Bottling line of sunflower oil in bottles. Vegetable oil production plant.

Cairan obat luar banyak bermacam-macam ragamnya, Cairan obat luar biasa dalam penggunaannya hanya untuk mengobati bagian luar, cairannya obat tersebut tentunya tidak boleh untuk ditelan.

Cairan Obat luar adalah sediaan obat tradisional berupa minyak, larutan, suspensi atau emulsi, terbuat dari produk simplisia dan atau ekstrak dan digunakan sebagai obat luar.

Contoh dari cairan obat luar adalah:

  • Obat kumur: adalah cairan antiseptik untuk pencuci mulut dengan cara berkumur-kumur dengan cairan tersebut dengan tujuan membersihkan sela-sela gigi, gusi, dan permukaan atas dan bawah lidah. Fungsinya membunuh bakteri gigi berlubang dan zat asam didalam mulut. Mulut juga bisa menjadi labih segar, jika ada kandungan pepermintnya.
  • Obat Sariawan: adalah cairan obat untuk mengobati sariawan tetapi yang berbahan herbal. Obat sariawan ini mengobati sariawan yang bisa menyebabkan kita sulit untuk makan dan minum dikarenakan rasa nyeri yang sangat.
  • Obat gosok: adalah sediaan farmasi yang lazim digunakan dimasyarakat dalam rangka swamedikasi meringankan nyeri, masuk angin, dan penghangat tubuh. Dilansir dari TEMPO.co Jenis minyak obat tradisional untuk di gosok atau di oleskan: Minyak Gosok: Kandungan minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak sereh, minyak lawang, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, bawang, daun sirih. Khasiatnya: mengobati keseleo, pegal, otot kaku, sakit pinggang dan punggung, mempercepat penyembuhan bengkak karena pukulan dan benturan, mengobati luka bakar, luka khitan, kulit lecet, merdakan nyeri sendi, sakit gigi, bisul, sakit kepala kudis, panu, gatal, akibat gigitan serangga, muntah, sakit perut, batuk, rematik, bisa untuk minyak pijat. Minyak Telon: Kandungannya minyak kelapa, minyak adas dan minyak kayu putih Manfaatnya memberikan rasa hangat pada tubuh bayi karena merangsang pembuluh darah, membantu dan mencegah perut kembung dan masuk angin, mencegah gigitan nyamuk, bisa untuk minyak pijat bayi, bisa memberikan rasa tenang pada aromanya (Aromatherapy). Minyak Kayu putih: Kandungannya berasal dari sulingan daun dan ranting kayu putih Manfaatnya menghangatkan tubuh, melemaskan otot, meredakan dan mencegah perut kembung, mual dan masuk angin, meredakan gatal akibat gigitan serangga, aromanya memberikan efek menenangkan. Minyak Gandapuran: Kandungannya berasal dari penyulingan daun gandapura. Manfaatnya meredakan nyeri otot dan sendi, encok, rematik, pegal, keseleo, dan nyeri. Minyak Angin: Kandungannya minyak kayu putih, minyak gandapura, minyak kanfer dan minyak methol. Manfaat membantu meredakan gejala masuk angin, pusing, mabuk perjalanan, mual, pegal, gatal, karena gigitan nyamuk/serangga, bisa untuk aromateraphy.
  • Obat keseleo: adalah obat yang bisa menyembuhkan dan menghilangkan rasa nyeri akibat keselo atau terkilir dan terjadi cedera pada ligamen otot atau jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang (tendon). Jika kita keseleo atau terkilir akan menyebabkan kita sulit berjalan dan menggangu aktifitas. Contoh obat keseleo herbal: Param merupakan ramuan rempah-rempah yang dikombinasikan untuk mengobati berbagai penyakit seperti pegal linu, ataupun salah urat. Dan darah akan menjadi lancar, rasa hangat karena kandungan rempah pada parem dapat meredakan nyeri pada urat. Parutan jahe merupakan obat untuk meredakan nyeri otot dan pada urat dan serta melancarkan peredaran darah. Bawang putih juga merupakan obat untuk keseleo jika dioleskan pada yg sakit.
  • Obat nyeri otot: adalah obat yang bisa menyembuhkan dan meredakan nyeri pada otot tertentu. Nyeri otot terjadi karena banyak faktor yang menyebabkannya. Nyeri pada otot yang sangat ditakutkan adalah merenggangnya atau otot yang tertarik karena mengangkat beban berat. Contoh obat nyeri otot herbal Chamonmile adalah tanaman bunga yang bisa meredakan peradangan pada nyeri otot karenan mengandung flavonoid yang sangat bagus untuk antiperadangan. Cairan obat dari minyak essencial chammomile bisa Anda oleskan dan urutkan pada otot yang sakit. Pepermint sama juga dengan charmonmile, daun pepermint juga bisa menjadi obat herbal alami untuk pereda nyeri otot yang kaku. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak essencial dari pepermin tersebut pada otot yang kaku atau otot yang mengalami peradangan.
  • Obat Luka herbal: adalah obat untuk meredakan nyeri, mengeringkan dan menyembuhkan luka luar, ada juga obat luka luar yang membunuh bakteri agar tidak menyebabkan membusuknya luka. Luka luar terjadi karena kecelakaan, jatuh dan sebagainya. Jika tidak segera ditangani luka luar dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut. Dilansir dari Sehatq.com, Contohnya cairan obat luka luar adalah: Kunyit diyakini sebagai obat alami untuk penyembuhan luka terbuka yang terlihat dagingnya. Bahan ini dapat bersifat antiseptik dan antibiotik alami yang sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk keperluan pengobatan. Bawang putih dipercaya sebagai obat alami yang memeliki sifat antimikroba dan antibiotik yang membantu menghentikan pendarahan pada luka terbuka. Madu juga sangat kaya akan antioksidannya yang tinggi, meski demikian jgn oleskan pada luka yang basah tetapi oleskan pada luka yang kering ini sangat bagus untuk menyamarkan luka. Lidah buaya juga sangat bagus karena memiliki sifat antiperadangan serta menyejukan kulit sehingga memudahkan proses penyembuhan pada luka terbuka. Gel lidah buaya memiliki fitokimia yang meringankan sakit dan mengurangi peradangan.
  • Obat terapi herbal: adalah obat yang dapat menenangkan stress, menenangkan tekanan darah dan membuat rileks bila dihirup dan dioleskan. Ada juga obat terapi dapat menyembuhkan masuk angin, mual dan pusing-pusing. Kandungan obat terapi ini juga bisa membunuh bakteri, kuman dan menghindari gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Contohnya adalah minyak aromatherapy Minyak aromatherapi adalah cairan obat luar yang berbentuk dari minyak yang berbahan dari daun, akar, buah, dan batangnya. Minyak aromaterapi ini adalah salah satu cairan obat luar yang paling trend dan laris. Menggeser cairan obat luar masuk angin.
maklon jamu herbal
Oil pouring, Equipment and science experiments, Formulating the chemical for medicine, Organic pharmaceutical, Alternative medicine concept. (Selective Focus)

Banyak lagi contoh-contoh yang dapat dijadikan bahan baku untuk cairan obat luar.

Dalam perkembangan jaman, obat tradisional terutama cairan obat luar sudah mulai terangkat lagi, baik dari sisi teknologi pengembangan obat herbal maupun dari sisi kemasan yang yang sudah modern.

Cara pemakaiannya juga sudah sangat praktis, tinggal dioleskan saja dengan roll on. Cairan obat luar herbal selain bahan bakunya murah dan dapat langsung diterima oleh masyarakat karena sudah mengerti khasiatnya.

Maklon Cairan obat luar bersama kami, dengan teknologi nano bahan herbal tersebut dipsatikan langsung terserap kulit tubuh juga langsung berasa khasiatnya.

Herbaltama sudah mendapatkan sertifikat CPOTB dan izin BPOM, untuk melegalkan bisnis Anda.

Herbaltama juga dapat membantu untuk perizinan sertifikat-sertifikat yang diperlukan untuk produk Anda, dari sertifikat, HAKI, NA dari BPOM dan sertifikat Halal jika diperlukan.

Konsultasi dan design mock up juga Gratis dengan Kami. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari pelayanan kami, Dan itu semua BONUS buat Anda.

Jangan lupa hubungi kami langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.