itu, pengerjaan riset membutuhkan metode ilmiah agar mendapatkan hasil yang berkualitas.

Tujuan Riset dan Penelitian

Penelitian atau riset adalah suatu kegiatan yang fokus pada penemuan yang bersifat rasional, maka dari itu pelaksanaannya harus memenuhi kreteria ilmiah. Sebuah riset memiliki rangkaian prosedur tertentu agar analisa atau hasil kajiannya terverifikasi secara saintifik.

Tujuan dari riset tersebut adalah:

  • Mengidentifikasi hal yang baru
  • Memecahkan masalah yang ada
  • Menafsirkan sesuatu
  • Meningkatkan ilmu
  • Menguatkan tujuan khasiat

Keuntungan dari Riset dan Penelitian

Produk herbal yang sudah lulus pengujian akan mempunyai banyak keuntungan, baik secara value dari khasiat bahan tersebut, maupun keuntungan secara manfaat kesehatan dan juga manfaat sebagai pengganti obat kimia.

Manfaat yang paling baik dari penelitian tersebut adalah produk herbal bisa dijual dan dikonsusmsi oleh masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan dengan Obat Tradisional

Perekonomian masyarakat juga akan terbantu dengan manfaat dari obat tradisional yang sudah diteliti tersebut, salah satu contohnya adalah jamu gendong yang dipasarkan secara tradisional. “Jamu gendong dengan harga murah dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia. Dan bahan-bahan dari jamu gendong tersebut juga sangat alami dan menyehatkan tubuh.

Dilansir dari Kompas.com

Apa itu jamu gendong ?

Jamu gendong merupakan merupakan sajian jamu tradisional produksi rumahan yang dikemas dalam botol yang ditata disebuah bakul.

Oleh penjualnya, bakul berisi botol jamu tersebut akan digendong dengan kain jarik untuk kemudian dijajakan dari rumah ke rumah.

Jamu Gendong sumber Divianart Karya Novichrist
Jamu Gendong sumber Divianart Karya Novichrist

Filosofi tersebut adalah dari cara menggendong identik dengan cara ibu dalam merawat anaknya yang masih kecil. Oleh karena itu dalam menggendong barang dagangannya yang merupakan sumber rezeki, diibaratkan menggendong anaknya yang masih kecil yang harus dilakukan dengan lemah lembut dan telaten.

curcumin turmeric rhizome

Kunyit untuk jamu tradisional

Apalagi jika jamu gendong tersebut diminum dipagi hari dan jamu tersebut masih hangat.

Obat tradisional yang sudah dikemas secara modern dan dipasarkan secara online dan offline juga sangat membantu perekonomian UMKM dan pengusaha yang bermain di industri obat tradisional.

Obat tradisional yang sudah dipasarkan dengan entisitas banyak dan sudah dikonsumsi banyak orang harus melalui legalitas yang sangat kuat. Legalitas tersebut harus didapatkan dari Badan POM. Jika obat tradisional ada No TR nya, dan untuk kosmetik yang berbahan baku herbal juga harus ada No NA nya itu adalah legalitas dari Badan POM.

Pentingnya RND untuk membuat suatu produk diperlukan juga uji stabilitas agar produk tersebut stabil dan tidak mengandung bahan yang berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Peran orangtua dalam memperkenalkan obat tradisional haruslah lebih intens lagi kepada anggota keluarganya. Jika terbiasa minum obat tradisonal organ tubuh kita akan sehat. Riset dan penelitian menjadi pioner utama dalam membuat obat tradisional yang baik dan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia