Seorang ibu memberikan body lotion

Ceritanya Bunda baru saja melahirkan anak pertamanya. Perjalanan perawatan masa ibu hamil yang sangat dinanti-nantikan akhirnya terbayar sudah dengan lahirnya bayi yang sehat.

Masa perawatan bayi yang baru lahir biasanya ada dalam pengawasan seorang tenaga medis seperti bidan dan juga dokter. Ibu yang melahirkan normal tinggal dirumah sakit antara 1 hari sampai 6 hari. Sementara, ibu yang melahirkan dengan operasi cesar tinggal dirumah sakit antara 3 sampai 9 hari.

Saat sudah pulang kerumah Bunda akan merawat bayi sepenuhnya, dari mulai menyusui, menggendong, memandikan, memberikan perawatan bayi seperti mengoleskan minyak telon memasang popok, dan terakhirnya membendongnya agar tetap hangat.

Terkadang mengganti popok saat malam hari dan siang hari terlihat jika bayi tersebut sangat rewel dan terganggu dengan popok yang basah. Terkadang juga bangun malam untuk menyusui bayi tersebut.

Dalam hal perawatan baby care, Bunda sudah cukup pandai untuk memilih produk perawatan bayi, hal yang perlu diketahui adalah bayi mempunyai kulit yang sangat sensitif.

Foto bayi yang sedang tertidur
Foto bayi yang sedang tertidur
Berikut daftar perawatan 100% Alami.

Body oil: minyak alami untuk perawatan kulit bayi dengan bahan minyak alami seperti minyak telon, minyak zaitun [olive oil] minyak almont dan minyak-minyak natural lainnya. Fungsinya body oil juga sangat baik untuk kegiatan pijat bayi.

Pijat bayi adalah kegiatan yang sangat baik dan dianjurkan bisa dilakukan oleh terapis anak bisa juga oleh orang yang sudah berpengalaman dalam mengurut bayi. Jika dilakukan dengan benar, dengan sentuhan lembut, dan minyak yang bagus pijatan dapat memiliki manfaat luar biasa.

Otot bayi akan menguat, kulit akan menjadi lebih lembab, sirkulasi darah meningkat, membantu pencernaan dan akhirnya inilah yang terbaik. Bayi akan terlelap untuk tidur dan Bunda akan bisa melakukan hal yang lainnya. jangan lupa memijat gunakan minyak yang terbaik untuk bayi ya Bunda.

Bawang merah: perawatan perut kembung yang alami untuk bayi caranya adalah dengan bawang merah. Biasanya nenek bayi tersebut sudah sangat paham ketika bayi tersebut mengalami gangguan perut kembung atau perut masuk angin.

Terkadang bawang merah dicampur dengan minyak kelapa dan ada juga bawang merah dicampur dengan minyak telon untuk membantu meringankan perut kembung bayi.

Bawang merah ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk bayi yang terkena flu caranya adalah: Taruh bawang merah diruangan iriskan bawang merah tersebut menjadi beberapa irisan. Membalurkan bawang merah yang sudah dicmpur dengan minyak telon, gunakan secukupnya jangan sampai kepanasan atau iritasi.

Dianjurkan untuk bayi jika terkenal flu, hidung tersumbat dan demam diharapkan untuk Berobat ke dokter.

Sumber klikdokter.com

Happy Mother and Newborn Baby after labor at the hospital
Happy Mother and Newborn Baby after labor at the hospital

Menjemur bayi: Waktu untuk menjemur bayi sebaiknya dilakukan sebelum jam 10 Pagi. Lakukan 10-15 menit saja. Baiknya melakukan penjemuran sebelum bayi tersebut mandi ya Bunda!.

Manfaat menjemur bayi di pagi hari adalah untuk mencegah dan mengurangi penyakit kuning pada sibayi. Sinar matahari juga dapat membantu membuatnya rilek dan dan dapat tidur lelap dimalam hari nantinya. Bayi mendapatkan vitamin D saat dijemur terkena matahari pagi yang hangat. Dengan vitamin D yang terserap oleh tulang bayi dapat menjadikannya tumbuh kuat.

Menyusui Bayi dengan Asi: Kegiatan ini juga merupak kegiatan alami dan normal. Bayi yang baru lahir sangat membutuhkan air susu ibu.

Dilansir dari upk.kemenkes.co.id

Newborn baby boy sucking milk from mother's breast. Portrait of mom and breastfeeding baby. Concept of healthy and natural baby breastfeeding nutrition.
Newborn baby boy sucking milk from mother’s breast. Portrait of mom and breastfeeding baby. Concept of healthy and natural baby breastfeeding nutrition.

6 Manfaat Asi Bagi Bayi

  1. Asi mengandung zat gizi sesuai kebutuhan bayi yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasaan.
  2. Melindungi bayi dari alergi
  3. Aman dan terjamin kebersihannya, karena langsung disusukan kepada bayi dalam keadaan segar
  4. Membantu dalam memperbaiki refleks menghisap menelan dan pernapasan bagi bayi
  5. Bayi dapat lebih sehat lincah dan tidak cengeng
  6. Bayi tidak sering sakit.

Baja juga: Manfaat Asi Booster Bagi Ibu-Ibu dan Juga Bayi

Memberi makan: Pada saat 6 bulan bayi dapat diajari cara untuk belajar memakan, banyak pada saat awal makan bayi diajari untuk makan bubur bayi. Bubur bayi juga merupakan produk alami dan dapat dibuat dirumah.

Kegiatan makan sibayi adalah kegiatan yang sangat baik, dengan kegiatan makan tersebut menjadi anak tumbuh sehat dan semakin besar.

Bedak Bayi, Lotion bayi dan juga shampoo bayi adalah produk utama dalam merawat bayi. Produk-produk tersebut juga sudah banyak dipasaran dan terbukti aman.

Panduan Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Pasangan Muda

Dilansir Alodokter

Beberapa hal terkait baru yang baru lahir:

  • Menjaga kebersihan Bayi
  • Memandikan Bayi
  • Menganti Popok
  • Menyusui

Berikut Anjuran penting bagi orangtua

Merawat bayi mungkin terasa melelahkan, tak jarang banyak orang tua yang merasakan stress terlebih bila baru memiliki anak pertama.

Nah anjuran ini bisa dilakukan bagi yang baru mempunyai anak.

  • Menjaga kondisi fisik
  • Tidak perlu takut
  • Tunda dahulu pekerjaan lain
  • Jangan mengurung diri
  • Tahu kapan meminta bantuan

Semoga Hal ini bisa menjadi Orantua yang bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesia