Portrait of strong healthy handsome Athletic Man Fitness Model posing near dark gray wall

Tanaman herbal yang hanya hidup dan tumbuh didaerah pegunungan atau dataran tinggi. Purwaceng adalah tanaman yang berasal dari dataran tinggi Dieng, Jawa tengah (jateng).

Selain di Dieng ternyata purwaceng dilaporkan tumbuh juga di Gunung Gede, Pangrango. Jawa Barat (Jabar) dan area pengunungan Bromo di Jawa Timur.

Ciri Ciri tanaman purwaceng

Purwaceng merupakan tanaman terna yang hampir menutupi tanah, tidak berbatang, hanya pokok akar, daun dan tunas.

Tanaman ini memiliki daun majemuk, menyirip ganjil, tangkal silindris, masif dengan panjang sekitar 5-30 cm dan berwarna hijau atau ungu kehijauan.

tanaman purwaceng

Sementara itu, bunga purwaceng memiliki ciri majemuk, bentuk payung kelopak kecil, berwarna hijau atau putih kehijauan, dan bagian mahkota berbagi 5, kecil berwarna kecil.

Sedangkan buah tanaman purwaceng berupa buah padi, bentuk bulat telur, panjang 1-2 mm, permukaan beralur dan berwarna cokelat.

Manfaat dari purwaceng

Hampir dari seluruh bagian tanaman purwaceng bisa dimanfaatkan, namun yang paling umum digunakan dari tanaman dengan nama ilmiah (pimpinella pruatjan L) ini adalah bagian akarnya.

Akar purwaceng

Akar purwaceng biasanya diolah menjadi bentuk bubuk atau serbuk dan dijadikan campuran minuman seperti kopi atau bahkan susu.

Melansir buku: 100 Top Tanaman Obat Indonesia yang diterbitkan balai penelitian dan pengembangan tanaman obat dan obat tradisional (B2P2TOOT) Balitbangkes Kemenkes pada 2021, akar purwaceng terbukti mengandung senyawa aktif.

Senyawa aktif yang ditemukan di antaranya, yakni:

  • Bergapten
  • Isobergapten
  • Sphondin

Semua senyawa tersebut termasuk ke dalam kelompok furanokumarin. Akar purwaceng juga dilaporkan mengandung senyawa lain, yakni:

  • Kumarin
  • Saponin
  • Sterol
  • Alkoloid
  • Beberapa senyawa gula (oligosakarida)
  • Stigmasterol
  • Marmesin
  • 4 hidrosi kumarin
  • Umbeliforon dan psoralen
Girl Power

Oleh karena itu adanya kandungan kimia tersebuat, purwaceng dianggap memliki manfaat kesehatan atau khasiat, sebagai berikut:

  • Penambah stamina pria: Manfaat yang sudah banyak dibuktikan dari purwaceng adalah untuk meningkatkan stamina atau kejantanan pria. Purwaceng merupakan suatu afrodisiaka, yakni mengandung zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual.
  • Meningkatkan gairah seksual wanita: Senyawa stigmasterol yang mengandung didalam purwaceng dipercaya mampu meningkatkan hormon esterogen dan merangsang proses terjadinya ovulasi.
  • Peluruh air seni: Manfaat purwaceng lainnya, yakni dapat menjadi peluruh air seni (diuretik kuat) Dimana purwaceng dapat mencegah infeksi saluran kemih dan dipercaya baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Melancarkan peredaran darah: Selain memiliki diuretik, purwaceng juga memiliki manfaat dapat melancarkan peredaran darah.
  • Mencegah kanker: Purwaceng juga dipercaya dapat mencegah penyakit seperti kanker. Manfaat ini didapatkan karena tanaman ini memiliki beberapa kandungan senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakaan sel kanker.
  • Menjaga stamina: Secara umum, konsumsi purwaceng juga bermanfaat untuk menjaga stamina. Senyawa kimia yang terkandung didalam tanaman ini dipercaya dapat meredakan kelelahan dan bahkan bisa meningkatkan gairah.

Biasanya purwaceng ini sediaannya dalam bentuk jamu kapsul dan jamu serbuk untuk diseduh lalu diminum

Mengenal Pasak Bumi

pasak bumi

Pasak bumi atau tongkat ali adalah tanaman herbal yang mampu meningkatkan stamina saat bercinta, tanaman ini memang dikenal sebagai obat kuat yang ampuh.

Bahkan, tanaman tersebut telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan herbal di Asia Tenggara selama ribuan tahun.

Melansir dari Healthline, pasak bumi adalah supplement herbal yang berasal dari pohon semak hijau Eurycoma Longiforia, yang merupakan tanaman asli Asia tenggara.

Tanaman tersebut kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di Malaysia, Indonesia, Vietnam dan negara-negara Asia lainnya untuk mengobati infeksi, demam, infertilitas pria dan disfungsi ereksi.

Pasak Bumi dinilai mengandung berbagai manfaat kesehatan karena kandungan flavanoid, alkaloid dan senyawa lain yang bertindak sebagi antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Biasanya, pasak bumi dikonsumsi dalam bentuk pil yang mengandung ekstrak ramuan atau sebagian dari minuman herbal.

Pasak bumi merah sumber litbang kemendagri

Manfaat kesehatan pasak bumi

  • Mengatasi disfungsi seksual: Riset yang diterbitkan evidence-based complementary and alternative medicine telah membuktikan manfaat pasak bumi dalam mengatasi disfungsi seksual. Pada study tersebut, ditemukan kalau sebanyak 109 pria yang menjadi respondennya terbukti mengalami peningkatan gairah seksual. Pada study tersebut, ditemukan kalau sebanyak 109 pria yang menjadi respondennya terbukti mengalami peningkatan gairah seksual, masalah impotensi teratasi, jumlah air mani dan kualitas sperma semakin baik.
  • Mengatasi masalah kesuburan: Riset 2010 dalam Asian Journal Of Andrology telah membuktikannya. Riset tersebut membuktikan bahwa konsumsi 200 miligram ekstra pasak bumi selama 3 hingga 9 bulan membantu mengatasi masalah kesuburan pria. Menurut riset, pria yang menjadi responden dalam penelitian mengalami jumlah peningkatan jumlah sperma, air mani, bahkan kualitas sperma lebih baik dari sebelumnya.
  • Meningkatkan energi: Pasak bumi dapat meningkatkan aliran darah ke penis, mengatasi disfungsi ereksi, sekaligus membantu meningkatkan produksi sperma dan memperbaiki kualitasnya. Hal tersebut juga membuat vitalitas pria semakin meningkat sehingga bisa lebih tahan lama diatas ranjang.
  • Menurunkan stress: Riset dalam Journal Of The International Society of Sport Nutrition membuktikan manfaat pasak bumi dalam menurunkan stress. Dalam riset, terbukti bahwa sebanyak 63 orang yang mengkonsumsi supplement herbal ini memiliki tingkat stress yang lebih stabil. Hal tersebut terjadi karena pasak bumi ternyata menurunkan hormon penyebab stress dan meningkatkan hormon anti-stress.
  • Membantu membentuk dan membesarkan otot: Tanaman herbal ini ternyata juga bisa membantu untuk mendapatkan otot yang besar dan terbentuk. Pasalnya, pasak bumi dapat meningkatkan energi, vitalitas, dan kekuatan fisik pria, sehingga lebih mudah untuk Anda mendapatkan otot yang kuat, besar, serta terbentuk. Meski begitu, Anda tetap harus melakukan olahraga berat serta menerapkan pola makan yang sehat. Riset yang diterbitkan dalam British Journal Of Sport Medicine juga mengungkapkan jika mengkansumsi 100 milligram ekstrak pasak bumi perhari, selama 5 minggu berturut-turut, dapat meningkatkan massa otot para atlet yang sedang menjalani training.
  • Meningkatkan Libido: Penelitian yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Sciences, University of Science Malaysia, menemukan bahwa tumbuhan ini berhasil meningkatkan libido pada pria, bahkan tanpa perlu rangsangan seksual secara fisik.
  • Mencegah penurunan testeron: Riset membuktikan bahwa konsumsi pasak bumi sebanyak 200 milligram per hari, bisa mencegah penurunan testosteron pada pria yang dewasa. penurunan testoteron adalah salah satu hal yang akan dialami pria ketika ia bertambah usia dan kondisi ini akan memengaruhi kehidupan seksualnya.

Dalam hal kekuuatan dan stamina kedua tanaman herbal itu adalah rajanya dan sudah sangat terkenal sekali. Kamu pria pun membutuhkan kejantannya tetap terjaga di mata istrinya.

Purwaceng dan pasak bumi dapat dijadikan jamu sebagai supplement herbal untuk kejantanan kamu pria dan stamina kamu wanita.

Jika Anda membutuhkan Tanaman tersebut, manjadi supplement herbal stamina kaum pria Anda dapat menghubungi Kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *